Literasi Digital Dorong Hadirnya Kreator Konten Baru di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Literasi Digital Picu Hadirnya Kreator Konten Baru di Tanah Air

Dengan semakin meluasnya jaringan internet di Tanah Air maka semakin mudah juga masyarakat di berbagai pelosok Indonesia terhubung di ruang digital. Apalagi dengan pandemi yang sudah selama lebih dari dua tahun membayangi Indonesia, mayoritas kegiatan masyarakat baik itu yang bersifat komersial hingga pendidikan banyak yang sudah dialihkan dari luring ke daring. Menariknya kehadiran ruang digital dan semakin berkembangnya digitalisasi di Indonesia juga menjadi ladang dalam mencari pundi-pundi rupiah bagi masyarakat. Karena dengan kreativitas serta kemampuan bekal literasi digital, siapapun saat ini sudah bisa menjadi kreator konten.

Tak sedikit yang memanfaatkan ruang digital saat ini untuk menjajakan produknya sehingga dirasa sangat tepat bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk terjun ke marketplace atau media sosial demi menjangkau konsumen baru. Namun bagaimana jika Anda bukanlah seorang entrepreneur tapi memiliki passion di bidang hobi tertentu atau mampu menghasilkan karya tertentu? Jawabannya adalah kreator konten. Tapi tentu saja Anda membutuhkan bekal literasi digital untuk mencapainya dan ini didukung penuh oleh para wakil rakyat di DPR RI.

Literasi Digital Dorong Hadirnya Kreator Konten Baru di Tanah Air.jpg

“Untuk itu kami sudah memberikan fasilitas literasi ini kepada rekan-rekan, di mana anggaran untuk literasi digital ini diharapkan bisa diaplikasikan nantinya oleh rekan-rekan kepada diri sendiri maupun lingkungan," ujar anggota Komisi 1 DPR RI Alimin Abdullah dalam kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator: Literasi Digital Kreatif dan Produktif di Era Digital (15/4/2022).

Akademi sekaligus Dosen Universitas Mercubuana Sabena menyampaikan, literasi digital pada dasarnya membuat orang yang menerimanya memiliki bekal untuk berpatisipasi di ruang digital di era modern. “Kemudian perlu diketahui bahwa, literasi digital dapat menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif, sehingga mereka tidak akan tertipu dengan mudah yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks,” tuturnya.

[Baca Juga: Walau Tech-Savvy, Literasi Digital Tetap Penting dalam Pembentukan Karakter Milenial]

Tak lupa literasi digital juga menjadi bagian dari aspek kreatif serta produktif di ruang digital, karena Anda didorong untuk beradaptasi dengan keterbatasan yang ada agar bisa tetap mencari pundi-pundi rupiah. Jika tertarik untuk menjadi kreator konten, Sabena memiliki tips yang Anda bisa coba dan ini diawali dengan memutuskan apa yang kira-kira Anda ingin buat dan tawarkan kepada orang lain. Contohnya adalah Sabina membuka jasa pembuatan konten, jadi bukan sekadar untuk diunggah di media sosial pribadinya tapi ada perusahaan yang menggunakan jasanya untuk membuat konten dari klien.

“Jadi banyak dari beberapa perusahaan yang menghubungi untuk dibuatkan konten-konten sesuai permintaan dari pelanggan. Dan kita ada perjanjiannya di kertas hitam putih, bahwa konten kreator yang sayabuat tidak boleh salah publikasi sembarangan, dan itu ada secara hukum kita harus membuat komitmen,” sambungnya. Ia juga menambahkan, bagi Anda yang ingin menjadi kreator konten, jangan lupa mencari rekan atau mentor untuk membantu serta mendukung Anda dalam pembuatannya bahkan bisa saja berpotensi menjadi penengah untuk Anda bertemu dengan calon klien.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.