Mahasiswa ITB Pelajari Pengolahan Lumpur Tinja di PD PAL Jaya

Pendidikan

Mahasiswa ITB Pelajari Pengolahan Lumpur Tinja di PD PAL Jaya

PD PAL Jaya menerima kunjungan lapangan mahasiswa Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 22 Maret 2019. Manajer Opersional dan Pemeliharaan Adri Pontianti memaparkan kepada para mahasiswa tentang perpipaan dan sistem nonperpipaan, produk onsite, serta teknologi yang diterapkan di MBBR (Moving Bed Biofilm Reactor) Waduk Setiabudi.

Selain itu, seperti diberitakan di situs resmi paljaya.com (23/4/2019), juga ada pemaparan dari Dinas Sumber Daya Air (DSDA) DKI Jakarta Firman terkait proyek strategis nasional Jakarta Sewerage System (JSS) zona 1, 2, 5, dan 6. Dia juga menjelaskan teknologi Intalasi. Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik sistem MBR untuk zona 1.

[Baca Juga: Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air]

Para mahasiswa ini sangat antusias dengan penjelasan dan pengetahuan yang didapatkan dari pemaparan tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat rumah pompa milik DSDA dan IPAL MBBR.

Mahasiswa ITB Pelajari Pengolahan Lumpur Tinja di PD PAL Jaya

PD PAL Jaya memiliki Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang menghasilkan lumpur. Lumpur ini memiliki potensi untuk dijadikan briket yang dapat dikonversi menjadi bahan bakar kompor briket (waste to energy) maupun listrik (waste to power).

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Untuk mewujudkannya PD PAL Jaya mengadakan kerjasama dengan STT PLN untuk melakukan riset dan pengembangan pemanfaatan lumpur hasil olahan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) tersebut. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan sanitasi di Jakarta dan pemanfaatan lumpur hasil olahan tinja yang dihasilkan. Inilah yang dipelajari oleh para mahasiswa ITB tersebut.

Seperti diberitakan dalam beritajakarta.id sebelumnya, PD PAL Jaya tengah melakukan pengerukan sekaligus perbaikan kolam pengolahan lumpur tinja di Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

[Baca Juga: Perkembangan Taman Waduk Pluit]

Kegiatan tersebut dilakukan untuk optimalisasi pengolahan lumpur tinja pada sistem konvensional. Kepala Sub IPLT Duri Kosambi PD PAL Jaya Rommel Sitompul dalam kesempatan berbeda mengatakan, kondisi kolam di lokasi sudah dipenuhi lumpur, kering dan lama tidak dikeruk sehingga tidak difungsikan.

Ia menjelaskan, kolam lumpur yang memiliki luas 50x40 meter persegi dengan kedalaman satu meter ini akan difungsikan menjadi wadah penampung air limbah. Pengerjaan pengerukan dan perbaikan kolam tersebut ditargetkan selesai akhir Mei 2019 nanti.

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.