Mahasiswa Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT

Pendidikan

Mahasiswa Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang mengalami pengurangan pendapatan hingga kehilangan pekerjaan.

Bagi keluarga yang terdampak pandemi dan memiliki anak yang tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, kondisi ini menyebabkan mereka menghadapi kesulitan untuk memenuhi biaya pendidikan. Terkait hal ini, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho mengatakan bahwa mahasiswa dapat mengajukan permohonan perubahan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Dilansir dari kemdikbud.go.id (10/5/2020), Jamal mengatakan pengajuan keringanan UKT dapat dilakukan dengan melampirkan data pokok tentang perubahan kemampuan ekonomi mahasiswa. Bukti atau dokumen yang perlu dilampirkan antara lain surat keterangan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau surat keterangan meninggal dunia.

Mahasiswa Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT

Nantinya, pimpinan PTN akan mempertimbangkan dan memutuskan dengan sejumlah opsi yang telah ada. Opsi-opsi tersebut yakni berupa pembebasan sementara, pengurangan, pergeseran klaster, pembayaran mengangsur, dan penundaan pembayaran UKT.

Jamal mengatakan, ketentuan mengenai keringanan UKT tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 39 Tahun 2017 tentang tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

[Baca Juga: Kemdikbud Perpanjang Masa Studi Mahasiswa yang Terancam Drop Out]

Secara spesifik pada Pasal 5 di permenristekdikti tersebut disebutkan bahwa pemimpin PTN dapat memberikan keringanan UKT dan/atau melakukan penetapan ulang pemberlakuan UKT terhadap mahasiswa. Kondisi tersebut dapat dilakukan bila adanya ketidaksesuaian kemampuan ekonomi mahasiswa atau ada perubahan data kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai.

Lebih lanjut, pada Pasal 6 tertulis bahwa perguruan tinggi dilarang memungut uang pangkal dan pungutan lain, selain UKT untuk kepentingan pelayanan pembelajaran secara langsung.

[Baca Juga: Survei LIPI Temukan 30 Persen Korban PHK Lulusan Sarjana]

Jamal mengatakan, mahasiswa harus mengajukan permohonan ke dekan terlebih dahulu untuk meminta keringanan UKT. Selanjutnya, dekan akan membawa permohonan itu untuk dirapatkan bersama para pimpinan kampus.

Jamal mengungkapkan bahwa keputusan bentuk keringanan UKT antara mahasiswa satu dengan lainnya akan berbeda. Dia mengatakan selama beberapa hari terakhir sudah ada mahasiswa yang mengajukan permohonan keringanan pembayaran UKT. Permohonan tersebut tetap akan dibahas oleh pimpinan kampus terlebih dahulu sebelum nantinya diputuskan.

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.