Lukisan Ilmuan Ternama Dunia Hiasi Kelurahan Lagoa

Pendidikan

Lukisan Ilmuan Ternama Dunia Hiasi Kelurahan Lagoa

Siapa yang tidak mengenal nama Albert Eistein? Ahli fisika yang lahir di Jerman pada tahun 1879 ini dipandang sebagai ilmuan ternama dunia dengan teorinya yang revolusioner di sains. Baru-baru ini, wajah dari Albert Eistein terlihat ditorehkan dalam bentuk lukisan mural di Kelurahan Lagoa yang berada di Kecamatan Koja Jakarta Utara. Lukisan ini melambangkan konsep edukasi yang diangkat sebagai tema dari mural-mural di kelurahan ini.

Pada lukisan mural Albert Einstein itu tertera wajah sang ilmuan ternama dunia yang terlihat sambil menangkupkan tangannya. Inspirasi dari mural ini disinyalir diambil dari salah satu foto Einstein. Selain itu, tertera juga rumus yang dikenal digaungkan olehnya, yakni E=MC2. Di mana ini melambangkan E atau energi dalam suatu sistem itu sama dengan M atau massanya dikalikan dengan C2 atau kecepatan cahaya kuadrat.

[Baca Juga: Terowongan Kendal Jadi “Kanvas” Mural Sister City]

Lukisan mural ini disebut dibentuk atas usaha kerjasama warga serta pemerintah setempat dengan tujuan merealisasikan program “beautifikasi” di Kelurahan Lagoa. Menurut warga setempat, langkah menghias tembok di kawasan pemukiman mereka dengan tema pendidikan merupakan pilihan yang tepat guna membangkitkan semangat anak sekolah di sini dalam meningkatkan pengetahuannya.

“Kami sebagai komponen masyarat mengapresiasi program mural edukasi ini. Cara seperti ini memberikan gairah anak sekolah untuk meningkatkan pengetahuan,” ungkap Ketua Lagoa Community Waridin di Gang III Blok Y RT07-08/RW 08, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/11/2019).

[Baca Juga: Johnson & Johnson Rayakan Universal Childrens Day lewat Muralpedia]

Menurut Waridin, konsep lukisan mural di tembok pemukiman ini berasal dari inisiatif dari warga yang ingin memperindah lingkungan sekaligus menghadirkan ruang edukasi untuk anak-anak sekolah di sekitar dengan menggandeng peran pemerintah dan stakeholder. Di mana warga Kelurahan Lagoa yang menyediakan lukisan demi memberikan kesan warna-warni untuk rumah-rumah di sini dengan para petugas Penanganan Prasarana dan Saranan Umum atau PPSU yang bertugas menghasilkan gambar mural.

Lurah Lagoa Moch Mujakir juga sangat mendukung keberadaan mural edukasi ini dengan salah satunya adalah wajah Albert Einstein serta teorinya. Dengan pihaknya yang ingin lukisan itu dapat menjadi motivasi anak sekolah di Kelurahan Lagoa untuk belajar sambil bermain di sini. Selain Einsein, lukisan mural di tembok kelurahan ini juga terlihat gambar mengenai tata surya, kalimat ajakan untuk belajar serta mengaji.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.