Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan Akibat Penerbitan e-KTP, Kok Bisa.jpg

Berita Kawasan

Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan Akibat Penerbitan e-KTP, Kok Bisa?

Pada akhir pekan kemarin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi menonaktifkan Asep Subahan yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah Grogol Selatan. Pencopotan Asep ini disinyalir dipicu penerbitan KTP Elektronik alias e-KTP untuk Djoko Sugiarto Tjandra yang sebenarnya berstatus sebagai buronan sejak tahun 2009. Akibat tindakannya itu, Lurah Grogol Selatan tersebut dipandang menyalahgunakan jabatannya untuk membantu Djoko beberapa bulan lalu.

Penerbitan e-KTP buronan kasus hak tagih Bank Bali yang memicu kerugian hingga ratusan miliar itu memicu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan geram. Ini terbukti dari keputusan untuk menonaktifkan Aseh Subahan sejak 9 Juli 2020 dan Anies baru mengeluarkan pernyataan resminya terkait hal tersebut pada 12 Juli 2020. Di mana pernyataan ini dikeluarkan usai Inspektoran Provinsi DKI Jakarta menggelar penyelidikannya.

Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan Akibat Penerbitan e-KTP, Kok Bisa .jpg

“Laporan investigasi inspektorat sudah selesai dan jelas terlihat bahwa yang bersangkutan telah melanggar prosedur penertiban KTP-el (e-KTP) tersebut. Ini fatal, tidak seharusnya terjadi. Yang bersangkutan telah dinonaktifkan dan akan dilakukan penyelidikan lebih jauh,” jelas Anies Baswedan, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (12/7/2020).

Senada dengan penjelasan Gubernur DKI Jakarta, Kepala Provinsi DKI Jakarta Michael Rolandi pada 11 Juli 2020 sudah merunut apa saja fakta yang ditemukan dari penyelidikan terhadap penerbitan e-KTP. Berdasarkan investigasi pihaknya, penyalahgunana tugas ini dimulai pada Mei lalu. Ketika Lurah Grogol Selatan bertemu dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Di sini Anita disebut mengajukan pengecekan status kependudukan klien yang berstatus buronan kasus Bank Bali tersebut.

[Baca Juga: Warga Bogor, Cek E-KTP Anda Sudah Dicetak atau Belum Di Sini]

Tak lama setelah itu, Asep Subahan meminta pihak Kelurahan Grogol Selatan mengecek status Djoko Tjandra dan ini berlanjut pada 8 Juni 2020 dengan Lurah Grogol Selatan itu bertemu dengan rombongan Djoko. Pada waktu ini, Asep Subahan meminta operator di bagian Satuan Pelaksana (Satpel) Kependudukan dan Pencacatan Kelurahan Grogol Selatan untuk langsung memproses pembuatan e-KTP Djoko Tjandra dengan hanya memperlihatkan soft copy KTP serta Kartu Keluarga yang tersimpan di ponsel Asep.

Selama proses pembuatan e-KTP tersebut, Lurah Grogol Selatan itu terus menunggu hingga diterbitkan. Tak lama setelah itu, Asep Subahan langsung membawa e-KTP buronan kasus Bank Bali itu dan disebut langsung menyerahkannya kepada Djoko Sugiarto. Atas tindakannya ini, Pemprov DKI Jakarta memutuskan menyalahgunakan jabatannya dan memicu operator Satpel kependudukan dan Pencacatan Sipil Kelurahan Grogol Selatan tak menjalankan tugasnya sesuai prosedur. Usai Asep Subahan dicopot, jabatan Lurah Grogol Selatan untuk saat ini diambil alih Camat Kebayoran Lama Aroman Nimbang.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 year, 10 months lalu
    emma

    Hanya di qqharian website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>