Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sahur

Kuliner

Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sahur

Agar kuat menjalani puasa hingga matahari terbenam, umat muslim yang menjalankan puasa disarankan untuk melakukan sahur saat dini hari. Sahur memang memegang peranan penting, karena dengan menyantap sahur, Anda bisa kuat dan energik saat menjalani puasa.

Walaupun begitu, agar puasa lebih kuat dan tak lemas. Anda harus memerhatikan makanan apa yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Menu sahur yang tepat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sedangkan makanan yang tidak tepat, justru akan membuat Anda merasa lapar lebih cepat.

Dilansir dari berbagai sumber (4/5/2020) berikut beberapa makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi saat sahur.

Inilah 3 Resep Nugget Ayam yang Sehat dan Lezat

1) Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan bakso di pasaran sebenarnya tak baik dikonsumsi berlebih saat sahur, karena daging olahan merupakan makanan yang mudah dicerna dan memungkinkan Anda dapat meningkatkan rasa lapar tak lama setelah sahur. Daging olahan juga kemungkinan mengandung lemak yang tinggi dan serat yang rendah. Daging olahan biasanya juga diolah dengan cara digoreng, padahal makanan yang berminyak menimbulkan penumpukan jaringan lemak.

[Baca Juga: Bakmitopia Ajak Buka dan Sahur Bersama dengan Produk Terbarunya]

Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sahur Donat

2) Makanan Manis

Saat sahur, makanan manis tak begitu baik untuk dikonsumsi karena makanan manis yang mengandung gula yang cukup tinggi sangat adiktif atau membuat Anda kecanduan untuk makan lagi dan lagi. Makanan manis juga dapat memicu rasa lapar dengan cepat. Hal ini membuat Anda saat berbuka memicu makan dengan porsi yang berlebihan sehingga menimbulkan berat badan karena tubuh Anda menyerap kalori dalam jumlah tinggi.

Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sahur Ikan Asin

3) Makanan Terlalu Asin

Saat sahur, ANda juga tak disarankan mengonsumsi makanan yang terlalu asin, karena makanan dengan kadar sodium tinggi akan membuat Anda lebih mudah haus saat berpuasa. Bukan hanya itu, makanan asin juga dapat meningkatkan rasa lapar karena tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak untuk memproses makanannya.

[Baca Juga: 4 Resep Sahur Praktis dan Hemat Bikin Semangat]

Roti Bakar

4) Makanan dengan Karbohidrat Sederhana

Saat berpuasa, pernahkah Anda merasa lapar saat baru setengah hari menjalankannya? Hal tersebut bisa jadi Anda alami karena saat sahur mengonsumsi karbohidrat yang sederhana sehingga tubuh dengan cepat mencernanya dan menimbulkan rasa lapar. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana di antara lain, nasi putih, mi, kue atau roti dengan bahan tepung.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat sahur dan menjalankan ibadah puasa.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.