Madani Film Festival 2020 Tampilkan Rhoma Irama Gitar dan Dakwah

Hobi dan Hiburan

Madani Film Festival 2020 Tampilkan Rhoma Irama "Gitar dan Dakwah"

Menginjak tahun ketiga, Madani Film Festival akan digelar pada 20 November hingga 4 Desember 2020. Dipersembahkan oleh Dewan Kesenian Jakarta, Madani Film Festival tahun ini mengangkat tema Re(dis)covery. Tema ini diambil dari kata recovery yang bermakna pemulihan, dan rediscovery yang berarti penemuan kembali.

Sebagai sajian spesial, festival ini menampilkan program fokus pada sosok legenda Indonesia, Rhoma Irama. Sekalipun lebih dikenal sebagai seorang musisi, Rhoma Irama juga sangat produktif di dunia film, sejak kisaran 1970-an. Tercatat 29 film telah ia bintangi. Sebuah jumlah yang tak sedikit.

Madani Film Festival 2020 Tampilkan Rhoma Irama Gitar dan Dakwah

Tak hanya ingin mengajak publik bernostalgia dengan film-film Rhoma Irama, programmer Madani Film Festival melihat sosok Rhoma melalui berbagai filmnya, memberi pengaruh besar pada masyarakat Indonesia. Film-film Rhoma kerap menunjukkan keragaman masyarakat pada masanya, dan juga diisi dengan dakwah kritis terhadap pemerintahan Orde Baru. Sebagian kritik itu, jika dilihat teliti, masih bisa relevan dengan kondisi saat ini.

Maka, selain menyediakan akses terhadap film Rhoma Irama, Madani Film Festival akan melengkapinya dengan pembacaan baru, yang berupaya menemukan ulang, sebuah rediscovery dari makna film-film Rhoma Irama bagi Indonesia masa kini. Akan ada sebuah diskusi dan talk-show yang menghadirkan Rhoma Irama dengan Garin Nugroho. Garin Nugroho menegaskan bahwa film-film Rhoma Irama akan bisa dinikmati oleh kaum muda saat ini karena masih relevan. Rhoma menunjukkan kegairahan anak muda dan pencarian diri pada film-filmnya.

[Baca Juga: Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam]

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Madani Film Festival 2020 RE(DIS)COVERY juga akan menghadirkan berbagai film dari banyak negara, dengan harapan melalui film, masyarakat Indonesia bisa memahami dan belajar tentang keberagaman kebudayaan kaum muslim di belahan dunia lain. “Selain film dalam negeri, kami juga akan menghadirkan film dari negara-negara seperti Iran, Afghanistan, Thailand dan beberapa negara lain,” ucap Sugar Nadia, Direktur Festival dari Madani Film Festival 2020.

Tak hanya pemutaran film, Sugar menyebut akan ada program penting lain di Madani Film Festival 2020. Program-program itu antara lain, serial diskusi publik, workshop dan peluncuran buku. Salah satu buku yang akan diluncurkan dalam Madani Film Festival adalah Memoar Garin Nugroho: Era Emas Film Indonesia, karya Garin Nugroho, yang juga salah satu anggota Dewan Festival Madani.

Program-program Madani Film Festival dapat diikuti masyarakat luas secara online melalui platform Kwikku.com, Viddsee, serta kanal YouTube Madani Film Festival dan kanal YouTube Dewan Kesenian Jakarta. “Tentu saja penyelenggaraan secara online memiliki tantangan tersendiri, mengingat kami juga baru kali ini menggelar festival secara full-online. Namun hal positifnya, festival ini bisa dinikmati oleh masyarakat di berbagai penjuru Indonesia secara langsung,” lanjut Sugar.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.