LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah

Properti dan Solusi

LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah

Belakangan ini, penggunaan disinfektan di tempat umum dan rumah marak dilakukan. Disinfektan merupakan bahan kimia yang dapat digunakan untuk membasmi kuman atau penyakit. Bahan kimia ini pun dapat membasmi virus SARS-CoV-2 atau virus Corona.

Menurut pemaparan Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI Chandra Risdian, disnfektan dapat membasmi virus Corona karena virus tersebut memiliki selubung atau sampul dengan pelindung lapisan lemak.

“Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat Virus Corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” ungkapnya, sebagaimana dalam laman siaran persnya (26/3/2020).

Masyarakat umum pun dapat menggunakan produk rumah tangga sebagai disinfektan. Dengan catatan, produk rumah tangga yang digunakan memiliki konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi.

LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah

Cara Penggunaan

Chandra menyarankan agar masyarakat dapat menggunakan air dan sabun atau detergen lainnya untuk pembersihan pencegahan umum. Pembersihan tersebut utamanya dilakukan di permukaan benda seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, telepon, toilet, keran dan wastafel.

“Setelah bersih, lalu gunakan disinfektan untuk perlindungan yang lebih baik. Jika ada yang sakit di rumah, maka disinfeksi wajib dilakukan,” terangnya.

[Baca Juga: Efektifkah Menyemprot Disinfektan di Ruang Publik?]

Masyarakat juga dianjurkan untuk tidak menyemprotkan langsung disinfektan ke permukaan yang sudah terkontaminasi karena dapat membuat virus menyebar ke udara. Masyarakat harus menggunakan kain yang telah dibasahi larutan disinfektan.

Selain itu, Chandra mengingatkan agar masyarakat memperhatikan label dan instruksi penggunaan disinfektan. Hindari kontak dengan mata dan kulit saat menggunakan produk pembersih serta jauhkan dari anak-anak. Jangan pula mencampur produk yang berbeda serta gunakan di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik.

LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah

Produk Disinfektan Rumah Tangga

Sebagaimana studi literatur yang telah ia lakukan, setidaknya ada beberapa bahan aktif yang efektif digunakan untuk membunuh Virus Corona. Bahan aktif tersebut diantaranya yakni Accelerated hydrogen peroxide (0.5%), Chloroxylenol (0.12%), Chloroxylenol (0.12%) dan Sodium chlorite (0.23%).

Chandra mengatakan, bila disinfektan yang aktif terhadap Virus Corona tidak tersedia, maka dapat menggunakan produk lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut. “Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap Virus Corona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas,” terang Chandra.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Adapun produk disinfektan rumah tangga atau produk pembersih untuk disinfeksi Virus Corona yang telah diuji secara terbatas yaitu Bayclin Lemon, Bayclin Regular, Clorox Disinfecting Bleach, Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk, Wipol Pembersih Lantai Cemara, Dettol Antiseptic Liquid, SOS Pembersih Lantai Antibacterial, Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai dan Soklin Pemutih.

Read More

Artikel Lainnya

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi Covid-19.jpeg

Pendidikan

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi

02 June 2020, 21:00

Mahasiswa dapat membantu masyarakat mulai mengedukasi, pendataan hingga menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Bisnis

Selain Masalah Protokol Kesehatan, Ini Tantangan Transportasi Umum Di Masa New Normal

02 June 2020, 20:28

Bila nantinya wacana new normal ini benar-benar diterapkan, maka perlu kesiapan dalam pengaktifan transportasi umum di Ibu Kota.

Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

02 June 2020, 20:23

Selain menggunakan AC, cara berikut dapat dipraktikkan agar tidak merasa kepanasan di dalam rumah.

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

02 June 2020, 20:00

Selama masa pandemi COVID-19, perusahaan dapat menentukan pekerja yang perlu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 month, 3 weeks lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com