Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma

Kesehatan

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma

Asma merupakan penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas. Asma merupakan penyakit yang memengaruhi 3-38 persen anak-anak dan 2-12 persen orang dewasa. Penyebab penyakit ini memang belum diketahui, namun ada beberapa hal yang dapat memicu asma kambuh, misalnya asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, bahkan makanan.

Jika Anda mengidap asma, perhatikan makanan yang dikonsumsi untuk jaga kesehatan dan asma tidak mudah kambuh. Sebuah penelitian menunjukkan makanan olahan dapat meningkatkan gejala asma. Pengidap asma sebaiknya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

[Baca Juga: 7 Hal yang Baiknya Anda Tahu Tentang Asma]

Menurut beberapa penelitian, beberapa kandungan dalam makanan atau ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kambuhnya asma. Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin D, beta-karoten, magnesium, asam lemak omega 3, dan vitamin dan mineral lainnya membantu penderita asma baik.

Namun ada beberapa makanan yang harus dihindari pengidap asma, melansir dari boldsky.com (20/6/2019) inilah makanan yang tak baik dikonsumsi penderita asma.

1. Salisilat

Salisilat adalah senyawa yang kerap ditemukan dalam tumbuhan dan obat-obatan. Senyawa ini dapat menyebabkan reaksi buruk pada orang yang menderita asma yang sensitif. Senyawa ini juga ditemukan dalam obat-obatan dan kosmetik. Salisilat juga ada di dalam kopi, teh, bumbu dan rempah-rempah lainnya.

2. Sulfit

Sulfit adalah jenis pengawet yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan kering. Sehingga Anda yang memiliki riwayat asma jangan terlalu banyak mengonsumsi kismis, udang kering, makanan acar, lemon botolan dan jus jeruk nipis. Pengawet ini bisa memperburuk gejala asma. Terutama acar kemasan, sebab kandungan sodium atau asamnya bisa mengganggu sistem pernapasan.

[Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung]

3. Makanan Olahan atau Buatan

Bahan buatan seperti perasa makanan, pewarna makanan, dan pengawet kimia sering ditemukan dalam makanan olahan dan cepat saji. Penderita asma harus menghindari makanan ini, karena kadar nutrisi dan vitaminnya sedikit. Selain itu, kandungan pengawet dalam makanan olahan juga mampu memengaruhi sistem pernapasan.

4. Makanan Mengandung Gas

HIndari makan, makanan yang mengandung gas seperti kubis, kacang-kacangan, minuman berkarbonasi, bawang putih, bawang bombay, dan makanan goreng lain yang dapat menyebabkan gas dan memberi tekanan pada diafragma.

Itulah makanan yang harus dihindari oleh para penderita asma karena dapat memengaruhi sistem pernapasan dan memancing asma untuk kambuh.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.