Literasi Digital dan Generasi Muda Jadi Kunci Pertumbuhan UMKM di Indonesia.jpg

Bisnis

Literasi Digital dan Generasi Muda Jadi Kunci Pertumbuhan UMKM

Pemerintah saat ini terus mendorong perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air melalui beragam program, termasuk mempromosikannya dalam event internasional seperti yang baru saja digelar di INACRAFT 2022 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Di mana mayoritas pelaku usaha UMKM yang hadir di sini merupakan para entrepeneur yang masuk kategori generasi muda serta kaum milenial. Tentu saja kehadiran generasi muda ini memang tidak terlepas dari perkembangan teknologi saat ini yang di mana mereka manfaatkan ruang digital sebagai tempat memulai usaha dan menurut legislator Indonesia, memang milenial serta literasi digital yang mampu mendorong pertumbuhan UMKM di Tanah Air.

Perkembangan UMKM dapat dilihat dari data transaksi digital yang terjadi beberapa waktu terakhir yang ternyata justru didominasi oleh para pengusaha UMKM. “Merujuk pada data dari Bank Indonesia saat ini pembayaran digital mencatat transaksi pembayaran digital melalui QRIS sebesar 13,4 juta merchant di seluruh Indonesia, 95 persen di antaranya adalah pelaku UMKM,” ungkap Anggota Komisi 1 DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator: Generasi Muda Digital Peduli UMKM di YouTube (1/4/2022).

L iterasi Digital dan Generasi Muda Jadi Kunci Pertumbuhan UMKM di Indonesia.jpg

Menurut Politis Partai Golkar ini, potensi ekonomi digital di Tanah Air sangatlah besar bahkan diprediksikan bisa mencapai delapan kali lipat di tahun 2030 bila dibandingkan saat ini. Bahkan diprediksi ranah e-commerce akan menjadi dominan di ekonomi digital Indonesia di tahun 2030 dengan kenaikan persentasenya sekitar 34 persen atau setara dengan Rp1.900 triliun. “Indonesia diprediksi akan menjadi pasar digital yang besar dan dinamis. Indonesia juga menjadi destinasi investasi yang paling diminati bahkan mengalahkan Singapura,” sambungnya.

Demi menjaga iklim UMKM di ranah digital ini, Bobby memaparkan enam aspek yang bisa dilakukan pemerintah untuk mendukung hal ini yang terdiri dari:

  1. Dari mulai menjaga persaingan bagi pelaku ekonomi digital
  2. Menguatkan serta menegakkan dalam aturan dan akuntabilitas ekonomi digital
  3. Pemerintah harus mengutamakan pembangunan infrastruktur komunikasi serta internet
  4. Memastikan terdapat kebijakan perlindungan SDM yang terdampak PHK dari industri yang menjadi efek digitalisasi
  5. Mempersiapkan skema aturan baru dalam mengontrol kegiatan ekspor-impor
  6. Transformasi tatanan ekonomi di Indonesia secara masif.

Segala perubahan ini tentu saja mayoritas adaptasinya bisa dilakukan generasi muda yang memang masuk kategori tech-savvy apalagi dalam menumbuhkan UMKM, proses pemasaran produk di media sosial juga menjadi aspek yang harus dikuasai dalam literasi digital seorang entrepreneur. Di mana tak sedikit para pelaku UMKM didorong mampu membuat konten atau bekerja sama dengan para KOL untuk proses pemasaran produknya demi semakin dikenal oleh publik, khususnya pengguna media sosial.

[Baca Juga: Cegah Intoleransi dan Radikalisme, Generasi Muda Harus Melek Literasi Digital]

“Terciptanya era digital baru membuat kita harus melek teknologi. Kita bisa menggunakan Instagram untuk membuat sesuatu yang kreatif dan influence ke followers. Sekarang yang sedang hits juga ada platform TikTok karena banyak generasi muda menggunakannya. Selain itu juga ada untuk generasi yang lebih tua bisa menggunakan Facebook. Kita harus terbuka dengan beberapa platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produk digital, menyesuaikan dengan rentang usia pengguna,” ujar Pemilik Bicara Senja Kopi Puka Darius.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sebenarnya turut berupaya mendorong literasi digital ini untuk perkembangan UMKM di Tanah Air. Karena menurut Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan, pihaknya memang menjadi garda terdepan dalam transformasi digital Indonesia dan siap untuk terus melakukan program literasi digital yang menjangkau belasan juta penduduk Tanah Air.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.