Lumbung Kelurahan Fasilitasi Warga Semarang Menyumbang Sembako

Berita Kawasan

Lumbung Kelurahan Fasilitasi Warga Semarang Menyumbang Sembako

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerangkan lumbung kelurahan adalah fasilitas bagi warga yang mampu untuk membantu warga lainnya yang kurang mampu dalam mencukupi pangan sehari-hari.

Pasalnya, 200.000 paket sembako yang akan didistribusikan Pemkot mulai minggu depan ke lumbung kelurahan di seluruh wilayah Kota Semarang hanya dapat membantu warga memenuhi kebutuhan pangannya selama 1-2 minggu.

Selebihnya, pria yang akrab disapa Hendi itu mengatakan, warga yang mampu dapat menutupi kebutuhan warga sekitar yang kurang mampu dengan menyumbang sembako melalui lumbung kelurahan tersebut.

Lumbung Kelurahan Fasilitasi Warga Semarang Menyumbang Sembako

“Selebihnya [setelah satu sampai dua minggu] bagaimana? Inilah fungsi lumbung kelurahan, yaitu untuk memfasilitasi keluarga yang mampu untuk bisa meng-cover warga sekitar, atau bahkan kalau tergolong sangat mampu didorong untuk meng-cover lebih luas lagi,” jelas Hendi, dikutip semarang.kompas.com (09/04/2020).

Ia berharap, adanya lumbung kelurahan bisa mendorong aktivitas bahu-membahu antar warga di tengah pandemi COVID-19. Sembako yang didistribusikan kepada warga yang membutuhkan diharapkan menolong mereka untuk bertahan di rumah guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Hendi berharap usaha pembubaran masyarakat yang masih bergerombol di Kota Semarang dapat lebih intensif setelah pendistribusian sembako ini.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi]

Kemudian, Hendi pun mengimbau masyarakat dapat membantu Pemkot Semarang dalam mendata Orang Dalam Pemantauan (ODP), caranya mengaktifkan portal di gang-gang.

“Juga dengan mengaktifkan portal-portal di gang-gang guna membatasi akses yang berlalu lalang, dan lebih mudah mendata masyarakat yang masuk dalam kategori ODP untuk dipantau,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemkot Semarang juga telah meringankan biaya PDAM, menggratiskan retribusi pedagang kaki lima, dan retribusi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) guna membantu mengurangi beban masyarakat di masa pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19]

Masyarakat yang menggunakan PDAM akan mendapatkan diskon 20 persen untuk periode April hingga Juni 2020. Tagihan PDAM bulan April mendapat potongan saat pembayaran di bulan Mei, begitu pun untuk dua bulan berikutnya.

Sementara itu masyarakat yang tak perlu membayar retribusi Rusunawa adalah mereka yang tinggal di tujuh Rusunawa pengelolaan Pemkot Semarang. Penggratisan retribusi PKL berlaku untuk yang berjualan di tepi jalan Kota Semarang. Gratis retribusi PKL berlaku untuk tiga bulan ke depan.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    QQHarian.club Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Info lanjut ? langsung hubungi CS nya guys.

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    sport165 juga memberikan banyak Promo Bonus Istimewa yang tiada duanya antara lain : - Bonus New Member Up To 2 Jt - Bonus Next Deposit Up To 1 Jt /hari (bisa BerXX) - Bonus Cashback Mingguan 5% - Bonus Rolling Mingguan Up To 0.8% - Bonus TurnOver Poker Up To 0.6% - Bonus Referral Up To 5% - Dan masih Banyak Lagi segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Click Disini</a>

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88,net rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>