Malas Beraktivitas Usai Liburan Hati-hati Post-Holiday Blues

Kesehatan

Malas Beraktivitas Usai Liburan? Hati-hati Post-Holiday Blues

Usai musim liburan yang cukup panjang, bukannya merasa bahagia karena telah liburan dan beristirahat Anda justru merasa malas dan merasa sedih karena liburan dirasa kurang panjang? Hati-hati, Anda bisa saja mengalami fenomena yang disebu post holiday blues atau sebuah kondisi emosional setelah melakukan liburan.

Perasaan murung, sedih, dan malah yang Anda alami kemungkinan disebabkan karena dua hal yaitu, liburan yang menyenangkan harus berakhir atau Anda tak siap melakukan aktivitas normal setelah liburan. Post holiday blues memiliki beberapa gejala, yaitu:

  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Gelisah
  • Penambahan atau penurunan berat badan
  • Agitasi

[Baca Juga: Merasa Mata Lelah, Bisa Jadi Itu Sindrom Gangguan Mata atau CVS]

Namun jangan biarkan hal ini sampai berlarut-larut karena dapat mengganggu produktivitas. Maka dari itu, melansir dari berbagai sumber (13/6/2019) berikut beberapa kiat yang bisa Anda ikuti agar terbebas dari post holiday blues dan kembali semangat bekerja.

1. Istirahat

Memulai ke kehidupan normal setelah liburan yang menyenangkan memang terasa berat, namun agar Anda tak merasa demikian. Manfaatkan waktu singkat yang Anda punya untuk beristirahat dan melakukan me time dengan melakukan perawatan atau aktivitas yang Anda sukai. Sehingga Anda bisa memiliki jeda antara liburan dan waktu bekerja.

2. Buat Jadwal Liburan Selanjutnya

Memiliki liburan yang menyenangkan seperti yang Anda lakukan sebelumnya, taka da salah. Pilih waktu untuk Anda mengeksplor daerah lebih banyak. Menurut psikolog klinis dari Australia Jaimie Bloch, jika seseorang mengalamai post-holiday blues ada baiknya segera rancang jadwal untuk liburan selanjutnya dalam waktu dekat. Karena saat Anda mengantisipasikan liburan yang selanjutnya, Anda bisa saja mengalami kesenangan dan kegembiraan sehingga emosi Anda lebih positif.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

3. Makan Teratur

Saat liburan memang rasanya tak ada batasan ketika makan, bahkan Anda cenderung tak peduli dengan apa yang Anda nikmati. Maka dari itu, seusai liburan sangat disarankan jika Anda kembali menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Pastikan Anda mengonsumsi asam amino, karbohidrat, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang tepat agak membuat Anda lebih segar, rileks dan stabil.

4. Olahraga dan Tidur Cukup

Dengan memiliki kedua hal ini, Anda akan mempercepat fase penyesuaian setelah liburan. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki energi untuk melakukan rutinitas sehar-hari. Jika Anda rajin berolahraga dan dengan tidur yang cukup, secara emosional Anda akan lebih baik dan relaks.

Dari pemaparan di atas, Anda kah salah satu orang yang mengidap sindrom ini? cepat-cepat diatasi agar bisa segera beraktivitas secara normal ya!


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.