PIK_KAWASAN_LUKISAN-MURAL-BERMUNCULAN-UNTUK-MEMPERCANTIK-KOTA-TUA_EMIL_1100-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta terkenal sebagai lokasi wisata para warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena banyaknya museum serta bangunan-bangunan tua, area ini juga menjadi lokasi berburu foto. Namun tampaknya Anda yang suka berburu foto akan semakin senang datang ke lokasi wisata ini. Pasalnya, Kota Tua Jakarta saat ini sudah memiliki lukisan-lukisan mural yang semakin mempercantik kawasan tersebut.

Lukisan mural itu merupakan bagian dari street gallery yang diadakan soft launching-nya pada 6 Oktober 2018. Deretan koridor serta pertokoan di kawasan Kota Tua Jakarta pun disulap menjadi galeri di mana para seniman bisa berekspresi dan membuat karyanya di sini.

Munculnya street gallery yang semakin menarik perhatian pengunjung tersebut tidak terlepas dari peran Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Pecinta Kota Tua Jakarta yang digawangi oleh Khalid Zabidi, Sawaludin Lubis serta Wahyono. Mereka bekerjasama sama dengan para alumni serta mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan para mahasiswa Universitas Paramadina.

Saat soft launching tersebut, para mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual dari Universitas Paramadina terlihat sibuk menggoreskan kuas catnya untuk menciptakan lukisan-lukisan mural di koridor pertokoan Kota Tua Jakarta. Usut punya usut, sebelum menjadi street gallery, koridor ini sering dijadikan tempat mangkal para seniman jalanan yang acap kali menerima pesanan lukisan dari para pengunjung kawasan wisata bersejarah tersebut.

“Diharapkan ke depan banyak kolaborasi yang juga dapat dibangun untuk memperindah kota khususnya Jakarta yang juga punya dampak peningkatan kesadaran dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” ucap Ketua Komunitas Alumni ITB Pecinta Kota Tua sekaligus Dosen Universitas Paramadina, Khalid Zabidi, terkait soft launching street gallery tersebut, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Pihak penyelenggara kegiatan ini berharap langkah mereka dapat semakin memperindah suasana koridor Kota Tua Jakarta yang sebelumnya memiliki kondisi terbengkalai. Selain itu mereka juga berkeinginan agar lukisan-lukisan mural ini juga dapat semakin meningkatkan jumla pengunjung ke Kota Tua Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir

Berita Kawasan

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir dari Masa ke Masa

22 October 2019, 20:00  |  5 Views

Stasiun Gambir dulunya halte kereta api yang menghubungkan kawasan Gambir dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Stasiun ini pernah direnovasi besar-besaran.

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai Pada Desember 2019

Berita Kawasan

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai pada Desember 2019

22 October 2019, 19:00  |  5 Views

Wali Kota Bogor baru-baru ini meninjau proyek flyover RE Martadinata dan optimistis kalau jalan layang ini dapat rampung sesuai target.

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Kesehatan

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?

22 October 2019, 18:00  |  5 Views

Ternyata terdapat penjelasan secara ilmiah yang memicu orang berjalan bolak-balik ketika sedang berbicara di telepon, khususnya ponsel.

Garena Bagi-Bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event, Oktober 2019

Berita Kawasan

Garena Bagi-bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event

22 October 2019, 17:00  |  7 Views

Menyambut perayaan Halloween, Garena tidak hanya bagi-bagi hadiah namun merespons baik keinginan komunitas CODM dengan baik di Oktober 2019 ini.


Comments


Please Login to leave a comment.