Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga

Kesehatan

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga

Joging merupakan salah satu jenis olahraga tanpa alat yang banyak digemari oleh masyarakat kota. Selain memberikan khasiat yang baik terhadap kesehatan tubuh, melakukan joging juga terbilang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Meski terbilang olahraga yang praktis dan murah. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum olahraga.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Disantap Sebelum Berolahraga]

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Manis

1) Makanan Manis

Makanan berkarbohidrat yang mudah dicerna jadi merupakan makanan ideal untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Selain memberikan tambahan energi, makanan jenis ini juga tidak memberatkan metabolisme usus. Melansir dari healthline.com (18/2/2020), roti dan madu jadi kombinasi makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Meski demikian, tetap hindari makanan yang sepenuhnya manis seperti coklat, karena hanya mengandung kalori tanpa nilai tambah dan menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Pedas

2) Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin dapat mendorong metabolisme dan melepas hormon endorfin yang memberikan perasaan senang ketika menyantapnya. Tetapi makanan pedas juga mendorong pencernaan memproduksi asam lambung sehingga gerakan berlari akan menyulut asam lambung kembali naik ke tenggorokan. Dengan begitu, makanan pedas sangat tidak ideal dikonsumsi sebelum olahraga, karena dapa memberikan efek buruk terhadap proses metabolisme di lambung.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Berserat Tinggi

3) Makanan Berserat Tinggi

Sebenarnya jenis makanan yang mencakup kacang-kacangan serta biji-bijian ini, adalah makanan yang sehat dan layak disantap setiap hari karena dapat menyehatkan pencernaan, dan karbohidrat kompleks yang dikandung membantu menyuplai energi yang baik. Tetapi jenis makanan ini terlalu memberatkan usus jika dikonsumsi sebelum berlari.

Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Olahraga Makanan Berlemak

4) Makanan Berlemak

Sama halnya dengan makanan yang mengandung banyak serat, makanan berlemak dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Selain sulit dicerna, lemak juga bertahan lama di perut. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan berlemak sebelum olahraga dapat memberatkan lambung serta memberikan rasa mual hingga begah. Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak akan membuat olahraga menjadi sia-sia karena asupan lemak bertambah.

[Baca Juga: 6 Jenis Minum Teh Ini Bisa Bakar Lemak Anda]

Olahraga jadi salah satu kegiatan yang menyehatkan, terutama untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tapi akan menjadi buruk ketika Anda salah melakukan. Ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memberikan beban terhadap lambung agar aktivitas lari dapat berjalan dengan lancar dan aman.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.