lomba muralOK3.jpg

Hobi dan Hiburan

Lomba Mural Nasional Pemprov Jateng Peringati Hari Bakti Pekerjaan Umum

Pointers pasti telah familiar dengan lukisan yang tergambar pada dinding jalanan, bangunan terbengkalai hingga trotoar. Gambar atau lukisan tersebut biasa disebut dengan mural. Mural sendiri adalah kata dalam bahasa latin Murus yang berarti gambar sehingga mural dapat diartikan menggambar di atas media permanen seperti dinding, tembok, lantai, meja, langit-langit dan masih banyak lagi. Mural berbeda dengan graffiti, pada mural gambar yang dihasilkan lebih bebas dan luas sedangkan graffiti cenderung berbentuk tulisan atau kata-kata menggunakan cat semprot.

lomba muralOK2.jpg

Seni mural sendiri telah ada sejak jaman prasejarah sekitar 31.500 tahun silam. Salah satu mural yang ditemukan pada masa itu adalah lukisan dengan cat sari buah yang terdapat di sebuah gua dan terletak di Selatan Prancis. Dahulu negara yang memiliki lukisan dinding atau mural paling banyak adalah negara Perancis dan salah satu yang paling terkenal adalah mural buatan Pablo Picasso.

Pada Rabu (24/11/2021), Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengadakan lomba tingkat nasional dalam rangka Hari Bakti Pekerjaan Umum 2021. Lomba yang bertema “Bangga Infrastruktur Negeri Sendiri” ini diikuti oleh puluhan seniman mural dari berbagai daerah. Para peserta yang mengikuti lomba diantaranya berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

[Baca Juga: Rayakan HUT ke-494 DKI Jakarta, Mural Plus Jakarta Hiasi Kepulauan Seribu]

Lomba yang berlokasi di kantor Dinas Pekerjaan Umum Jateng yang berada di kota Semarang tersebut nantinya akan menuangkan karya tentang pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah. Setidaknya ada 29 space dinding yang bisa dilukis dengan ukuran 3 x 3 meter. Sedari pagi para peserta sudah datang ke lokasi acara, mereka mulai mencampurkan cat masing-masing untuk kemudian ditorehkan ke dinding-dinding yang telah disediakan.

lomba muralOK.jpg

Salah satu peserta lomba bernama Arum yang berasal dari Yogyakarta mengatakan jika ia bersama dua orang temannya akan membuat karya tentang jalur penyelamat. Menurutnya lomba ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan dirinya terutama di tingkat nasional. Arum tak membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan konsep karya semi realisnya yang hanya mengandalkan cat dalam persiapannya. “Harapannya terus menyelenggarakan lomba dan lebih ramai lagi,” ujar Arum.

Di sisi lain, Hanung selaku Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengatakan jika lomba ini dimaksudkan untuk melihat infrastruktur Jateng. Ia berharap agar lomba tersebut menjadi sarana sosialisasi program pembangunan infrastruktur yang sudah terlaksana. Pihaknya berharap dengan membuat lukisan tentang infrastruktur tersebut, masyarakat akan merasa ikut memiliki. Hanung juga meyampaikan jika pihaknya sangat terbuka terhadap kritik, karena menurutnya kritik berguna untuk perbaikan ke depannya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.