Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Agar Selamat Melalui Pandemi

Bisnis

Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Selama Masa Pandemi

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta membebaskan biaya retribusi dan menghapus sanksi administratif bagi pedagang yang berjualan di Lokasi Sementara (Loksem), Lokasi Binaan (Lokbin), Pujasera, maupun lokasi promosi dan pusat perdagangan UKM binaan lainnya.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, keringanan retribusi dan penghapusan sanksi ini berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 61 Tahun 2020 Tentang Pemberian Keringanan Retribusi Daerah Dan/Atau Penghapusan Sanksi Administrasi kepada Wajib Retribusi yang Terdampak Bencana Nasional COVID-19.

Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Agar Selamat Melalui Pandemi

Ia menjelaskan, kebijakan ini diambil untuk meringankan beban ekonomi dan memberikan stimulus kepada wajib retribusi yang terdampak bencana nasional COVID-19 ini.

"Pandemi COVID-19 ini melemahkan perekonomian para pedagang selaku wajib retribusi dari segi penghasilan. Insentif berupa keringanan retribusi daerah dan atau penghapusan sanksi administratif, supaya mereka bisa survive menghadapi pandemi," ujar Ratu seperti dilansir dari beritajakarta.id (20/7/2020).

[Baca Juga: Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar]

Ratu menjelaskan, pemberian keringanan retribusi dan/atau penghapusan sanksi administratif terhitung sejak tanggal 13 April 2020 sesuai penetapan bencana nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional. "Kebijakan ini sampai Pergub Nomor 61 Tahun 2020 dengan status penyebaran COVID-19 sebagai bencana nasional dicabut," kata Ratu.

Ratu menambahkan, biaya retribusi yang sudah dibayarkan pedagang pada bulan April 2020 dan setelahnya dikompensasikan pada periode kewajiban pembayaran berikutnya atau diperhitungkan dengan tunggakan yang dimiliki. "Bagi yang sudah bayar tidak ada pengembalian, tapi akan diperhitungkan dengan tunggakan yang dimiliki, atau dikompensasikan untuk pembayaran bulan selanjutnya," tandas Ratu.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berk elanjutan di Indonesia.jpg

Bisnis

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berkelanjutan di Indonesia

17 May 2022, 21:03

Dengan berpegang teguh terhadap penerapan ESG di dalam bisnisnya, East Ventures memastikan komitmen pendanaan yang bersifat inklusif serta berkelanjutan di Tanah Air.

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fes t.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fest

17 May 2022, 19:08

Semua musisi yang siap mengisi acara Jelajahin Livin Sanur Fest, khususnya Slank dan Kotak, mengungkapkan akan memberikan penampilan spesial.

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Se ni Ancol.jpg

Hobi dan Hiburan

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Seni Ancol

17 May 2022, 15:36

Puluhan seniman memamerkan hasil karya mereka di pameran menggambar untuk acara Bulan Menggambar Nasional yang digelar sampai 5 Juni 2022 di Pasar Seni Ancol.

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Gam es 2021.jpg

Berita Kawasan

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Games 2021

17 May 2022, 10:35

Warga Kota Hujan patut bangga dengan keberhasilan atlet asal Kota Bogor yang berhasil menyumbangkan peralihan medali emas serta perak bagi Merah Putih.


Comments


Please Login to leave a comment.