Mahasiswa KKN Kebangsaan 2021 Manfaatkan Sampah Plastik di TPA Menjadi Nilai Guna.jpg

Properti dan Solusi

Mahasiswa KKN Kebangsaan 2021 Manfaatkan Sampah Plastik di TPA

Universitas Pendidikan Indonesia dan beberapa kampus lainnya melakukan KKN Kebangsaan (Kuliah Kerja Nyata) yang termasuk dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Posko KKN Kebangsaan ini berlokasi di Dusun Pasir Putih, Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Kali ini yang akan melakukan programnya yaitu Posko 7 KKN Kebangsaan. Dalam melakukan program, Posko 7 KKN Kebangsaan berusaha mengedukasi masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Pasir Putih mengenai pengelolaan sampah, bahwa sampah plastik bukan hanya sekedar sampah, tetapi bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai jika dikelola dengan tepat.

Melansir dari laman berita.upi.edu, dilakukannya program kerja ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang tidak terkelola dengan baik, khususnya sampah plastik, di Tempat Pembuangan Akhir Tanjung Jabung Timur yang berlokasi di Teluk Dawan.

Ini 3 Brand Besar Penyumbang Sampah Plastik Terbanyak Sedunia

Sebetulnya, ada banyak cara dalam mengelola sampah plastik agar tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. Salah satunya dengan pembuatan Ecobrick, suatu proses pengolahan sampah plastik yang ramah lingkungan serta tidak memerlukan biaya tinggi.

Ecobrick sendiri berasal dari kata “Eco” yang berarti lingkungan, dan “brick” yang berarti bata, jika digabung artinya secara umum menjadi sebuah bata yang ramah lingkungan. Dalam arti yang sebenarnya Ecobrick merupakan pemanfaatan sampah plastik agar ramah lingkungan dan dijadikan sebagai barang berdaya guna seperti kursi, meja atau yang lainnya.

Sebelum memulai pembuatan Ecobrick, Mahasiswa KKN Kebangsaan Posko 7 ini berkoordinasi dengan penjaga TPA, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan kepala Kelurahan Teluk Dawan. Setelah mendapatkan respons positif dan dukungan dari beberapa pihak, mahasiswa KKN Kebangsaan langsung mengumpulkan dan memilah sampah plastik yang ada di TPA Tanjabtim.

[Baca Juga: 3 Besar 2020: Brand Penyumbang Sampah Plastik Terbanyak Sedunia]

Manfaat utama dari pembuatan Ecobrick ini tentu datang dari aspek pengelolaan limbah plastik. Dari sisi fungsional, manfaat Ecobrick diketahui sering menjadi material dasar dalam memproduksi sebuah barang. Seperti pembuatan furnitur, perabotan indoor, hingga material pembentuk sebuah bangunan. Meskipun sederhana, Ecobrick benar-benar dapat menjadi material substitusi bangunan layaknya batu bata merah.

Lebih lanjut mereka menjelaskan mengenai langkah-langkah pembuatan ecobrick. Berikut, PingPoint.co.id, melalui laman resmi berita.upi.edu, merangkumnya dalam ulasan di bawah ini!

  1. Mengambil Botol ukuran 2 Liter
  2. Mencuci semua botol dan sampah plastik menggunakan air bersih yang sudah dicampur dengan sabun anti bakteri
  3. Keringkan semua botol tersebut menggunakan lap bersih atau bisa juga dengan cara di Jemur
  4. Masukkan sampah plastik yang sudah kering kedalam botol. Jika sampah plastik berukuran besar, potong menggunakan gunting
  5. Padatkan sampah plastik menggunakan kayu atau alat lain ke seluruh ruangan botol. Ecobrick yang baik adalah tidak kempes dan tidak mengeluarkan bunyi ketika ditekan.
  6. Tutup botol tersebut dengan rapat jika sudah menyelesaikan satu Ecobrick.

Setelah selesai penyusunan Ecobrick menjadi kursi, Mahasiswa KKN Kebangsaan Posko 7 ini menyerahkannya kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang nantinya akan di simpan di taman yang ditentukan oleh DLH Tanjabtim. Pembuatan dan penyerahan Ecobrick ini selalu berkoordinasi dengan Masyarakat, pihak Kelurahan dan kecamatan agar Program ini bisa di teruskan oleh masyarakat, khususnya Masyarakat Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.