KEBON-JERUK_BISNIS_MAL-TAMAN-ANGGREK-22-TAHUN-JADI-PUSAT-BELANJA-FAVORIT_IVAN.jpg

Bisnis

Mal Taman Anggrek, 22 Tahun Jadi Pusat Belanja Favorit

Untuk sebuah mal atau pusat perbelanjaan, 22 tahun bukanlah waktu yang singkat. Tidak banyak mal yang bisa bertahan dalam bisnis selama itu. Tapi hebatnya, hal tersebut mampu dilakukan Mal Taman Anggrek. Mal yang berlokasi di Jalan S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat itu masih buka dan menjalankan bisnis, bahkan tetap jadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya sampai sekarang. Tampilan mal juga tidak kalah dengan pusat perbelanjaan lain yang lebih modern atau baru dibangun.

Mengutip Wikipedia, Mal Taman Anggrek atau yang biasa disebut MTA merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang mulai beroperasi pada bulan Agustus tahun 1996. Pendirinya adalah konglomerat asal Kebumen bernama Salimin Prawiro Sumarto. Saat pertama kali buka, Mal Taman Anggrek langsung menyandang gelar sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara. Berbagai brand ternama kala itu pun langsung jadi anchor tenant atau penyewa besar di mal tersebut.

Kini, setelah 22 tahun berlalu, mal yang dikembangkan dan dikelola PT Mulia Intipelangi itu memang tidak lagi jadi yang terbesar di Asia Tenggara. Tetapi, mal ini masih berada dalam jajaran pusat perbelanjaan terbesar baik di kawasan Asia Tenggara maupun Asia secara umum. Paling penting, mal ini masih buka, eksis, dan menjalani bisnis meski telah berusia lebih dari 20 tahun. Traffic pengunjung pun bisa dibilang masih tinggi karena tetap jadi tujuan favorit warga Jakarta dan sekitarnya sampai sekarang. Beberapa brand modern seperti Metro, Matahari, Zara, Uniqlo, J.CO, Starbucks, Adidas, Nike, hingga Uniqlo pun jadi penyewa setia mal tersebut.

Mengutip marketeers.com (16/8/2018), Elvira Indiasari selaku Advertising & Promotion Manager PT Mulia Intipelangi menjelaskan bagaimana Mal Taman Anggrek bisa bertahan hingga lebih dari dua dekade. Dia mengatakan Mal Taman Anggrek bergerak mengikuti perkembangan zaman. Mal yang awalnya menghadirkan tenan fashion dan kebutuhan harian (groceries) bagi masyarakat, kini mulai menghadirkan tenant makanan dan minuman, serta berbagai wahana hiburan yang diyakini menjadi daya tarik utama sebuah mal saat ini.

“Kami sadar, mall is not about shopping anymore. But mall is about experience shopping. Kami percaya, target pasar kami tidak hanya membutuhkan produk. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan area bersosialisasi dengan teman dan keluarga,” ungkap Elvira Indiasari seraya menjelaskan pihaknya juga rutin melakukan berbagai rangakaian program yang mampu menggaet atensi pengunjung.

Selain di bagian dalam, Mal Taman Anggrek pun melakukan pembenahan di bagian luar. Hal ini dilakukan dengan membangun LED screen yang membungkus eksterior atau fasad gedung. Tak tanggung-tanggung, demi meningkatkan brand dan mencuri perhatian masyarakat dunia, LED tersebut dibuat sangat besar.

Luasnya mencapai 8.674,3 meter persegi sehingga meraih sertifikat Guinness World Records untuk kategori ‘The World Largest LED Illuminated Facade’. Keberadaan LED yang dirancang Mulia Group Architects dan diproduksi oleh StandardVision (Los Angeles, USA) ini pun sukses membuat Mal Taman Anggrek lebih berwarna, bahkan tampil modern sehingga terus menarik pengunjung milenial untuk datang ke sana.

Di sisi lain, Mal Taman Anggrek juga menggandeng berbagai platform, seperti e-commerce, e-wallet, dan aplikasi social messaging. Elvira Indiasari mengatakan, hal tersebut dilakukan karena Mal Taman Anggrek ingin lebih mengetahui pasar, khususnya dalam menghadapi era digitali seperti sekarang. “Langkah ini juga membuat kami dekat dengan target pasar kami,” bebernya.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.