Makanan Pengusir Penyakit Jantung

Kesehatan

Makanan Pengusir Penyakit Jantung

Berbagai penyakit akan mudah menyerang tubuh seseorang, sehingga diperlukan pola gaya hidup yang sehat atau diet sehat untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit. Memilih makanan tertentu juga baik agar kesehatan Anda terjaga dengan baik sepanjang waktu. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mengusir penyakit jantung.

Makanan Pengusir Penyakit Jantung

  • Kentang

Kentang kaya akan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah Anda. Selain itu, serat yang terdapat pada kentang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Terutama kentang ungu yang menawarkan antioksidan yang tinggi, selama Anda tidak menggorengnya kentang bisa menjadi pilihan makanan sehat.

[Baca Juga: Kelainan Genetik yang Pengaruhi Keinerja Jantung]

  • Salmon

Salmon merupakan sumber yang bagus untuk asam lemak omega-3 yang dikenal untuk meningkatkan penanda metabolisme untuk penyakit jantung. Salmon juga memiliki tingkat selenium yang tinggi dan antioksidan yang melindungi kardiovaskular.

  • Chia Seed

Walau hanya sesendok biji chia, namun memiliki banyak manfaatnya. Terkandung di dalamnya berupa serat, protein, omega-3, kalsium, mangan, fosfor, dan magnesium. Mereka juga mengandung beberapa seng, vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2. Sejumlah kandungan tersebut membantu mengurangi kolesterol jahat dan membersihkan penumpukan plak.

  • Oatmeal

Oatmeal sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat yang larut dalam gandum akan mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk) dan menawarkan manfaat biji-bijian utuh untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap diabetes dan penambahan berat badan. Perlu diperhatikan, hindari gandum instan atau rasa karena mereka biasanya diisi dengan gula olahan.

Makanan Pengusir Penyakit Jantung

  • Apel

Selama Anda tidak mengupas kulit apel, apel menawarkan banyak antioksidan, terutama polifenol yang memiliki manfaat menjaga keseimbangan kadar kolesterol baik dan buruk. Apel juga mengandung serat untuk membantu mendorong kolesterol jahat, dan pektin yang sebenarnya dapat menghambat penyerapan kolesterol. Mengonsumsi apel dalam sehari dapat mengurangi kolesterol. Apel tidak hanya baik untuk kesehatan jantung Anda bahkan membantu mengendalikan nafsu makan, mengurangi risiko kanker, dan melindungi fungsi paru-paru yang sehat.

[Baca Juga: Awas! Jangan Sepelekan Gangguan Irama Jantung]

  • Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol buruk dan tekanan darah. Dan mengandung catechin dan flavonoid, yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi jantung dan bahkan dapat mengurangi risiko pembekuan darah.

Itulah enam jenis makanan yang membuat Anda sehat sekaligus dapat mencegah penyakit jantung.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.