Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

Berita Kawasan

Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

Tidak bisa dipungkiri bahwa Kampung Inggris Pare, Jawa Timur, memiliki daya tarik yang membuat banyak orang berkunjung. Pasalnya, selain menjadi tempat untuk mempelajari bahasa Inggris, Kampung Inggris juga menjadi destinasi wisata karena keunikannya yang di mana hampir semua orang di sana bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Sehingga tidak heran bila beberapa wilayah di Indonesia juga berusaha menerapkan konsep yang serupa dan tampaknya di kelurahan Sempur, Kota Bogor, tidak lama lagi Kampung Inggris akan hadir.

Rencana didirikannya Kampung Inggris di kelurahan yang terkenal dengan Taman Sempur ini sebenarnya dicanangkan oleh Lurah Sempur Marissa yang belum lama ini dilantik. Salah satu Lurah Muda Kota Bogor tersebut berpikir bahwa Kampung Inggris juga dapat bermanfaat untuk pendidikan para warga di kelurahannya.

Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya

“Untuk Kampung Inggris, saya sedang membuat skemanya dulu, kerangkanya seperti apa. Nah, nanti akan disosialisasikan kepada RT/RW setelah itu nanti kita publikasikan,” ucapnya, sebagaimana dikutip dari megapolitan.antaranews.com (26/6/2019). Menariknya, wacana ini sebenarnya dimulai ketika Marissa berbicang dengan suaminya yang memang fasih berbahasa Inggris.

[Baca Juga: Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis]

Selain itu, perempuan yang kerap disapa Ica itu memang telah akrab dengan konsep Kampung Inggris. Hal ini didukung juga dengan pengalamannya yang pernah ikut dalam proses penerapan Kampung Inggris di Kelurahan Cilendek, Kota Bogor.

Menurut Marissa, Kampung Inggris di Cilendek mendapatkan respons yang positif dari berbagai pihak di sana dan hal yang sama dipandang juga berlaku di Kelurahan Sempur. “Ikut membantu masyarakat kurang mampu juga yatim belajar berbagasa Inggris gratis, tidak dipungut biaya. Di sini antusias, para RT dan RW menyambut baik program saya itu,” tambahnya.

[Baca Juga: Kunjungan Wakil Wali Kota Dongxing China di Balai Kota Bogor]

Selain di Kota Bogor, Kampung Inggris sebenarnya juga sudah ada yang diterapkan di kawasan Kabupaten Bogor. Pertama adalah di Zona Madina yang berada di Jalan Raya Parung, tepatnya di Kampung Wisata D’Jampang. Kampung Inggris ini dibentuk atas kerjasama warga serta aparatur setempat dengan Lembaga Dompet Dhuafa. Di sini, menjadi lokasi tempat anak-anak kurang mampu dapat belajar berbahasa Inggris yang sekaligus juga menjadi objek wisata.

Selain di Kampung Wisata D’Jampang, Kampung Inggris kedua ada di Kampung Tegal Bintang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kampung Inggris ini didirikan oleh Yayasan Raudhatul Ulum pada tahun 2018 dan merupakan hasil kerjasama dengan Kampung Inggris Pare.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.