ads
Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta.jpg

Kuliner

Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta

Datang ke Jakarta, tentunya Anda tak hanya melihat gedung-gedung bertingkat yang megah serta patung-patung Jakarta yang tersebar di beberapa titik. Bagi para pecinta kuliner, mencari makanan khas Jakarta menjadi tujuannya dan tentunya ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

[Baca Juga: Ini 4 Kue Artis di Bekasi yang Bisa Anda Coba]

Berikut ulasan makanan khas betawi sebagai oleh-oleh dari Jakarta yang telah dirangkum PingPoint.co.id

1 Dodol Betawi

Jika Anda pecinta camilan dengan rasa yang manis dan kenyal, dodol betawi bisa jadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh Jakarta. Cara membuatnya sama seperti membuat dodol dari daerah lain: diaduk selama berjam-jam secara terus menerus. Yang membedakan dodol Betawi yakni terbuat dari ketan hitam, ketan putih, dan durian.

2. Biji Ketapang

Makanan kering dan agak keras saat dimakan, terbuat dari tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan tersebut dibuat memanjang dan dipotong dengan bentuknya yang kecil menyerupai biji-bijian dan digoreng hingga kering.

3. Kembang Goyang

Seperti nama makanannya, Kembang Goyang memang berbentuk Kembang yang dibuat dengan cara digoyangkan saat proses menggoreng di dalam minyak panas. Kembang Goyang ini rasanya manis dan gurih yang dibuat dari santan, tepung beras, gula, dan garam. Anda bisa menikmati Kembang Goyang sekarang dengan pilihan rasa, seperti cokelat, keju, dan lain-lain.

4. Kue Satu

Dinamakan kue satu, karena setiap bahan yang dipakai memiliki perbandingan satu banding satu. Kue ini terbuat dari tepung kacang hijau dan gula pasir. Jika kacang hijau dipakai 1 kg, gula pasirnya yang dipakai juga 1 kg.

5. Kue Akar Kelapa

Tak hanya kembang goyang yang memiliki rasa manis dan gurih, makanan yang satu ini, kue akar kelapa juga bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas betawi. Kue akar kelapa terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, telur, dan tepung beras. Bentuknya unik seperti akar kelapa yang memanjang dan bergerigi.

[Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Oleh-oleh Kue Kering]

Itulah lima makanan yang telah dirangkum PingPoint.co.id sebagai makanan khas betawi. Dan, masih banyak lagi makanan khas betawi yang tentunya akan menggoda selera Anda.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  11 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  5 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads