Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga

Kesehatan

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga

Joging merupakan salah satu jenis olahraga tanpa alat yang banyak digemari oleh masyarakat kota. Selain memberikan khasiat yang baik terhadap kesehatan tubuh, melakukan joging juga terbilang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Meski terbilang olahraga yang praktis dan murah. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum olahraga.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Disantap Sebelum Berolahraga]

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Manis

1) Makanan Manis

Makanan berkarbohidrat yang mudah dicerna jadi merupakan makanan ideal untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Selain memberikan tambahan energi, makanan jenis ini juga tidak memberatkan metabolisme usus. Melansir dari healthline.com (18/2/2020), roti dan madu jadi kombinasi makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Meski demikian, tetap hindari makanan yang sepenuhnya manis seperti coklat, karena hanya mengandung kalori tanpa nilai tambah dan menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Pedas

2) Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin dapat mendorong metabolisme dan melepas hormon endorfin yang memberikan perasaan senang ketika menyantapnya. Tetapi makanan pedas juga mendorong pencernaan memproduksi asam lambung sehingga gerakan berlari akan menyulut asam lambung kembali naik ke tenggorokan. Dengan begitu, makanan pedas sangat tidak ideal dikonsumsi sebelum olahraga, karena dapa memberikan efek buruk terhadap proses metabolisme di lambung.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Berserat Tinggi

3) Makanan Berserat Tinggi

Sebenarnya jenis makanan yang mencakup kacang-kacangan serta biji-bijian ini, adalah makanan yang sehat dan layak disantap setiap hari karena dapat menyehatkan pencernaan, dan karbohidrat kompleks yang dikandung membantu menyuplai energi yang baik. Tetapi jenis makanan ini terlalu memberatkan usus jika dikonsumsi sebelum berlari.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Berlemak

4) Makanan Berlemak

Sama halnya dengan makanan yang mengandung banyak serat, makanan berlemak dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Selain sulit dicerna, lemak juga bertahan lama di perut. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan berlemak sebelum olahraga dapat memberatkan lambung serta memberikan rasa mual hingga begah. Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak akan membuat olahraga menjadi sia-sia karena asupan lemak bertambah.

[Baca Juga: 6 Jenis Minum Teh Ini Bisa Bakar Lemak Anda]

Olahraga jadi salah satu kegiatan yang menyehatkan, terutama untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tapi akan menjadi buruk ketika Anda salah melakukan. Ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memberikan beban terhadap lambung agar aktivitas lari dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.