Makna Jeruk Mandari dalam Perayaan Imlek.jpg

Berita Kawasan

Makna Penting Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek

Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada hari Selasa, 5 Februari 2019. Hari tersebut selalu dinanti-nanti masyarakat keturunan Tionghoa di dunia. Tahun Baru Imlek biasanya dimulai pada hari pertama di penanggalan Tionghoa dan diakhiri dengan Cap Go Meh yang jatuh tepat ketika bulan purnama.

Di negeri asalnya, tradisi dan kebiasaan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek ini sangat beragam. Sama halnya seperti di Indonesia.

[Baca Juga: Festival Pecinan Glodok Meriahkan Perayaan Cap Go Meh 2019]

Ada hal unik yang sangat erat dengan perayaan Tahun Baru China ini. Ya, jeruk mandarin selalu identik dengan perayaan Imlek. Membagikan jeruk ke keluarga terdekat, teman hingga tetangga, merupakan suatu bagian yang tak bisa dilewatkan dari tradisi Imlek dan sudah dilakukan sejak dahulu.

Namun di balik hal tersebut, tersembunyi makna yang diamini masyarakat keturunan Tionghoa ini. Jeruk secara harafiah memiliki arti buah pembawa rezeki. Selain itu, warna oranye berkilau dianggap sebagai lambang emas yang identik dengan uang.

Dilansir dari Myrecipes.com (4/2/2019), jeruk mandarin mendapatkan perlakukan khusus. Hal itu terjadi mengingat terdapat kata ‘mandarin’ yang memiliki arti kata untuk “emas”. Jadi, mengonsumsi dan memberikan jeruk mandarin kepada kerabat diyakini bisa membawa kekayaan untuk hidup Anda.

[Baca Juga: 3 Tanaman yang Diperkirakan Bawa Peruntungan di 2019]

Pohon-pohon jeruk juga sering terlihat di restoran-restoran China atau swalayan saat menjelang Imlek. Pohon-pohon ini dimaksudkan untuk membawa lebih banyak hawa yang penuh dengan keberuntungan ke dalam bisnis Anda. semakin banyak buah di pohon itu, maka rezeki yang Anda dapatkan di kemudian hari semakin baik.

Bukan hanya sebagai pemanis dekorasi ruang tamu dan meja makan Anda, buah jeruk mandarin ini biasanya disajikan bersama dengan permen tradisional untuk menyambut tamu yang akan berkunjung. Selain memiliki rasa yang manis, buah jeruk memang mempunyai warna mencolok dan punya banyak manfaat di dalamnya. Maka persiapkan buah jeruk untuk Anda bagikan kepada kerabat terdekat.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.