Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca

Pendidikan

Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Depok menggelar perlombaan literasi dan dongeng. Dalam perlombaan tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Tanah Baru Frina Shaurin berhasil menjadi juara pertama di Tingkat Kota Depok. Frina mengaku tidak ada persiapan khusus mendekati perlombaan tersebut, siapa sangka dirinya berhasil mendapatkan juara pertama dalam lomba literasi dan dongeng dengan poin tertinggi dari sembilan kompetitor lainnya. “Tidak ada persiapan khusus, karena memang bersama keluarga, khususnya anak-anak juga saya sering mendongeng,” ujar Frina.

Melansir laman depok.go.id (12/08/2019), pada kesempatan itu, Frina membawakan cerita fabel berjudul Tikus dan Singa karya Meydia di hadapan para peserta lain dan dewan juri. Penampilannya yang lebih ekspresif dari peserta lain, membuat dewan juri sepakat memutuskan Bunda Literasi asal Kelurahan Tanah Baru tersebut sebagai juara pertamanya.

[Baca Juga: Pancing Minat Baca dengan Mendongeng]

Frina sebagai Ketua TP PKK Kelurahan Tanah Baru semakin termotivasi untuk terus meningkatkan minat baca di wilayahnya. Lebih khusus lagi, rencananya ia akan membuat program satu RW satu pendongeng. “Kebetulan di wilayah kami cukup banyak profesional pendongeng anak. Maka akan melibatkan mereka untuk memberi pendampingan pada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu dewan juri sekaligus Pustakawan Diskarpus Depok Bulena mengatakan, lomba dongeng ini memang untuk menstimulasi para peserta untuk meningkatkan minat baca mereka. Karena itu, pihaknya berharap dari kegiatan perlombaan ini dapat mendorong minat baca dan mendongeng dapat menjadi budaya di lingkungan masyarakat. Dengan melakukan kegiatan yang jarang dilakukan masyarakat seperti mendongeng, dapat membuat dampak positif karena memiliki banyak manfaatnya.

[Baca Juga: Ayo Dongeng Indonesia Ajak Anak Nikmati Indahnya Dunia Cerita]

Bulena merinci hadiah yang didapatkan pemenang dalam lomba literasi dan dongeng. Frina sebagai juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp2 juta. Juara kedua dengan hadiah Rp1 Juta diraih Kristianawati dari Kelurahan Sukamaju, dan juara ketiga dengan hadiah Rp750.000 diraih Lia Cornelia dari Kecamatan Cipayung. “Ke depan, untuk merealisasi upaya meningkatkan minat baca, kita juga akan melakukan pendampingan pelatihan mendongeng kepada semua peserta lomba,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.