Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Agar Selamat Melalui Pandemi

Bisnis

Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Selama Masa Pandemi

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta membebaskan biaya retribusi dan menghapus sanksi administratif bagi pedagang yang berjualan di Lokasi Sementara (Loksem), Lokasi Binaan (Lokbin), Pujasera, maupun lokasi promosi dan pusat perdagangan UKM binaan lainnya.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, keringanan retribusi dan penghapusan sanksi ini berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 61 Tahun 2020 Tentang Pemberian Keringanan Retribusi Daerah Dan/Atau Penghapusan Sanksi Administrasi kepada Wajib Retribusi yang Terdampak Bencana Nasional COVID-19.

Loksem dan Lokbin DKI Jakarta Bebas Retribusi Agar Selamat Melalui Pandemi

Ia menjelaskan, kebijakan ini diambil untuk meringankan beban ekonomi dan memberikan stimulus kepada wajib retribusi yang terdampak bencana nasional COVID-19 ini.

"Pandemi COVID-19 ini melemahkan perekonomian para pedagang selaku wajib retribusi dari segi penghasilan. Insentif berupa keringanan retribusi daerah dan atau penghapusan sanksi administratif, supaya mereka bisa survive menghadapi pandemi," ujar Ratu seperti dilansir dari beritajakarta.id (20/7/2020).

[Baca Juga: Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar]

Ratu menjelaskan, pemberian keringanan retribusi dan/atau penghapusan sanksi administratif terhitung sejak tanggal 13 April 2020 sesuai penetapan bencana nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional. "Kebijakan ini sampai Pergub Nomor 61 Tahun 2020 dengan status penyebaran COVID-19 sebagai bencana nasional dicabut," kata Ratu.

Ratu menambahkan, biaya retribusi yang sudah dibayarkan pedagang pada bulan April 2020 dan setelahnya dikompensasikan pada periode kewajiban pembayaran berikutnya atau diperhitungkan dengan tunggakan yang dimiliki. "Bagi yang sudah bayar tidak ada pengembalian, tapi akan diperhitungkan dengan tunggakan yang dimiliki, atau dikompensasikan untuk pembayaran bulan selanjutnya," tandas Ratu.


Read More

Artikel Lainnya

filkop.jpg

Kuliner

Ngopi Tenang dan Nyaman, Filosofi Kopi Kini Hadir di Bandung

23 October 2021, 09:08

Filosofi Kopi memang dirintis untuk memberdayakan kopi Nusantara yang luar biasa, sehingga dalam penyajiannya Filosofi Kopi menggunakan biji-biji kopi asli Indonesia.

Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

23 October 2021, 08:07

Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu.

Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

22 October 2021, 06:04

Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki.

Jamur 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bekas Pabrik Jamur di Sumber Brantas Jadi Spot Foto Instagramable

22 October 2021, 20:04

Seperti sebuah lukisan urban tentang kota yang ditinggalkan penduduknya, bangunan pabrik jamur yang berbentuk kubah itu berbaris secara seri.


Comments


Please Login to leave a comment.