Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta.jpg

Kuliner

Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta

Datang ke Jakarta, tentunya Anda tak hanya melihat gedung-gedung bertingkat yang megah serta patung-patung Jakarta yang tersebar di beberapa titik. Bagi para pecinta kuliner, mencari makanan khas Jakarta menjadi tujuannya dan tentunya ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

[Baca Juga: Ini 4 Kue Artis di Bekasi yang Bisa Anda Coba]

Berikut ulasan makanan khas betawi sebagai oleh-oleh dari Jakarta yang telah dirangkum PingPoint.co.id

1 Dodol Betawi

Jika Anda pecinta camilan dengan rasa yang manis dan kenyal, dodol betawi bisa jadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh Jakarta. Cara membuatnya sama seperti membuat dodol dari daerah lain: diaduk selama berjam-jam secara terus menerus. Yang membedakan dodol Betawi yakni terbuat dari ketan hitam, ketan putih, dan durian.

2. Biji Ketapang

Makanan kering dan agak keras saat dimakan, terbuat dari tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan tersebut dibuat memanjang dan dipotong dengan bentuknya yang kecil menyerupai biji-bijian dan digoreng hingga kering.

3. Kembang Goyang

Seperti nama makanannya, Kembang Goyang memang berbentuk Kembang yang dibuat dengan cara digoyangkan saat proses menggoreng di dalam minyak panas. Kembang Goyang ini rasanya manis dan gurih yang dibuat dari santan, tepung beras, gula, dan garam. Anda bisa menikmati Kembang Goyang sekarang dengan pilihan rasa, seperti cokelat, keju, dan lain-lain.

4. Kue Satu

Dinamakan kue satu, karena setiap bahan yang dipakai memiliki perbandingan satu banding satu. Kue ini terbuat dari tepung kacang hijau dan gula pasir. Jika kacang hijau dipakai 1 kg, gula pasirnya yang dipakai juga 1 kg.

5. Kue Akar Kelapa

Tak hanya kembang goyang yang memiliki rasa manis dan gurih, makanan yang satu ini, kue akar kelapa juga bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas betawi. Kue akar kelapa terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, telur, dan tepung beras. Bentuknya unik seperti akar kelapa yang memanjang dan bergerigi.

[Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Oleh-oleh Kue Kering]

Itulah lima makanan yang telah dirangkum PingPoint.co.id sebagai makanan khas betawi. Dan, masih banyak lagi makanan khas betawi yang tentunya akan menggoda selera Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Tingginya Risiko Bunuh Diri pada Pria yang Percaya Laki-laki Tak Menangis

Kesehatan

Risiko Bunuh Diri Tinggi Bila Percaya "Pria Sejati Tidak Menangis"

16 February 2020, 17:00

Sebuah studi baru menunjukkan, laki-laki yang percaya bahwa "pria sejati tidak menangis" kemungkinan lebih rentan terhadap bunuh diri.

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 5 Jenisnya Dulu

Kecantikan dan Fashion

Sebelum Mencoba Tren Sweater Besar, Kenali 6 Jenisnya Dulu!

16 February 2020, 16:00

Hingga 2020 pun sweater besar jadi pilihan busana nyaman dan serbaguna. Pilihan busana ini bisa menjadi fashion statement Anda.

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Tanpa Susu di Starbucks

Kuliner

Berapa Kalori dalam 3 Minuman Vegan, Susu Nabati Baru di Starbucks?

16 February 2020, 15:00

Starbucks memiliki tiga minuman kopi susu nabati baru yaitu kopi dengan almond, kelapa, dan susu oat. Apakah ketiga minuman itu sehat?

Semua Orang Harus Punya Ini Sandal Rumah Merangkap Sapu dan Pel

Properti dan Solusi

Semua Orang Harus Punya Ini: Sandal Rumah Merangkap Sapu (dan Pel)

16 February 2020, 14:00

Hanya seorang jenius yang berhasil menemukan fuzzy sandal yang bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai ketika digunakan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.