Literasi Media untuk Jakarta Cerdas Gelar Dongeng di RPTRA.jpg

Pendidikan

Literasi Media untuk Jakarta Cerdas Gelar Dongeng di RPTRA

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Selatan menggelar acara mendongeng di dua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) pada 20 Februari. Sebanyak 200 siswa dari tingkat PAUD, TK dan SD mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan Evita Dwi Saiverda mengatakan, kegiatan mendongeng ini akan rutin diadakan bergilir di setiap RPTRA. Untuk Rabu ini kegiatan di RPTRA Pinang Pola, Pondok Labu dan di RPTRA Kecapi, Kelurahan Kebagusan.

[Baca Juga: Melirik SMA dengan Perpustakaan Terbaik di DKI Jakarta]

"Bulan ini temanya Literasi Media untuk Jakarta Cerdas. Sehingga pendongeng harus menyelipkan kegiatan bersosial media yang bijak dalam dongengnya," ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id (20/2/2019).

Untuk jumlah peserta, Sudin Pusip Jaksel bekerjasama dengan pengelola RPTRA serta kelurahan setempat. "Hari ini masing-masing RPTRA ada sekitar 100 anak," tandasnya.

Gerakan Literasi Nasional

Sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk kelompok kerja Gerakan Literasi Nasional untuk mengoordinasikan berbagai kegiatan literasi yang dikelola unit-unit kerja terkait.

Gerakan Literasi Masyarakat, seperti dilansir dari situs Kemendikbud, sudah lama dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas). Ini merupakan tindak lanjut dari program pemberantasan buta aksara yang mendapatkan penghargaan UNESCO pada tahun 2012 dengan mencapai angka melek aksara sebesar 96,51 persen. Sejak tahun 2015 Ditjen PAUD Dikmas juga menggerakkan literasi keluarga dalam rangka pemberdayaan keluarga meningkatkan minat baca anak.

[Baca Juga: Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read Aloud]

Bersamaan dengan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah untuk meningkatkan daya baca siswa dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggerakkan literasi bangsa dengan menerbitkan buku-buku pendukung bagi siswa yang berbasis pada kearifan lokal.

Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.