Mahasiswa UMN

Pendidikan

Mahasiswa Perhotelan UMN Raih Juara Favorit Kreasi Pangan Lokal

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang kembali mengukir prestasi ikonik di perhelatan nasional. Salah satu kampus swasta terbesar di Tangerang Raya tersebut, lewat dua mahasiswanya, berhasil menyandang gelar juara favorit di ajang kompetisi “Kreasi Pangan Lokal Nusantara 2021” yang diadakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia beberapa hari yang lalu.

Juaneta Abigail dan Darlene Calisa Wijaya, keduanya mahasiswa Perhotelan UMN Tangerang, berhasil menyingkirikan 100 lebih peserta lain di ajang kompetisi pengolahan pangan lokal paling prestisius tersebut. Lebih buah inovasi dan kreativitas keduanya, gelar juara favorit berhasil didapatkan melalui olahan pangan lokal dengan tajuk “Sorgum Hitam, Udang Asam Garam, dan Tebu Kari Hijau.”

[Baca Juga: Kolaborasi Dinkes Tangerang Selatan dan UMN, Hasilkan Aplikasi Pelayanan Kesehatan]

Olahan pangan lokal yang unik dan ikonik tersebut berhasil disajikan dengan cukup menarik. Mulai dari pemilihan bahan, proses pengolahan, hingga cita rasa dan kandungan matangnya berhasil menggugah dewan juri dan peserta lain yang turut meramaikan gelaran kompetisi. Tak heran, prestasi juara favorit berhasil disandang dan dibawa pulang ke kampus UMN Tangerang.

“Daya tarik utama dari masakan kita bisa dibilang pada penggunaan pangan dan bahan lokal. Di sini, kita menggunakan sorgum, salah satu pangan lokal pengganti karbohidrat. Dan telur tebu, salah satu bahan lokal yang jarang kita temui.” Ujar Juaneta menjelaskan ringkas olahannya.

Mahasiswa UMN

Keberhasilan meraih prestasi ini juga mendapat banyak apresiasi, terlebih dari pihak Program Studi Perhotelan UMN Tangerang sendiri. Seperti yang diutarakan Oqke Prawira, Ketua Program Studi Perhotelan UMN, sekaligus salah satu dosen yang turut membantu membimbing perencanaan dari awal persiapan mengungkapkan keberhasilan yang diraih bukan tanpa sebab, pengolahan bahan-bahan pangan lokal yang dipilih selain langka, disajikan dengan kualitas terbaik.

“Sebelumnya, telah banyak percobaan yang dilakukan untuk menghasilkan sorgum terbaik. Tidak hanya fokus pengolahan dari segi tekstur, tetapi juga cita rasa dan penampilan sorgumnya turut menjadi perhatian. Modifikasi juga dilakukan untuk menu protein dan sayuran sebagai pelengkap di menu tersebut.” Jelas Oqke Prawira, Dosen dan Ketua Program Studi Perhotelan UMN Tangerang.

Mahasiswa UMN

Catatan lain yang menarik dari keberhasilan ini juga terletak pada penyajian olahan pangan lokal yang sarat akan kuliner mewah dan kebaharuan. Kompisisi yang seimbang membuat banyak kalangan tertarik dan terkesan akan olahan yang dihasilkan dari dua mahasiswa Perhotelan UMN Tangerang berprestasi tersebut.

“Sehingga pada hasil akhirnya adalah didapatkan komposisi yang seimbang dalam satu piring makanan yang menghasilkan makanan yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, terutama millennial – anak muda.” Tambahnya.

Keberhasilan ini menjadi kebanggaan civitas akademikan UMN Tangerang secara umum. Serta menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain, terkhusus Perhotelan, untuk menuangkan ide-ide terbaru yang menarik untuk diolah menjadi sajian makanan berkualitas tinggi dengan teknik-teknik penyajian dan pengolahan yang selama ini telah diajarkan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.