Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Otak Anak

Pendidikan

Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Otak Anak

Musik adalah salah satu hal terindah yang dapat memberikan manfaat untuk siapa saja, termasuk untuk si Kecil. Musik sudah dikenal akan manfaatnya yang besar untuk perkembangan otak anak. Memperdengarkan lagu kepada bayi yang masih ada di dalam kandungan diketahui dapat merangsang dan meningkatkan reaksi aktivitas otaknya. Maka itu, ibu hamil disarankan untuk memperdengarkan musik kepada anak sejak ia masih di dalam kandungan.

Bayi yang baru lahir juga lebih dulu mengenali irama dibanding mengenali kata-kata. Tak hanya mendengarkan musik, belajar bermain alat musik pun juga dapat menstimulasi otak anak. Bermain musik bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Tak jarang orangtua yang mengikutkan anaknya dalam kursus musik karena melihat sebuah bakat pada anak. Idealnya, Anda bisa mulai mengajak buah hati belajar bermain alat musik sejak berusia tiga tahun.

[Baca Juga: Delapan Negara akan Tampilkan Seni Tari dan Musik di JIFF 2019]

Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Otak Anak

Melansir dari beberapa laman, berikut manfaat belajar musik untuk perkembangan otak anak, antara lain :

1) Mengendalikan Emosi

Musik memang memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, termasuk anak-anak. Berlatih instrumen musik terbukti dapat membuat korteks atau permukaan paling luar otak menipis. Korteks yang tebal diindikasikan menjadi penyebab timbulnya kecemasan, depresi, sifat menyerang dan perilaku tidak terkontrol pada anak. Anak yang diberi pelatihan musik juga dinilai dapat mengendalikan emosinya dengan lebih baik. Biola diketahui sebagai alat musik yang lebih efektif membantu mengobati masalah psikologis anak daripada menggunakan obat-obatan.

2) Membantu Anak Lebih Fokus

Korteks yang menjadi lebih tipis akibat bermain musik, bermanfaat mengatasi masalah konsentrasi anak dan membuat memori anak bekerja dengan baik. latihan musik dapat membantu anak-anak menjadi lebih fokus pada apa yang mereka kerjakan.

3) Membuat Anak Lebih Pintar

Belajar memainkan alat musik tertentu, seperti drum yang menggabungkan gerakan tangan dan kaki sangat baik untuk merangsang area motorik pada otak anak. Selain itu, anak juga belajar untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh dengan penglihatan, pendengaran, dan juga otak saat bermain musik. Hal itu dapat membuatnya berpikir lebih cepat, memiliki daya ingat yang kuat, serta meningkatkan kemampuan otak kanan dan kirinya.

4) Melatih Keterampilan Fisik dan Kreatifitas

Berlatih musik memang akan mengaktifkan beberapa bagian otak sekaligus seperti syaraf-syaraf motorik, bagian audio-visual juga bagian memori. Menuntut gerakan yang berbeda antara tangan kanan dan kiri, sehingga bermanfaat untuk melatih keterampilan serta membuat anak tetap merasa tenang. Sel-sel otak Anak masih akan terus berkembang membentuk sambungan-sambungan baru. Semakin banyak bagian sel yang tersambung, fungsi otak akan semakin maksimal. Hal tersebut membutuhkan stimulasi yang tepat. Inilah manfaat kursus musik sebagai stimulus untuk perkembangan otak anak. Apabila otak berfungsi maksimal, anak juga akan menjadi lebih kreatif dalam mencari pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari.

5) Belajar Disiplin dan Sabar

Bermain musik tidak mudah. Untuk bisa menguasai sebuah lagu, Anak harus berlatih terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi, latihan musik secara tidak langsung juga mengajarkan anak untuk disiplin dan sabar, karena untuk menguasai suatu alat musik, dibutuhkan proses yang panjang.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Musik memiliki daya tarik global, sangat bijaksana memanfaatkan musik untuk membantu anak Anda tumbuh, baik secara fisik dan mental yang kuat. Perhatikan alat musik apa yang paling disukai anak dan biarkan ia belajar instrumen tersebut dengan memberikan kursus. Selain mendaftarkan kursus, orangtua juga berperan untuk mendukung dan membimbing anak dalam kegiatannya bermusik.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.