Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

Salah satu aspek mengapa literasi digital menjadi bekal penting bagi warganet Tanah Air ketika beraktivitas di dunia maya adalah memahami mengenai kejahatan siber yang bisa menimpa siapa saja. Di mana kejahatan satu ini bersifat global dengan siapa pun dapat menjadi korban yang acap kali terjadi karena ketidaktahuan Anda saat mengunggah sesuatu di media sosial. Bisa saja Anda secara tak sadar telah mengunggah data pribadi Anda di ranah digital dan menurut pakar, ini bisa jadi potensi awal pemicu kejahatan siber, khususnya dari sisi penipuan secara daring.

Pembahasan mengenai kejahatan siber ini menjadi tema dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Keamanan Berinternet: Mencegah Penipuan di Ranah Daring yang digelar pada 18 Mei 2022. Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan yang menjadi salah seorang pembicara dalam dialog ini mengungkapkan bahwa kejahatan siber meupakan sisi negatif dari dunia maya yang mengancam semua warganet. Di Tanah Air sendiri kasusnya sudah mencapai ribuan kali, khususnya terkait penipuan online.

Literasi Digita l Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

“Kejahatan tersebut dapat ditemui di berbagai platform, di antaranya WhatsApp sebanyak 8.357 kasus, Instagram dengan 2.621 kasus, dan telepon atau SMS sebanyak 2.324 kasus,” ungkap politisi dari partai NasDem itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (18/5/2022).

Dari sisi korbannya sendiri, terdapat tiga wilayah di Indonesia yang terbilang tertinggi korbannya untuk kasus penipuan di ranah digital. Dengan Farhan memaparkan, wilayah Jawa Barat sebagai peringkat pertama dengan 3.090 kasus dan disusul DKI Jakarta dengan 2.556 kasus serta Jawa Timur 1.577 kasus.

Pencegahannya menjadi aspek penting dalam literasi digital dan anggota Komisi I DPR RI itu memiliki tips yang penting demi menjauhkan Anda dari potensi jadi salah satu korban kejahatan siber ini. “Tidak membagikan data pribadi di internet, apalagi di media sosial, jangan transaksi keuangan dengan jaringan WiFi publik, jangan mudah asal klik tautan/situs asing, membuat password yang sulit ditebak dan jangan menggunakan password yang sama pada semua aplikasi dan menggantinya secara berkala, jangan sembarangan memberikan OTP, selalu perbaharui perangkat dengan sistem operasi yang baru, mulai sadar jangan mengunggah data pribadi seperti KTP, paspor, KK, NPWP, sertifikat vaksin, atau data-data pribadi lainnya yang bersifat sensitif,” paparnya.

[Baca Juga: Demi Cuan, Ini Cara Hindari Investasi Bodong]

Tips ini turut diamini Ketua Indonesia AI Society atau IAIS sekaligus Co-founder Indonesia Honeynet Project Lukas. Menurutnya data pribadi sangatlah sensitif, seperti agama, kesehatan, kehidupan seksual, hingga kondisi mental perlu perlindungan khusus ketika Anda berada di dunia digital. Bahkan Lukas menegaskan, foto selfie yang sudah populer diunggah di media sosial dapat menjadi “senjata” yang digunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

“Modus penipuan berkedok foto selfie dengan identitas diri, selfi (swa foto) sering dianggap hal biasa yang dilakukan banyak orang. Memanfaatkan teknologi ini, swa foto dengan KTP kerap dijadikan sebagai salah satu cara paling cepat dan modern dalam melakukan registrasi layanan online," imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.