DUREN SAWIT-PENDIDIKAN-MAHASISWA MERCU BUANA BERI PELATIHAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA DIPONEGORO 2-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Mahasiswa Mercu Buana Beri Pelatihan Siswa SMA Diponegoro 2

Pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya sudah sangat banyak, dikutip dari techno.kompas.com, menurut penelitian yang dilakukan We are Social, sebuah perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite menyatakan rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam dalam sehari untuk bermedia sosial. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia yang banyak menghabiskan waktunya di media sosial.

Masih dari sumber yang sama, pengguna media sosial khususnya Facebook di dominasi golongan usia 18-24 tahun, belum lagi media sosial lain seperti Instagram, WhatsApp, dan Youtube. Pengguna media sosial dengan jumlah masif ini membuat postingan hoaks banyak berlalu lalang. Kemudahan membagikan informasi di setiap platform media sosial, memudahkan banyak orang membagikan berita yang belum tentu benar.

[Baca Juga: 5 Prodi yang Banyak Diperebutkan Calon Mahasiswa IPB]

Hal tersebut lah yang membuat Mahasiswa Universitas Mercu Buana memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial pada pelajar. Kegiatan ini terlaksana sebagai bukti peduli mahasiswa terhadap maraknya perilaku kurang terpuji pada kalangan pelajar dalam menggunakan media sosial. Perilaku yang dianggap kurang baik dalam media sosial ini juga bisa menjerat mereka ke dalam ancaman UU ITE.

Kekuatan Media Sosial

Maka dari itu Mahasiswa Universitas Mercu Buana membuat pelatihan pemanfaatan media sosial dengan tajuk ‘Medsos Power: Tinggal Posting Bisa Tajir’. Dalam acara ini, sejumlah mahasiswa dari Jurusan Marketing Communication and Advertising Universitas Mercu Buana itu membagikan materi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai alat mencari uang atau menjadi pengusaha muda.

“Pelatihan ini dilakukan berdasarkan dari data yang kita pelajari, banyak hal negatif yang diawali dari penyalahgunaan media sosial, seperti galau melulu dan menyebarkan hoaks,” ujar Jatnika Nafis Ahmad, Ketua Pelaksana Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial di SMA Diponegoro 2, Jakarta Timur, Rabu (21/11/2018).

Dari press realese yang diterima PingPoint pada Senin (26/11/2018), pelajar yang menjadi peserta pelatihan ini juga merasa senang dan sangat terbantu dengan materi yang diberikan. Bahkan peserta sangat antusias dan aktif untuk bertanya seputar mengembangkan bisnis di media sosial.

[Baca Juga: KAWN, Aplikasi Kasir Daring Aman dan Akurat]

“Kegiatannya bagus. (Saya) sangat terbantu buat ke depannya, kita jadi bisa jualan di media sosial jadi sehingga tak perlu lagi meminta uang ke orang tua,” ungkap Kartika, murid SMA Diponegoro 2, yang menjadi peserta pelatihan.

Materi yang dibagikan kepada siswa pun beragam, mulai dari jenis-jenis konten yang ada di media sosial, cara memulai bisnis di media sosial, dan teknik fotografi dengan menggunakan telepon genggam.

Media sosial bukan hanya untuk wadah dan galeri pribadi saja, ada baiknya pelajar memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk melangkah menjadi pengusaha. Hal ini turut di perkuat oleh pernyataan dosen pendamping Mahasiswa Universitas Mercu Buana, Berliany Ardha, S.E., M.Si. “Saya melihat masih banyak pelajar hanya liat judul, lalu tanpa baca dan cek keabsahannya langsung di like atau share. Acara ini sangat bermanfaat untuk pelajar. Diharapkan lewat acara ini para pelajar dapat memanfaatkan media sosial mereka,” ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

Berita Kawasan

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

09 April 2020, 10:00

Untuk menghentikan penyebaran COVID-19, PSBB akan efektif mulai dari tanggal 10 mendatang hingga 14 hari setelahnya.

Kangen Ngopi Ini Rekomendasi Coffe Shop yang Sedia Kopi Literan

Kuliner

Kangen Ngopi? Ini Rekomendasi Coffe Shop yang Sedia Kopi Literan

09 April 2020, 09:00

Ketika nongkrong di kafe tidak lagi bisa menjadi pilihan Anda, kami punya rekomendasi coffee shop yang menjual kopi literan. Stok kopi Anda aman untuk menikmatinya di rumah.

Menelisik Perkembangan Anak Penyandang Autisme

Pendidikan

Menelisik Perkembangan Anak dengan Autisme

09 April 2020, 08:00

Dalam tumbuh kembang buah hatinya, Erita melihat bagaimana perubahan yang terjadi dari putranya dengan bertambahnya usia. Butuh kesabaran dan kasih sayang tanpa mengenal waktu.

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan

Bersinergi Menggugah Kesadaran Terhadap Autisme

09 April 2020, 07:00

Di masa pandemi COVID-19, perlu ada pergeseran cara dalam untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap autisme.


Comments


Please Login to leave a comment.