Logitech Bicara Blak-blakan Soal Dampak Karbon Produknya Bagi Lingkungan1.jpg

Bisnis

Logitech Blak-blakan Soal Dampak Karbon Produknya Bagi Lingkungan

Penggunaan peralatan elektronik dalam kehidupan sehari-hari, ternyata tak hanya memudahkan manusia dalam meretas jarak dan waktu. Kemudahan yang disediakan oleh berbagai perangkat elektronik ini, juga memberikan dampak lingkungan yang sangat signifikan bagi manusia. Setidaknya, ada dua masalah utama terkait lingkungan yang bisa diidentifikasi dari penggunaan perangkat elektronik modern ini. Pertama adalah emisi yang ditimbulkannya saat ia berfungsi, dan masalah lain adalah bahaya racun yang dihasilkannya saat perangkat tersebut usang.

Menurut data dari penelitian yang pernah diterbitkan oleh Institute of Essential Service Reform beberapa waktu silam, menyebut penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan akan meningkatkan konsumsi listrik, yang mana hal ini akan menambah emisi karbon dioksida ke udara.

Logitech Bicara Blak-blakan Soal Dampak Karbon Produknya Bagi Lingkungan2.jpg

Selain kesadaran masyarakat selaku konsumen, insiatif dan keterbukaan dari perusahaan elektronik juga dibutuhkan. Karena itu, produsen cloud peripherals kenamaan global, Logitech mulai transparan serta turut berkontribusi mengkomunikasikan dampak karbon dari semua produk besutannya.

Dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id, insiatif ini ditunjukan Logitech dengan cara memberikan label dampak karbon di setiap kemasan produk dan situs resmi perusahaan. Selain mengedukasi dan mengkomunikasikan, langkah ini diambil untuk memberikan bahan pertimbangan lain yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan yang tepat.

Presiden dan CEO Logitech, Bracken Darrell berharap langkah ini dapat menginspirasi perusahaan lain, untuk melakukan hal yang sama. Karena menurutnya, dibutuhkan upaya dari seluruh industri untuk bisa benar-benar membuat perubahan.

"Kami menyadari besarnya tantangan lingkungan yang dihadapi bumi kita saat ini. Kami menggandakan upaya kami untuk mengurangi dampak kami terhadap lingkungan, namun kami tidak dapat melakukannya sendiri. Dengan mengkomunikasikan dampak karbon atas setiap produk kami, kami berdayakan konsumen dan berkolaborasi untuk memperbaiki dunia. Karbon adalah jenis kalori baru, kita perlu tahu apa yang kita konsumsi. Kami juga mengundang perusahaan lain untuk bergabung bersama Logitech untuk melakukan perubahan positif seperti ini pada produk mereka,” jelasnya,

Lebih lanjut dia menjelaskan, Logitech telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan kemampuan Life Cycle Analysis (LCA) yang mampu mencerminkan dampak karbon suatu produk selama masa pakai produk tersebut. Dimulai dari bahan mentah hingga pembuatan, distribusi, penggunaan konsumen, dan pada akhirnya memasuki akhir masa pakai.

Logitech Bicara Blak-blakan Soal Dampak Karbon Produknya Bagi Lingkungan3.jpg

Dia juga menuturkan, penerapan alat LCA dan keahlian desain memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dampak karbon, kadar racun, dan sirkularitas dari berbagai produk dan bahan kemasan. Untuk itu, Logitech menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yang mumpuni termasuk Natural Capital Partners, iPoint Group, dan penguji independen yang akan memverifikasi secara kritis dan memvalidasi tingkat dampak karbon produk sesuai standar sertifikasi DEKRA.

Sementara itu, Rebecca Fay, Chief Marketing Officer (CMO) Natural Capital Partners mengapresiasi dan memuji Logitech karena secara sukarela mau mengomunikasikan informasi jejak karbon produk dan juga turut menyediakan akses online mengenai metodologi dan protokol yang diterapkan, pemenuhan standar kuantifikasi jejak karbon dan mengkomunikasikan penetapan label sesuai sertifikasi standar ISO 14067 dan ISO 14026.

“Semakin banyak konsumen mencari penggiat bisnis yang secara jelas melakukan tindakan aksi yang nyata, jelas, transparan dan kredibel mengenai aksi mereka terhadap iklim dunia. Kami memuji program transparansi karbon Logitech yang dilengkapi sertifikasi CarbonNeutral® untuk seluruh produk-produknya. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa Logitech merupakan perusahaan yang memiliki komitmen penuh untuk bertransformasi ke arah rendah karbon.”

Menimpali itu, Martina Prox, Sustainability Strategy iPoint Group turut mengingatkan tentang pentingnya menciptakan transparansi jejak karbon dari produk suatu perusahaan. Tujuannya, untuk mengurangi efek gas rumah kaca dan dengan ini secara tidak langsung juga turut memerangi perubahan iklim. “Kami berharap dapat terus bekerja dengan Logitech dalam menghitung dan menganalisis jejak karbon dari portofolio produk mereka,” timpal Martina Prox.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......