Mahasiswa UPI Ciptakan Aplikasi Edukasi Vaksin Bagi Masyarakat Sumatera Barat.jpg

Kesehatan

Mahasiswa UPI Ciptakan Aplikasi Edukasi Vaksin

Penelitian Sosial Humaniora Universitas Pendidikan Indonesia kembangkan aplikasi edukasi vaksin berbasis kearifan lokal bagi masyarakat Sumatera Barat bernama Randai. Randai sendiri atau “Rang Awak Pandai” memiliki arti “orang kita pandai-pandai”. Secara historis, nama Randai merupakan tarian tradisional dari Sumatera Barat yang pada zaman dahulu digunakan sebagai media untuk menyampaikan kabar pada masyarakat.

Tim ini diketuai oleh Rizqi Abdul Azis (Ilmu Komunikasi 2018) yang memiliki empat anggotanya bernama Renanda Dwina Putri (Ilmu Komunikasi 2018), Ernawati (Sosiologi 2018), Sania Majida (Ilmu Komunikasi 2018), dan Ghifary Azmiy Waliy (Ilmu Komunikasi 2018). Tim tersebut berhasil lolos pendanaan PKM dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI untuk menciptakan inovasi tersebut.

Penelitian ini berjudul “Intercultural Competence Components Model: Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya Dokter dalam Menghadapi Penolakan Vaksin di Sumatera Barat”. Melihat dari judul tersebut, Rizqi mengungkapkan bahwa masih banyak penolakan vaksin yang terjadi di Sumatera Barat.

Menurut Rizqi, kebanyakan penolak vaksin mengungkapkan ketidakpercayaan pada vaksin karena kabar miring yang beredar di media sosial. Oleh karenanya, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, Rizqi dan tim membuat aplikasi yang berisi informasi akurat mengenai vaksin dengan tujuan mengedukasi masyarakat di Sumatera Barat.

Rizqi mengatakan, rendahnya tingkat penerimaan vaksinasi di Sumba juga yang mendasari timnya untuk menggagas inovasi berupa aplikasi yang syarat akan edukasi berbasis kebudayaan lokal. “Hasil riset kami di lapangan menunjukkan bahwa vaksinasi masih menjadi persoalan yang serius di Sumatera Barat. Terlebih beberapa survei sebelumnya membuktikan Sumatera Barat masuk ke dalam provinsi dengan tingkat penerimaan vaksin Covid-19 yang sangat rendah di Indonesia,” ujar Rizqi, dikutip dari laman resmi berita.upi.edu (14/9/2021).

Pemkot Bandung Kembangkan Aplikasi Tentang Layanan Informasi Rumah Sakit.jpg

Nantinya, Randai akan menjadi aplikasi edukasi dan layanan vaksin pertama bagi masyarakat Sumatera Barat berbahasa Minang atau Indonesia. Aplikasi Randai ini dilengkapi beagam fitur lengkap yang memudahkan masyarakat, termasuk fitur konsultasi chat dan live discussion dengan dokter daerah setempat yang diperlukan untuk mendapatkan informasi seputar vaksin COVID-19.

Selain itu, fitur cek lokasi menjadi fitur unggulan dalam mencari lokasi vaksinasi dengan mempertimbangkan jarak untuk memudahkan pengguna mencapai lokasi vaksinasi terdekat dari rumah. Fitur ini akan diintergrasikan dengan Google Maps dan situs pedulilindungi untuk pendaftaran vaksin melalui kerja sama dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat.

Dengan adanya aplikasi ini, Rizqi berharap masyarakat menjadi lebih paham terhadap vaksin dan Covid-19. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur anti-hoax yang akan membantu masyarakat ketika ingin mengetahui kebenaran dari informasi yang ia dapatkan. Selain edukasi, aplikasi ini mendukung penuh program vaksinasi nasional yang sedang diadakan oleh pemerintah dalam upaya mengendalikan pandemi Covid-19. Meskipun begitu, pengembangan aplikasi ini juga masih membutuhkan banyak masukan dari berbagai elemen masyarakat sebagai upaya penyempurnaan dari karya yang telah dibuat.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.