Manfaat Belajar Sempoa Untuk Anak

Pendidikan

Manfaat Belajar Sempoa Untuk Anak

Sempoa dikenal sebagai sebuah alat hitung aritmatika kuno yang telah digunakan sejak dulu. Konon, perkembangan alat hitung ini bermula di Babilonia pada rentang tahun 2700 SM hingga 2300 SM. Namun, yang paling banyak dikenal hari ini, adalah versi Tiongkok. Sempoa pertama yang dimiliki oleh bangsa Tiongkok disebut dengan nama suanpan, diketahui berasal dari abad 2 SM. Suanpan dari Tiongkok ini bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi aritmatika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, pengalian, pembagian, akar kuadrat, ataupun akar pangkat tiga.

Sempoa saat ini populer dengan istilah Mental Aritmatika, belajar dan menggunakan sempoa sangat bermanfaat, apa lagi untuk Anak. Mengapa demikian? Jika anak Anda dikenalkan dan mempelajari sempoa dari kecil, tentunya program otak anak yang masih fresh akan lebih cepat menangkap sesuatu yang ia pelajari. Tak heran jika anak Anda dapat menghitung cepat, bahkan tak kalah dengan kalkulator.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Dilansir dari beberapa sumber, berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang manfaat sempoa. Selain manfaat sempoa untuk keterampilan berhitung, ada manfaat sempoa lainnya untuk anak, seperti :

  1. Mengoptimalkan Fungsi Otak Kanan Dan Kiri

Otak manusia terbagi dua, otak kanan dan otak kiri. Keduanya memberikan fungsi dan peran yang berbeda. Penelitian telah membuktikan bahwa otak sebelah kanan jarang sekali digunakan. Latihan dengan sempoa meningkatkan penggunaan kedua otak secara seimbang.

2. Mahir Menghitung Di Luar Kepala

Dapat menghitung sesuatu dengan imajinasi. Anak berimajinasi seolah-olah sedang menghitung menggunakan sempoa, dan hasilnya dijamin 100 persen betul, asalkan ia juga sudah mahir berhitung menggunakan sempoa.

3. Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Sempoa melatih konsentrasi anak secara penuh, dengan begitu anak akan lebih mudah menangkap pelajaran dan fokus saat mengerjakan sesuatu.

4. Melatih Daya Imajinasi Dan Kreativitas

Imajinasi dan kreativitas adalah hal yang penting dalam perubahan dan mengatasi masalah. Dengan imajinasi dapat menemukan ide atau inspirasi. Dan dari inspirasi dapat berkreasi untuk menciptakan sesuatu.

5. Respon Daya Ingat Yang Kuat

Otak dapat menyimpan memori yang sangat banyak. Daya ingat untuk mengingat hal-hal yang terjadi dan terekam pada otak. Sempoa melatih daya ingat karena harus menghafal, hafalan membuat daya ingat anak Anda jadi lebih kuat.

[Baca Juga: Tempat Ini Ajarkan Matematika dari Sudut Pandang Anak]

6. Memupuk Rasa Percaya Diri Dan Sikap Mental Positif

Anak yang memiliki lebih banyak keterampilan akan lebih percaya diri. Ketika anak memiliki rasa percaya diri yang kuat, tumbuh mental yang kuat dan pantang menyerah menghadapi rintangan dalam mewujudkan tujuannya.

7. Suka Pelajaran Matematika

Matematika melatih logika, dengan belajar sempoa anak akan menyukai pelajaran matematika.

8. Kordinasi Otak Dan Tangan Lebih Baik

Pergerakan tangan akan sesuai dengan kordinasi dari otak, jadi lebih singkron. Dan ini akan melatih kecepatan dalam berpikir dan melakukan sesuatu.

9. Kesenangan, Kepuasan, Dan Kebanggaan

Jika Anak mencapai sesuatu yang ia inginkan pastinya anak akan senang. Dengan hasil yang ia peroleh anak akan puas dan merasa bangga. Sehingga menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam menciptakan karya-karya.

Dari beberapa manfaat sempoa di atas untuk anak, ternyata sempoa sangat membantu anak Anda menjadi anak yang pintar. Dengan daya ingat yang kuat dapat pula mengurangi risiko, bahkan jauh dari kemungkinan terkena penyakit pikun. Sempoa tak hanya untuk anak-anak, belajar sempoa bisa juga bagi Anda yang sudah dewasa. Tapi jika Anda memiliki anak lebih baik ajarkan anak Anda sempoa dari kecil, mengetahui tumbuh kembang otak anak Anda masih fresh.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan

Kecantikan dan Fashion

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan?

16 November 2019, 15:00

Anda rutin menggunakan serum? Pastikan Anda rutin mencuci muka. Namun, jangan dengan sabun biasa, karena tidak cukup mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Anda perlu melakukan double cleansing.

Petopia, Pet shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

Bisnis

Petopia, Pet Shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

16 November 2019, 14:00

Bagi para pecinta kucing, di pet shop Petopia Pasar Minggu, ada kucing lokal yang dirawat sehingga siap diadopsi secara gratis.

Kenang Memori Lama, McDonald's Adakan 40 Tahun Mainan Happy Meal 3 (FILEminimizer).jpg

Berita Kawasan

Terbit Kenangan Lama di Pameran HUT Ke-40 Happy Meal dari McDonald's

16 November 2019, 13:00

Saksikan pameran mainan McDonald's sepanjang empat dekade di 40th Anniversarry of Happy Meal Exhibition, Kelapa Gading.

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

Kuliner

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

16 November 2019, 12:00

Tauco menjadi bumbu masakan yang memiliki cita rasa yang khas. Tak hanya itu, aromanya pun khas sehingga tak jarang membuat selera orang tergugah untuk menyantapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.