Mal di Depok Siap Dibuka pada 16 Juni 2020 .jpg

Bisnis

Mal di Depok Siap Dibuka pada 16 Juni 2020

Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional yang diterapkan di Kota Depok, cakupan kebijakannya sudah tidak seketat PSBB yang sebelumnya. Di mana satu per satu kegiatan ekonomi pun mulai diperbolehkan tapi tetap dengan aturan khusus yang perlu dijalankan para pelaku usaha. Dengan salah satu yang sudah diizinkan untuk beroperasi adalah pusat perbelanjaan seperti mal serta pasar modern yang mulai boleh dibuka pada 16 Juni 2020.

Pengumuman pembukaan mal di Depok ini disampaikan usai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda Kota Belimbing menggelar rapat dan bersepakat untuk segera membuka pusat perbelanjaan. Walau sudah dikeluarkan izin untuk beroperasi kembali usai beberapa bulan tutup, tetapi mal dan pasar modern tidak bisa semata-mata membuka layaknya keadaan normal. Pasalnya, tetap ada aturan yang harus diterapkan pihak pengelola demi mencegah kemungkinan penularan COVID-19.

Mal di Depok Siap Dibuka pada 16 Juni 2020.jpg

Sebelum membuka pusat perbelanjaan di Kota Depok, pihak pengelola disebut wajib untuk membuat pakta integritas yang berisi persetujuan mereka dalam mematuhi peraturan PSBB Proposional. Dengan salah satu kebijakannya adalah mengenai jumlah maksimal pengunjungnya. Menurut Wali Kota Depok Mohammad Idris, mal hanya boleh dibuka dengan kapasitas 50 persen dari kemampuan pusat perbelanjaan itu menampung pengunjung.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sendiri sudah bersiap mengambil langkah tegas jika pengelola mal melanggar aturan PSBB Proporsional di wilayahnya. “Jika melanggar atau terdapat ketidaksesuaian dalam pelaksanaan protokol kesehatan, maka siap untuk dilakukan penutupan kembali,” tegas orang nomor satu di Kota Depok itu, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (14/6/2020).

[Baca Juga: Sejumlah Mall di Depok Tutup untuk Cegah Penularan COVID-19]

Sebenarnya Pemkot Depok sendiri pada awalnya berencana mulai membuka pusat perbelanjaan pada 5 Juni 2020. Namun rencana ini pun dibatalkan. Pembatalan agenda pembukaan mal pada waktu tersebut disinyalir dipicu angka Reproduktif Efektif terkait penyebaran COVID-19 di Kota Depok yang berada masih di atas angka satu.

Walau pada 16 Juni 2020, mal serta pusat perbelanjaan sudah bisa kembali beroperasi, Forkopimda Kota Depok masih belum memberikan izin sejumlah usaha di dalamnya untuk kembali buka. Dari mulai pusat kebugaran, bioskop, karaoke, spa, pijat/refleksi, tempat bermain anak, dokter gigi, dan salon di dalam mal disebut masuk ke dalam kategori yang masih belum dapat izin.

[Baca Juga: Pemkot Depok Kembali Usulkan Perpanjangan PSBB]


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.