4 Manfaat Manggis untuk Kecantikan Kulit

Kesehatan

Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Manfaat Kulit Buah Manggis Terhadap COVID-19

Buah manggis yang memiliki rasa kombinasi asam dan manis ini menjadi salah satu buah yang digemari dikonsumsi karena disebut memiliki banyak manfaat. Dari mulai kandungan nutrisi yang tinggi, kaya akan antioksidan, hingga mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C dan seratnya. Namun selain buahnya, ternyata kulit manggis juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan inilah yang menjadi objek riset dari mahasiswa Universitas Padjadjaran yang menemukan senyawa di kulit tersebut dapat berpotensi dimanfaatkan sebagai anti COVID-19.

Senyawa yang diteliti oleh Syahrul dari Fakultas Farmasi, Namiran Assyfa Nuazizah dari Fakultas Kedokteran, dan Kelvin Fernando Pratama dari Fakultas Farmasi adalah senyawa alami bernama alfa mangostin. Di mana senyawa di kulit manggis ini sebenarnya memang sudah diketahui bermanfaat sebagai anti peradangan dan antioksidan.

Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Manfaat Kulit Buah Manggis terhadap COVID-19 .jpg

Riset terhadap alfa mangostin sebenarnya diawali dengan ketiga mahasiswa Unpad ini yang melakukan studi yang didasari penelitian terhadap sumber senyawa dari alam yang berpotensi dapat berinteraksi dengan virus penyebab COVID-19 alias SARS-CoV-2.

Di antara berbagai senyawa tersebut, alfa mangostin ditemukan sebagai yang paling unggul. Karena dalam proses riset ditemukan bahwa senyawa di kulit manggis ini memiliki toksisitas serta efek samping yang lebih rendah bila dibandingkan dengan bahan kimia sintetis buatan pabrik yang non-alami.

[Baca Juga: Kabupaten Bogor Ekspor Manggis ke Negeri Tirai Bambu]

Menurut Syahrul, riset ini didorong oleh keinginan mereka memanfaatkan senyawa baru yang berpotensi mampu mengatasi COVID-19. Karena menurutnya, penanganan COVID-19 saat ini masih berfokus pada pengobatan terhada gejalannya bukan secara definitif untuk COVID-19 itu sendiri. “Karena itu, ini menjadi peluang menemukan senyawa yang lebih baik,” sebut mahasiswa Fakultas Farmasi Unpad itu, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (15/10/2020).

Riset terhadap alfa mangostin ini disebut didasari penelitian lainnya yang memperlihatkan senyawa dari kulit buah manggil ini bisa diisolasi dapat memiliki aktivitas sebagai antivirus yang sifatnya mirip dengan obat anti-HIV bernama Nelfinavir yang saat ini kerap digunakan sebagai pengobatan gejala COVID-19. Di mana manfaat Nelfinavir sendiri untuk COVID-19 adalah menghambat pertumbuhan virus SARS-CoV-2.

Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Manfaat Kulit Buah Manggis terhadap COVID-19.jpg

Pada riset yang dilakukan ketiganya, mereka saat ini berfokus untuk studi cara memodifikasi senyawa dari kulit buah manggis tersebut untuk memberbaiki sifat-sifanta, Dengan bantuan metode komputasi yang dibantu Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad Prof. Muchtaridi, PhD, mereka berhasil memodifikasi senyawa alfa mangostin yang bernama FKS9. Senyawa FKS9 inilah yang secara spesifik memiliki aktivitas terhadap salah satu protein yang ada di virus SARS-CoV-2. Walau sudah memiliki potensi tersebut, penelitian yang berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional 2020 Universitas Brawijaya ini disebut masih harus diteliti lebih lanjut di laboratorium untuk memastikan bahwa FKS9 memang dapat dijadikan obat anti COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Kesehatan

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

28 October 2020, 11:46

Pengurus RW tegas mewajibkan warganya di Kota Bekasi untuk terlebih dahulu menjalani tes COVID-19 pascaliburan.


Comments


Please Login to leave a comment.