Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

Berita Kawasan

Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

Tidak bisa dipungkiri bahwa Kampung Inggris Pare, Jawa Timur, memiliki daya tarik yang membuat banyak orang berkunjung. Pasalnya, selain menjadi tempat untuk mempelajari bahasa Inggris, Kampung Inggris juga menjadi destinasi wisata karena keunikannya yang di mana hampir semua orang di sana bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Sehingga tidak heran bila beberapa wilayah di Indonesia juga berusaha menerapkan konsep yang serupa dan tampaknya di kelurahan Sempur, Kota Bogor, tidak lama lagi Kampung Inggris akan hadir.

Rencana didirikannya Kampung Inggris di kelurahan yang terkenal dengan Taman Sempur ini sebenarnya dicanangkan oleh Lurah Sempur Marissa yang belum lama ini dilantik. Salah satu Lurah Muda Kota Bogor tersebut berpikir bahwa Kampung Inggris juga dapat bermanfaat untuk pendidikan para warga di kelurahannya.

Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

“Untuk Kampung Inggris, saya sedang membuat skemanya dulu, kerangkanya seperti apa. Nah, nanti akan disosialisasikan kepada RT/RW setelah itu nanti kita publikasikan,” ucapnya, sebagaimana dikutip dari megapolitan.antaranews.com (26/6/2019). Menariknya, wacana ini sebenarnya dimulai ketika Marissa berbicang dengan suaminya yang memang fasih berbahasa Inggris.

[Baca Juga: Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis]

Selain itu, perempuan yang kerap disapa Ica itu memang telah akrab dengan konsep Kampung Inggris. Hal ini didukung juga dengan pengalamannya yang pernah ikut dalam proses penerapan Kampung Inggris di Kelurahan Cilendek, Kota Bogor.

Menurut Marissa, Kampung Inggris di Cilendek mendapatkan respons yang positif dari berbagai pihak di sana dan hal yang sama dipandang juga berlaku di Kelurahan Sempur. “Ikut membantu masyarakat kurang mampu juga yatim belajar berbagasa Inggris gratis, tidak dipungut biaya. Di sini antusias, para RT dan RW menyambut baik program saya itu,” tambahnya.

[Baca Juga: Kunjungan Wakil Wali Kota Dongxing China di Balai Kota Bogor]

Selain di Kota Bogor, Kampung Inggris sebenarnya juga sudah ada yang diterapkan di kawasan Kabupaten Bogor. Pertama adalah di Zona Madina yang berada di Jalan Raya Parung, tepatnya di Kampung Wisata D’Jampang. Kampung Inggris ini dibentuk atas kerjasama warga serta aparatur setempat dengan Lembaga Dompet Dhuafa. Di sini, menjadi lokasi tempat anak-anak kurang mampu dapat belajar berbahasa Inggris yang sekaligus juga menjadi objek wisata.

Selain di Kampung Wisata D’Jampang, Kampung Inggris kedua ada di Kampung Tegal Bintang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kampung Inggris ini didirikan oleh Yayasan Raudhatul Ulum pada tahun 2018 dan merupakan hasil kerjasama dengan Kampung Inggris Pare.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.