Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca

Pendidikan

Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Depok menggelar perlombaan literasi dan dongeng. Dalam perlombaan tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Tanah Baru Frina Shaurin berhasil menjadi juara pertama di Tingkat Kota Depok. Frina mengaku tidak ada persiapan khusus mendekati perlombaan tersebut, siapa sangka dirinya berhasil mendapatkan juara pertama dalam lomba literasi dan dongeng dengan poin tertinggi dari sembilan kompetitor lainnya. “Tidak ada persiapan khusus, karena memang bersama keluarga, khususnya anak-anak juga saya sering mendongeng,” ujar Frina.

Melansir laman depok.go.id (12/08/2019), pada kesempatan itu, Frina membawakan cerita fabel berjudul Tikus dan Singa karya Meydia di hadapan para peserta lain dan dewan juri. Penampilannya yang lebih ekspresif dari peserta lain, membuat dewan juri sepakat memutuskan Bunda Literasi asal Kelurahan Tanah Baru tersebut sebagai juara pertamanya.

[Baca Juga: Pancing Minat Baca dengan Mendongeng]

Frina sebagai Ketua TP PKK Kelurahan Tanah Baru semakin termotivasi untuk terus meningkatkan minat baca di wilayahnya. Lebih khusus lagi, rencananya ia akan membuat program satu RW satu pendongeng. “Kebetulan di wilayah kami cukup banyak profesional pendongeng anak. Maka akan melibatkan mereka untuk memberi pendampingan pada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu dewan juri sekaligus Pustakawan Diskarpus Depok Bulena mengatakan, lomba dongeng ini memang untuk menstimulasi para peserta untuk meningkatkan minat baca mereka. Karena itu, pihaknya berharap dari kegiatan perlombaan ini dapat mendorong minat baca dan mendongeng dapat menjadi budaya di lingkungan masyarakat. Dengan melakukan kegiatan yang jarang dilakukan masyarakat seperti mendongeng, dapat membuat dampak positif karena memiliki banyak manfaatnya.

[Baca Juga: Ayo Dongeng Indonesia Ajak Anak Nikmati Indahnya Dunia Cerita]

Bulena merinci hadiah yang didapatkan pemenang dalam lomba literasi dan dongeng. Frina sebagai juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp2 juta. Juara kedua dengan hadiah Rp1 Juta diraih Kristianawati dari Kelurahan Sukamaju, dan juara ketiga dengan hadiah Rp750.000 diraih Lia Cornelia dari Kecamatan Cipayung. “Ke depan, untuk merealisasi upaya meningkatkan minat baca, kita juga akan melakukan pendampingan pelatihan mendongeng kepada semua peserta lomba,” tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.