Makanan Sehat yang Justru Harus Dihindari Saat Sakit

Kesehatan

Makanan Sehat yang Justru Harus Dihindari Saat Sakit

Ketika Anda sakit dan merasa tak enak badan, mungkin salah satu yang dilakukan adalah mengembalikan pola makan agar lebih sehat dan teratur. Di saat tubuh sedang merasakan sakit, Anda memberikan tubuh dengan makanan sehat. Namun tahukah Anda jika ada beberapa makanan sehat yang justru bisa memperburuk atau memperpanjang gejala sakit tertentu?

Melansir dari huffpost.com (4/2/2020) berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari ketika sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Disantap Sebelum Berolahraga]

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

1) Batuk, Pilek, dan Demam

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang diduga mempunyai kemampuan untuk membebaskan kandungan histamin, sama dengan stoberi, tomat, dan jeruk. Untuk diketahui, histamin merupakan kandungan yang diproduksi tubuh untuk memicu munculnya gejala alergi. Histamin bukan hanya bisa diproduksi oleh tubuh, namun juga ditemukan pada beberapa makanan. Histamin dapat mengakibatkan respon tubuh terhadap peradangan, sehingga memperburuk kelelahan, hidung tersumbat, pusing, dan lainnya.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang meiliki protein yang bagus untuk tubuh, kacang-kacangan juga mampu membantu tubuh untuk melawan infeksi, dengan kandungan zinc dan vitamin E. Namun jika Anda sedang demam, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi kacang-kacangan, karena kacang tinggi lemak (sehat), tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Ini bisa menyebabkan perut buncit dan membuat tubuh menguras energi lebih lama untuk melawan infeksi. Serupa dengan bayam, kacang juga dianggap sebagai pembebas histamin, yang dapat meningkatkan hidung Anda mampet.

  • Brokoli

Brokoli juga merupakan sayur yang silit dicerna saat sedang sakit. Brokoli memang mangandung vitamin A, vitamin C dan juga tinggi serat. Namun untuk menghindari iritasi daluran pencernaan, pilihlah makanan rendah serat yang lebih mudah dikonsumsi.

Obat Sakit Kepala 2.jpg

2) Sakit Kepala

  • Keju

Makanan yang melewati proses fermentasi, semakin banyak melepaskan histamin. Kandungan ini dapat menyebabkan pembuluh darah pada otak membesar dan memperparah rasa sakit kepala yang Anda alami.

  • Makanan yang Difermentasi

Makanan yang difermentasi mengandung tyramin atau asam amino seperti kimchi atau acar dpat jadi pemicu sakit kepala. Pasalnya beberapa orang bisa jadi mengalami kesulitan untuk memecah tyramine dengan sendirinya, sehingga mereka lebih mudah merasakan sakit kepala. Mengonsumsi makanan fermentasi saat sakit kepala akan menghasilkan penyempitan dan pelebaran pembuluh darah di otak, memicu sakit kepala yang berdenyut.

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

3) Batuk atau Radang Tenggorokan

  • Sayuran Mentah

Jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, makan yang bertekstur kasar atau bergerigi akan lebih sulit ditelan sehingga menyebabkan iritasi yang lebih para pada tenggorokan Anda.

  • Buah Sitrus atau Jeruk

Tingkat keasaman pada buah sitrus atau jeruk akan membuat tenggorokan Anda semakin meradang. Walaupun jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

[Baca Juga: Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah]

Itulah beberapa makanan yang bisa hindari saat sedang sakit. Tak ada salah mencari makanan alternatif agar mempercepat penyembuhan.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.