PIK_KAWASAN_LUKISAN-MURAL-BERMUNCULAN-UNTUK-MEMPERCANTIK-KOTA-TUA_EMIL_1100-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta terkenal sebagai lokasi wisata para warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena banyaknya museum serta bangunan-bangunan tua, area ini juga menjadi lokasi berburu foto. Namun tampaknya Anda yang suka berburu foto akan semakin senang datang ke lokasi wisata ini. Pasalnya, Kota Tua Jakarta saat ini sudah memiliki lukisan-lukisan mural yang semakin mempercantik kawasan tersebut.

Lukisan mural itu merupakan bagian dari street gallery yang diadakan soft launching-nya pada 6 Oktober 2018. Deretan koridor serta pertokoan di kawasan Kota Tua Jakarta pun disulap menjadi galeri di mana para seniman bisa berekspresi dan membuat karyanya di sini.

Munculnya street gallery yang semakin menarik perhatian pengunjung tersebut tidak terlepas dari peran Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Pecinta Kota Tua Jakarta yang digawangi oleh Khalid Zabidi, Sawaludin Lubis serta Wahyono. Mereka bekerjasama sama dengan para alumni serta mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan para mahasiswa Universitas Paramadina.

Saat soft launching tersebut, para mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual dari Universitas Paramadina terlihat sibuk menggoreskan kuas catnya untuk menciptakan lukisan-lukisan mural di koridor pertokoan Kota Tua Jakarta. Usut punya usut, sebelum menjadi street gallery, koridor ini sering dijadikan tempat mangkal para seniman jalanan yang acap kali menerima pesanan lukisan dari para pengunjung kawasan wisata bersejarah tersebut.

“Diharapkan ke depan banyak kolaborasi yang juga dapat dibangun untuk memperindah kota khususnya Jakarta yang juga punya dampak peningkatan kesadaran dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” ucap Ketua Komunitas Alumni ITB Pecinta Kota Tua sekaligus Dosen Universitas Paramadina, Khalid Zabidi, terkait soft launching street gallery tersebut, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Pihak penyelenggara kegiatan ini berharap langkah mereka dapat semakin memperindah suasana koridor Kota Tua Jakarta yang sebelumnya memiliki kondisi terbengkalai. Selain itu mereka juga berkeinginan agar lukisan-lukisan mural ini juga dapat semakin meningkatkan jumla pengunjung ke Kota Tua Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.