Lukisan Ilmuan Ternama Dunia Hiasi Kelurahan Lagoa

Pendidikan

Lukisan Ilmuan Ternama Dunia Hiasi Kelurahan Lagoa

Siapa yang tidak mengenal nama Albert Eistein? Ahli fisika yang lahir di Jerman pada tahun 1879 ini dipandang sebagai ilmuan ternama dunia dengan teorinya yang revolusioner di sains. Baru-baru ini, wajah dari Albert Eistein terlihat ditorehkan dalam bentuk lukisan mural di Kelurahan Lagoa yang berada di Kecamatan Koja Jakarta Utara. Lukisan ini melambangkan konsep edukasi yang diangkat sebagai tema dari mural-mural di kelurahan ini.

Pada lukisan mural Albert Einstein itu tertera wajah sang ilmuan ternama dunia yang terlihat sambil menangkupkan tangannya. Inspirasi dari mural ini disinyalir diambil dari salah satu foto Einstein. Selain itu, tertera juga rumus yang dikenal digaungkan olehnya, yakni E=MC2. Di mana ini melambangkan E atau energi dalam suatu sistem itu sama dengan M atau massanya dikalikan dengan C2 atau kecepatan cahaya kuadrat.

[Baca Juga: Terowongan Kendal Jadi “Kanvas” Mural Sister City]

Lukisan mural ini disebut dibentuk atas usaha kerjasama warga serta pemerintah setempat dengan tujuan merealisasikan program “beautifikasi” di Kelurahan Lagoa. Menurut warga setempat, langkah menghias tembok di kawasan pemukiman mereka dengan tema pendidikan merupakan pilihan yang tepat guna membangkitkan semangat anak sekolah di sini dalam meningkatkan pengetahuannya.

“Kami sebagai komponen masyarat mengapresiasi program mural edukasi ini. Cara seperti ini memberikan gairah anak sekolah untuk meningkatkan pengetahuan,” ungkap Ketua Lagoa Community Waridin di Gang III Blok Y RT07-08/RW 08, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/11/2019).

[Baca Juga: Johnson & Johnson Rayakan Universal Childrens Day lewat Muralpedia]

Menurut Waridin, konsep lukisan mural di tembok pemukiman ini berasal dari inisiatif dari warga yang ingin memperindah lingkungan sekaligus menghadirkan ruang edukasi untuk anak-anak sekolah di sekitar dengan menggandeng peran pemerintah dan stakeholder. Di mana warga Kelurahan Lagoa yang menyediakan lukisan demi memberikan kesan warna-warni untuk rumah-rumah di sini dengan para petugas Penanganan Prasarana dan Saranan Umum atau PPSU yang bertugas menghasilkan gambar mural.

Lurah Lagoa Moch Mujakir juga sangat mendukung keberadaan mural edukasi ini dengan salah satunya adalah wajah Albert Einstein serta teorinya. Dengan pihaknya yang ingin lukisan itu dapat menjadi motivasi anak sekolah di Kelurahan Lagoa untuk belajar sambil bermain di sini. Selain Einsein, lukisan mural di tembok kelurahan ini juga terlihat gambar mengenai tata surya, kalimat ajakan untuk belajar serta mengaji.

Read More

Artikel Lainnya

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

Kuliner

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

12 December 2019, 19:00

Restoran A&W Indonesia menghadirkan menu baru yang dibuat praktis untuk para konsumen. Variannya terdiri dari french fries, chicken strips, chicken chunks, dan fries cube.

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

Bisnis

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

12 December 2019, 18:00

RedDoorz bagi bagi promo menginap akhir tahun dengan potongan harga hingga 40 persen. Gunakan kode PINGPOINT40 dalam program promo akhir tahun RedDoorz Sultan.

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Diramaikan Berbagai Inovasi

Berita Kawasan

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Ramai Berbagai Inovasi

12 December 2019, 17:00

Untuk memberikan wadah untuk para instansi di bidang pendidikan dan kesehatan, Kabupaten Bekasi mengadakan Gelar Inovasi Daerah.

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik Sebagai Unit Tanggap Darurat

Kesehatan

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik untuk Unit Tanggap Darurat

12 December 2019, 16:00

Mitsubishi pinjamkan mobil listirk kepada PMI demi menunjang ekspedisi unit tanggap darurat. Kesepakatan kedua belah pihak sudah ditandatangani


Comments


Please Login to leave a comment.