PIK_KAWASAN_LUKISAN-MURAL-BERMUNCULAN-UNTUK-MEMPERCANTIK-KOTA-TUA_EMIL_1100-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta terkenal sebagai lokasi wisata para warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena banyaknya museum serta bangunan-bangunan tua, area ini juga menjadi lokasi berburu foto. Namun tampaknya Anda yang suka berburu foto akan semakin senang datang ke lokasi wisata ini. Pasalnya, Kota Tua Jakarta saat ini sudah memiliki lukisan-lukisan mural yang semakin mempercantik kawasan tersebut.

Lukisan mural itu merupakan bagian dari street gallery yang diadakan soft launching-nya pada 6 Oktober 2018. Deretan koridor serta pertokoan di kawasan Kota Tua Jakarta pun disulap menjadi galeri di mana para seniman bisa berekspresi dan membuat karyanya di sini.

Munculnya street gallery yang semakin menarik perhatian pengunjung tersebut tidak terlepas dari peran Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Pecinta Kota Tua Jakarta yang digawangi oleh Khalid Zabidi, Sawaludin Lubis serta Wahyono. Mereka bekerjasama sama dengan para alumni serta mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan para mahasiswa Universitas Paramadina.

Saat soft launching tersebut, para mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual dari Universitas Paramadina terlihat sibuk menggoreskan kuas catnya untuk menciptakan lukisan-lukisan mural di koridor pertokoan Kota Tua Jakarta. Usut punya usut, sebelum menjadi street gallery, koridor ini sering dijadikan tempat mangkal para seniman jalanan yang acap kali menerima pesanan lukisan dari para pengunjung kawasan wisata bersejarah tersebut.

“Diharapkan ke depan banyak kolaborasi yang juga dapat dibangun untuk memperindah kota khususnya Jakarta yang juga punya dampak peningkatan kesadaran dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” ucap Ketua Komunitas Alumni ITB Pecinta Kota Tua sekaligus Dosen Universitas Paramadina, Khalid Zabidi, terkait soft launching street gallery tersebut, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Pihak penyelenggara kegiatan ini berharap langkah mereka dapat semakin memperindah suasana koridor Kota Tua Jakarta yang sebelumnya memiliki kondisi terbengkalai. Selain itu mereka juga berkeinginan agar lukisan-lukisan mural ini juga dapat semakin meningkatkan jumla pengunjung ke Kota Tua Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.