Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Ada Syaratnya

Bisnis

Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Apa Syaratnya?

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengumpulkan para pengusaha mal di Kota Bandung jelang penerapan new normal yang dicanangkan Pemerintah Pusat dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa hal akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut salah satunya adalah persyaratan yang harus dipenuhi ketika kebijakan new normal jadi diberlakukan. Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan bahwa persyaratan yang harus dipenuhi untuk kembali membuka mal setelah penerapan PSBB ini cukup ketat.

[Baca Juga: Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini]

Adapun persyaratannya kata Elly adalah dengan menyediakan thermo gun di setiap pintu masuk mal dan di setiap antrean. Baik pegawai atau pengunjung mal juga wajib pakai masker dan diperiksa suhu tubuh sebelum masuk mal.

Pihak mal juga harus menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer serta harus menjaga jarak. Parkir kendaraan juga hanya boleh terisi 50 persen dari kapasitas yang ada. Selain itu, pihak mal dilarang untuk membuka bioskop, karaoke serta tempat yang berpotensi membuat orang berkerumun.

"Dari mulai antrean masuk ada thermo gun, semuanya pakai masker, baik pengunjung atau pegawai, harus pakai masker. Ada physical distancing, tidak ada kerumunan," ujar Elly.

Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Ada Syaratnya

Nantinya, Elly akan menempatkan petugas Disdagin untuk memantau situasi. Hal tersebut dilakukan agar Disdagin dapat cepat menindak jika ada kerumunan dan pelanggaran. Tidak tanggung-tanggung, Disdagin pun siap menutup kegiatan operasional mal jika terbukti tidak menaati peraturan yang telah ditetapkan.

Sejauh ini, Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APBBI) Jawa Barat telah meminta kepada Disdagin Kota Bandung untuk kembali membuka pusat perbelanjaan pada tanggal 30 Mei 2020 atau setelah berakhirnya PSBB Jawa Barat yang jatuh pada 29 Mei 2020. Namun menurut Elly, untuk tanggal pastinya masih akan dibicarakan dengan Wali kota Bandung terlebih dahulu.

[Baca Juga: Sah, Pemkot Bandung Perpanjang PSBB Hingga 29 Mei 2020]

Elly menuturkan rencana dibukanya kembali mal di kota Bandung guna mengangkat kembali gairah perekonomian di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat tersebut. Karena menurutnya, sudah hampir tiga bulan mal di kota Bandung tutup sehingga menyebabkan 13 ribu pegawai mal berhenti bekerja.

"Jika mal tidak dibuka, ekonomi akan semakin terpuruk. Tapi buka pun tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Ekonomi dan kesehatan harus berdampingan dan sama pentingnya," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.