Pemkot Tangsel Luncurkan Sidagarg

Pendidikan

Makin Mudah Belajar Budaya dengan Sidagar di Tangerang Selatan

Perubahan suatu kota tidak hanya ditandai dengan infrastruktur yang berjalan. Namun, kemajuan budaya menjadi salah satu penyebabnya. Upaya dalam melestarikan budaya nusantara di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi hal yang harus ditingkatkan. Melalui era revolusi industri 4.0 ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan meluncurkan Sistem Informasi Pendataan Sanggar (Sidagar) Kota Tangsel pada 28 November 2019. Sidagar merupakan hasil inisiatif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel.

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (02/12/2019), Airin menjelaskan jika program kebudayaan harus jelas dan memiliki dampak terhadap pembangunan daerah. Sehingga dirinya berharap jika, nantinya, budaya juga berperan dalam penataan kota.

Pemkot Tangsel Luncurkan Sidagar

Selama ini, Airin juga terus memberikan arahan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa meningkatkan sistem pelayanannya. Salah satu imbauan yang ia lakukan adalah, pelayanan yang sesuai dengan kearifan budaya lokal. Dengan begitu, informasi budaya dan pelayanan bisa sama berkembang, karena dilakukan secara bersama.

[Baca Juga: Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari]

Berkembanganya teknologi, membuat PR pemerintah semakin banyak. Karena itu, dibarengi dengan sosialisasi kebudayaan, Airin meminta kepada seluruh stafnya untuk mulai melakukan pengembangan kinerja. ”Jika kemarin saya terus menerus bicara 4.0 maka sekarang saya akan bicara 5.0,” ujar dalam peluncuran Sistem Informasi Pendataan Sanggar (Sidagar) Kota Tangsel.

Menurutnya, perkembangan terus terjadi. Dengan dicapainya tantangan 4.0, bukan berarti pekerjaan selesai begitu saja. Melainkan justru harus terus dikembangkan. Sehingga mulai sekarang dia juga akan mengingatkan sudah saatnya, mempersiapkan diri untuk tantangan 5.0.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono menjelaskan bahwa Sidagar ini akan membantu masyarakat untuk mengetahui berbagai macam mengenai sanggar budaya yang ada di Kota Tangsel.

Selain ini, Sidagar ini juga memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk pendaftaran pemilik Sanggar. ”Jadi, nanti pendaftaran sanggar bukan hanya dilakukan oleh pemilik sanggar. Tentu ini akan mempermudah akses mereka,” kata dia. Taryono berharap dengan adanya Sidagar ini, akan memotivasi warga untuk lebih aktif dalam kegiatan budaya. Karena ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah. Salah satunya melalui sistem ini.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.