Lokasi Wisata Historis, Ini 3 Cagar Budaya Baru di DKI Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Lokasi Wisata Historis, Ini 3 Cagar Budaya Baru di Jakarta

Objek yang memiliki nilai historis merupakan saksi sejarah di Ibu Kota. Tidak heran kalau kemudian pemerintah setempat selalu mengupayakan untuk melakukan perlindungan terhadap obyek bersejarah ini. Salah satu upayanya adalah dengan menjadikan objek tersebut sebagai bagian dari cagar budaya DKI Jakarta. Pada awal tahun 2022 ini, sudah ada tiga objek yang masuk ke daftar cagar budaya yang di mana salah satunya adalah Taman Proklamasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Penetapan disebut membutuhkan proses panjang. Bahkan waktu yang dibutuhkan waktu sekitar setahun, sepanjang tahun 2021 melalui proses kajian dari Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta. Setelah itu, penetapan ini baru bisa diresmikan usai ada Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Pihak Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mengungkapkan alasan di balik penetapan tiga objek di wilayahnya itu sebagai cagar budaya.

“Ini merupakan komitmen perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya baik berupa benda, bangunan, struktur, situs, maupun kawasan yang perlu dikelola oleh pemerintah dan pemerintah daerah dengan meningkatkan peran serta masyarakat untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan cagar budaya yang ada di sekitar kita,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (9/2/2022).

Berikut ini adalah tiga cagar budaya yang baru ditetapkan Pemprov DKI Jakarta tersebut:

Lokasi Wisata Historis, Ini 3 Cagar Budaya Baru di DKI Jakar ta.jpg
  • Jalan Pasar Baru

Lokasi cagar budaya ini berada di area Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Di mana ruas jalan ini dimulai dari Jalan Pos yang dulu bernama Grrote Postweg hingga ke Jalam Samanhudi yang sempat bernama Krekot Pintoe Besi. Jalan ini dipadang tepat sebagai cagar budaya karena rini merupaan jantung dari kegiatan komersial di era keemasan Pasar Baru. Apalagi di sepanjang jalan ini memang ada sejumlah bangunan yang masuk kategori Cagar Budaya sejak puluhan tahun yang lalu seperti Jean Machine Factory Outlet, Toko Garuda Sport and Music, dan lainnya.

Lokasi Wisata Historis, Ini 3 Cagar Budaya Baru di DKI Jaka rta.jpg
  • Kanal Ciliwung Jalan Antara

Cagar budaya yang baru ditetapkan lainnya adalah kanal Ciliwung yang memang berada tak jauh dari Jalan Pasar Baru, tetapnya yang terletak di Jalan Antara dan Jalan Pasar Baru Selatan. Penetapan ini tak terlepas dari struktur Kanal Ciliwung ini yang memang memiliki sejarah dulu untuk mengendalikan banjir dan pengadaan air di era Batavia. Bahkan Kanal Ciliwung ini memang menjadi bagian dari Oud Batavia yang berdiri pada 4 Maret 1621.

  • Taman Proklamasi

Cagar budaya terakhir ini juga masih berada di wilayah Jakarta Pusat, tepatnya di area Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng. Taman Proklamasi menjadi lokasi penting sekaligus saksi sejarah kemerdekaan Tanah Air. Apalagi di wilayah ini terdapata rumah yang memang pernah ditinggali Bung Karno di tahun 1942 dan pada tahun 1944, rumah itu menjadi saksi persiapan Sang Saka Merah Putih. Tak lupa juga di Taman Proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.