Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta.jpg

Kuliner

Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta

Datang ke Jakarta, tentunya Anda tak hanya melihat gedung-gedung bertingkat yang megah serta patung-patung Jakarta yang tersebar di beberapa titik. Bagi para pecinta kuliner, mencari makanan khas Jakarta menjadi tujuannya dan tentunya ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

[Baca Juga: Ini 4 Kue Artis di Bekasi yang Bisa Anda Coba]

Berikut ulasan makanan khas betawi sebagai oleh-oleh dari Jakarta yang telah dirangkum PingPoint.co.id

1 Dodol Betawi

Jika Anda pecinta camilan dengan rasa yang manis dan kenyal, dodol betawi bisa jadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh Jakarta. Cara membuatnya sama seperti membuat dodol dari daerah lain: diaduk selama berjam-jam secara terus menerus. Yang membedakan dodol Betawi yakni terbuat dari ketan hitam, ketan putih, dan durian.

2. Biji Ketapang

Makanan kering dan agak keras saat dimakan, terbuat dari tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan tersebut dibuat memanjang dan dipotong dengan bentuknya yang kecil menyerupai biji-bijian dan digoreng hingga kering.

3. Kembang Goyang

Seperti nama makanannya, Kembang Goyang memang berbentuk Kembang yang dibuat dengan cara digoyangkan saat proses menggoreng di dalam minyak panas. Kembang Goyang ini rasanya manis dan gurih yang dibuat dari santan, tepung beras, gula, dan garam. Anda bisa menikmati Kembang Goyang sekarang dengan pilihan rasa, seperti cokelat, keju, dan lain-lain.

4. Kue Satu

Dinamakan kue satu, karena setiap bahan yang dipakai memiliki perbandingan satu banding satu. Kue ini terbuat dari tepung kacang hijau dan gula pasir. Jika kacang hijau dipakai 1 kg, gula pasirnya yang dipakai juga 1 kg.

5. Kue Akar Kelapa

Tak hanya kembang goyang yang memiliki rasa manis dan gurih, makanan yang satu ini, kue akar kelapa juga bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas betawi. Kue akar kelapa terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, telur, dan tepung beras. Bentuknya unik seperti akar kelapa yang memanjang dan bergerigi.

[Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Oleh-oleh Kue Kering]

Itulah lima makanan yang telah dirangkum PingPoint.co.id sebagai makanan khas betawi. Dan, masih banyak lagi makanan khas betawi yang tentunya akan menggoda selera Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.