Makna Jeruk Mandari dalam Perayaan Imlek.jpg

Berita Kawasan

Makna Penting Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek

Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada hari Selasa, 5 Februari 2019. Hari tersebut selalu dinanti-nanti masyarakat keturunan Tionghoa di dunia. Tahun Baru Imlek biasanya dimulai pada hari pertama di penanggalan Tionghoa dan diakhiri dengan Cap Go Meh yang jatuh tepat ketika bulan purnama.

Di negeri asalnya, tradisi dan kebiasaan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek ini sangat beragam. Sama halnya seperti di Indonesia.

[Baca Juga: Festival Pecinan Glodok Meriahkan Perayaan Cap Go Meh 2019]

Ada hal unik yang sangat erat dengan perayaan Tahun Baru China ini. Ya, jeruk mandarin selalu identik dengan perayaan Imlek. Membagikan jeruk ke keluarga terdekat, teman hingga tetangga, merupakan suatu bagian yang tak bisa dilewatkan dari tradisi Imlek dan sudah dilakukan sejak dahulu.

Namun di balik hal tersebut, tersembunyi makna yang diamini masyarakat keturunan Tionghoa ini. Jeruk secara harafiah memiliki arti buah pembawa rezeki. Selain itu, warna oranye berkilau dianggap sebagai lambang emas yang identik dengan uang.

Dilansir dari Myrecipes.com (4/2/2019), jeruk mandarin mendapatkan perlakukan khusus. Hal itu terjadi mengingat terdapat kata ‘mandarin’ yang memiliki arti kata untuk “emas”. Jadi, mengonsumsi dan memberikan jeruk mandarin kepada kerabat diyakini bisa membawa kekayaan untuk hidup Anda.

[Baca Juga: 3 Tanaman yang Diperkirakan Bawa Peruntungan di 2019]

Pohon-pohon jeruk juga sering terlihat di restoran-restoran China atau swalayan saat menjelang Imlek. Pohon-pohon ini dimaksudkan untuk membawa lebih banyak hawa yang penuh dengan keberuntungan ke dalam bisnis Anda. semakin banyak buah di pohon itu, maka rezeki yang Anda dapatkan di kemudian hari semakin baik.

Bukan hanya sebagai pemanis dekorasi ruang tamu dan meja makan Anda, buah jeruk mandarin ini biasanya disajikan bersama dengan permen tradisional untuk menyambut tamu yang akan berkunjung. Selain memiliki rasa yang manis, buah jeruk memang mempunyai warna mencolok dan punya banyak manfaat di dalamnya. Maka persiapkan buah jeruk untuk Anda bagikan kepada kerabat terdekat.


Read More

Artikel Lainnya

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.

Akuakultur

Pendidikan

Mengenal Prodi Akuakultur FPIK UNDIP, Mimpi Perikanan Masa Depan

16 April 2021, 10:15

“Saat ini dunia akuakultur mengalami perkembangan yang sangat signifikan termasuk pula industrinya,” kata Dr Ir Sarjito MappSc selaku Ketua Departemen Akuakultur.


Comments


Please Login to leave a comment.