Kemampuan Literasi Digital.jpg

Pendidikan

Literasi Digital yang Harus Dikuasai Agar Bisa Bijak Berinternet

Konten-konten dengan muatan negatif terutama kabar bohong atau hoax dapat mengakibatkan hal-hal buruk dan tidak bisa diatasi seandainya masyarakat tidak melek literasi digital. Literasi digital saat ini sangat penting untuk menangkal berita bohong yang tersebar sangat masif di internet.

Menurut Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy (1997), literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

Literasi digital penting untuk Anda ketahui, memiliki tiga aspek penting, seperti kesadaran data, kemampuan analisis data, dan kemampuan untuk fokus. Seperti yang dilansir dari laman theconversation.com yang ditulis Dosen Departemen Administrasi Universitas Airlangga Agie Nugroho Soegiono menjelaskan tiga aspek tersebut (28/01/2019).

1. Kesadaran Data Selama Mengakses Internet

Ada keuntungan dalam membuat data diri pada sebuah platform, yang memudahkan sebuah proses sinkronisasi dari aplikasi ke aplikasi lainnya. Di sini, Anda harus sadar telah mengizinkan segala data percakapan yang dapat diakses oleh kedua platform tersebut.

Seperti yang ditulis Agie, dalam pensinkronisasian data, ada konsekuensi lain yang harus Anda pertimbangkan. Ia memberi contoh, ketika Anda memberikan nomor rekening bank pada suatu perusahaan niaga elektronik, maka Anda telah memberi persetujuan kepada pemberi layanan untuk menarik transaksi atau berlangganan rutin sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

2. Kemampuan Analisis Data

Ada tantangan tersendiri untuk menganalisis dari data yang masuk dengan volume, kecepatan, dan varietas yang besar. Dan Anda seharusnya mampu memahami data yang masuk agar menjadi informasi yang berguna. Misalnya, statistik langkah kaki dan detak jantung yang direkam secara otomatis lewat jam tangan pintar akan meningkatkan kesadaran kita akan kebutuhan pola olahraga dan makan yang teratur.

3. Kemampuan untuk Fokus

Adanya ponsel pintar dapat membantu dan memudahkan kita untuk bekerja secara produktif, namun di sisi lain hal ini bahkan membuat produktifitas kita terganggu akibat selalu rutin mengecek ponsel.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Teknologi dan internet tercipta sebagai sarana untuk memudahkan manusia dalam berinteraksi dan mendapatkan sejumlah informasi. Namun, dalam perkembangannya, kita juga harus memiliki kemampuan mengolah, menganalisis informasi yang kita terima dengan literasi digital.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.