Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat

Kesehatan

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat

Tubuh manusia memang membutuhkan unsur lemak, karena memiliki peran yang setara dengan protein dan karbohidrat. Tubuh membutuhkan lemak karena tidak bisa dihasilkan sendiri, misalnya asam lemak omega-3. Lemak terdiri dari beberapa macam, yakni lemak tak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak trans, dan lemak jenuh.

Lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh ganda tergolong baik bagi tubuh, karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan lemak trans dan lemak jenuh tergolong ke dalam kategori tidak baik bagi tubuh, sehingga berpotensi meningkatkan kolesterol jahat. Berikut adalah sejumlah makanan yang melawan lemak trans dan lemak jenuh:

[Baca Juga: Menguras Lemak dengan EMS ala 20FIT]

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Sayuran Hijau
  • Sayuran Hijau

Bayam, sawi, dan sayuran hijau gelap lainnya merupakan sumber serat dan sumber nutrisi yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi vitamin dan antioksidan yang tinggi membantu mencegah rasa lapar sambil melindungi Anda dari penyakit jantung, kanker, katarak, dan kehilangan memori.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Kacang-kacangan
  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber serat terbaik dari makanan apa pun. Kacang membantu menstabilkan gula darah sambil menjaga Anda tetap teratur. Juga tinggi kalium, mineral penting yang mengurangi dehidrasi dan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Bawang Putih dan Bombai
  • Bawang Putih dan Bawang Bombay

Dua jenis bawang ini mengandung phytochemical yang memecah timbunan lemak dalam tubuh, sementara juga memecah kolesterol; membunuh virus, bakteri, dan jamur; dan melindungi terhadap penyakit jantung. Dengan sedikit bantuan dari bawang putih dan bawang bombay, Anda bisa membakar lemak sambil menangkal penyakit.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Cabai Merah
  • Cabai Merah

Bumbu bercitarasa panas ini mengurangi risiko kelebihan insulin dalam tubuh dengan mempercepat metabolisme dan menurunkan kadar glukosa darah, sebelum kelebihan insulin dapat menyebabkan penyimpanan lemak.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Kunyit
  • Kunyit

Bumbu populer yang digunakan terutama dalam masakan India adalah salah satu sumber beta karoten yang paling dikenal, antioksidan yang membantu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Kunyit juga membantu memperkuat hati Anda sambil membantu tubuh Anda memetabolisme lemak dengan mengurangi tingkat penyimpanan lemak dalam sel-sel hati. Tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam hidangan kari Anda berikutnya untuk membantu tubuh Anda melawan lemak.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Kayu Manis
  • Kayu Manis

Seperempat hingga satu sendok teh kayu manis dengan makanan membantu memetabolisme gula hingga dua puluh kali lebih baik daripada makanan yang tidak dimakan dengan kayu manis. Kelebihan gula dalam darah dapat menyebabkan penyimpanan lemak. Anda juga dapat menaburkan kayu manis pada oatmeal saat sarapan.

[Baca Juga: Tangani Lemak Jahat dengan Minuman Sehat Ini]

Anda dapat meningkatkan kekuatan pembakaran lemak tubuh Anda dengan makan lebih banyak makanan yang memperkuat hati Anda, sebagai organ metabolisme lemak utama bagi tubuh Anda, untuk membakar lemak lebih baik. Jika lemak dapat diemulsi dengan baik, maka tubuh dapat menjadi lebih ramping dan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.