Liuk Keindahan Batik Marunda di JFW 2020

Kecantikan dan Fashion

Liuk Keindahan Batik Marunda di JFW 2020

Puluhan koleksi Batik Marunda ditampilkan dalam panggung peragaan busana Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 di Senayan City, Jakarta pada 24 Oktober 2019. Batik Marunda yang ditampilkan merupakan karya ibu-ibu penghuni Rusun Marunda dan Rusun Rawa Bebek dengan tema Membatik untuk Jakarta demikian dilansir dari lama resmi JFW.

Liuk Keindahan Batik Marunda di JFW 2020

Senayan City dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta bekerja sama dengan ibu-ibu warga Rusunawa Marunda, DKI Jakarta menampilkan sejumlah koleksi batik Marunda. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta Fery Farhati Ganis menyampaikan, eksistensi batik Marunda bermula saat Dekranasda DKI Jakarta mulai menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan membatik yang mengikutsertakan sejumlah ibu-ibu warga Rusunawa Marunda.

[Baca Juga: Grasheli Andhini Tampilkan Busana Easy Styling di JFW 2020]

Program tersebut diharapkan mampu membantu mereka dalam memperoleh penghasilan tambahan serta meningkatkan kreativitas dan inovasi melalui produksi Batik Marunda. Untuk membuat motifnya, Dekranasda menggandeng desainer Wendy Sibarani dan Irma Gamal Sinusar.

Liuk Keindahan Batik Marunda di JFW 2020

Melalui konsep kerja gotong royong, produksi Batik Marunda terbagi atas tiga proses pembuatan yang melibatkan kontribusi dari ibu-ibu di tiga rusun yang berbeda. Proses canting batik dilakukan oleh ibu-ibu dari rusun Rawa Bebek, proses pencelupan oleh ibu-ibu Rusun Marunda, serta proses penyulaman oleh ibu-ibu Rusun Besakih.

Fery berharap, melalui keikutsertaan di JFW 2020, Batik Maruna dapat menarik perhatian para pebisnis dan desainer. “Dengan begitu akan makin meningkatkan antusiasme ibu-ibu Rusunawa Marunda dalam menghasilkan beragam inovasi dan kreasi di kemudian hari,” tutup istri Gubernur DKI, Anies Baswedan ini.

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Raih Penghasilan dari Batik Marunda]

Batik Marunda memiliki motif yang sudah menjadi ciri khas, yaitu motif yang menampilkan berbagai jenis flora dan fauna asli Jakarta, seperti Kembang Teleng, Kembang Kelapa, Daun Bandotan, Nona Makan Sirih, Bulus, Kupu-kupu dan Elang Bondol.

Dalam berita PingPoint.co.id sebelumnya dijelaskan, Pembina Komunitas Membatik Rusun Irma Gamal Sinurat menerangkan teknik dalam mencanting Batik Marunda yang cenderung menggunakan warna dasar hitam dan terang. Irma mengakui pemasaran Batik Marunda belum meluas yang hingga kini masih menjadi salah satu tantangan. Selama ini, pemasaran baru sebatas melalui Galeri Batik Marunda yang terletak di Lebak Bulus dan sejumlah pameran saja.

Liuk Keindahan Batik Marunda di JFW 2020

Irma mengharapkan dukungan promosi dan campur tangan stakeholder lain di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas pemasaran Batik Marunda. "Kami harap, pemberdayaan ini akan memotivasi mereka agar dapat memulai hidup baru yang lebih baik," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.