Mahasiswa Tel-U Buat Alat Inovasi Jaringan Nirkabel di Daerah Bencana.jpg

Properti dan Solusi

Mahasiswa Tel-U Buat Alat Inovasi Jaringan Nirkabel di Daerah Bencana

Mahasiswa Telkom University membuat sebuah inovasi dalam rangka membantu jaringan komunikasi di daerah pasca bencana agar tetap berjalan. Inovasi tersebut merupakan sebuah alat bernama T-REX (Transceiver Recover Extension).

Tujuan dibuat alat T-REX ini, untuk membantu tim penyelamat seperti BASARNAS (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) yang kesulitan berkomunikasi di daerah pasca bencana. “Itu yang melatarbelakangi kami membuat inovasi teknologi untuk pemulihan jaringan telekomunikasi pada daerah pasca bencana dengan menggunakan jaringan komunikasi nirkabel,” ungkap Dyan Ahadiansyah salah satu anggota T-REX, dikutip dari laman resmi telkomuniversity.ac.id.

T-REX dapat digunakan sebagai sebuah base station darurat, sehingga dapat membantu komunikasi di daerah pasca bencana saat base station utama telah hancur atau tidak lagi berfungsi. Ada dua fitur utama yang dimiliki T-REX, yaitu sebagai penguat sinyal seluler (repeater) dan sebagai jaringan private cellular.

Telkomsel dan Telkom University Cari Lulusan Terbaik SMA untuk Program Beasiswa

Perlu Anda ketahui, alat T-REX ini dirancang menggunakan software defined radio yang dapat membuat layanan jaringan telekomunikasi sesuai dengan standar 3GPP. T-REX memiliki sistem open registration, sehingga semua simcard dari operator apapun dapat terhubung ke dalam layanan jaringan T-REX selama dalam jangkauan sinyal T-REX.

T-REX sendiri dibuat saat pengumuman lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa sekitar bulan Mei 2021, saat itu proses pengerjaannya dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan luring dilakukan di lab. AICOMS Telkom University di bawah bimbingan langsung Dr. Eng. Khoirul Anwar.

Alat ini dikembangkan oleh empat mahasiswa prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Telkom University yang beranggotakan Dyan Ahadiansyah, Okzata Recy, Lia Suci Waliani, dan (Alm.) Harnanditya Mahendra. “Selama masa perancangan alat ini, kami mendapat dukungan penuh dalam bentuk fasilitas dan peralatan dari lab. AICOMS” ungkap Dyan.

[Baca Juga: Asrama Telkom University Dijadikan Tempat Isoman Pasien COVID-19]

Dalam pengaplikasiannya, T-REX sudah diuji pada daerah blank spot atau kesulitan mendapatkan sinyal seluler di sekitar daerah Ranca Bali, Ciwidey, Kab. Bandung pada tanggal 28-29 Agustus 2021 kemarin. Lokasi tersebut dipilih karena dapat menggambarkan situasi bencana dengan akses jaringan seluler yang terbatas dan sumber daya listrik yang terbatas.

Hasilnya layanan jaringan T-REX dapat berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal maupun memberikan layanan jaringan private cellular. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan cakupan area penguatan sinyal dari T-REX dapat mencapai 1.8 km.

“Telkom University banyak mendukung dalam persiapan pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2021. Mulai dari pembuatan proposal sampai dengan latihan presentasi penelitian, pihak kemahasiswaan selalu memberikan masukan dan pendampingan agar menghasilkan produk penelitian yang berkualitas.” tutupnya.


Read More

Telkom University Bandung

Universitas

+62227564108
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.