Manfaat Botox, Persiapannya, Serta Efek Samping

Kecantikan dan Fashion

Manfaat Botox, Persiapannya, Serta Efek Samping yang Harus Anda Tahu

Bertambahnya usia yang mana kulit mulai mengendur, banyak sebagian dari Anda jadi kurang percaya diri, khusunya kaun hawa. Untuk mempertahankan kecantikan dan kulit tampak lebih muda banyak yang dilakukan seperti tanam benang, filler, maupun botox. Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan mengulas perawatan kecantikan yakni botox.

Botulinum toxin atau botox adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Botox diberikan melalui suntikan dan efeknya sementara. Oleh karena itu, suntikan perlu diulang agar kerutan di wajah tetap tidak terlihat.

[Baca Juga: Kulit Cantik dan Sehat dengan Perawatan Darah Sendiri]

Obat ini akan melumpuhkan otot yang disuntik, sehingga otot menjadi lemas dan kerutan tidak timbul. Karena hanya melumpuhkan bagian otot yang disuntik dan efeknya hanya sementara, botox jarang menimbulkan efek samping yang berbahaya. Pasien juga bisa kembali beraktivitas segera setelah disuntik. Melansir dari alodokter.com, berikut manfaat lain dari botox.

  • Mengatasi kerutan wajah
  • Mengatasi otot yang kaku
  • Mengatasi penyakit otot leher (cervical dystonia)
  • Mengatasi masalah buang air kecil
  • Mengatasi kedutan pada mata dan mata juling
  • Mengatasi ketiak basah
  • Mengatasi migrain

Manfaat Botox, Persiapannya, Serta Efek Samping

Sebelum Anda melakukan botox, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter. Janganlah melakukan disembarang tempat. Pastikan Anda lakukan di klinik kecantikan ternama dan terpercaya dan dilakukan oleh ahli medis atau dokter. Hal-hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin melakukan botox, yaitu:

  1. Diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan botox, khususnya jika memiliki alergi pada makanan atau obat tertentu
  2. Sebelum menggunakan botox, beri tahu dokter jika pernah atau sedang mengalami penyakit jantung, penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS), sindrom Lambert-Eaton, gangguan berkemih, glaukoma, kejang, sulit menelan, myasthenia gravis, serta gangguan pernapasan, seperti emfisema dan asma
  3. Informasikan pada dokter apabila dalam jangka waktu 4 bulan sebelumnya pernah mendapat suntik botox
  4. Suntik botox dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kelemahan pada otot. Hindari berkendara atau melakukan aktivitas yang memerlukan penglihatan yang jernih dan kewaspadaan, sampai Anda yakin mampu melakukannya

Botox diberikan melalui suntikan oleh dokter. Area yang disuntik tergantung kepada kondisi yang dialami pasien. Waktu yang dibutuhkan hingga efek botox terlihat secara signifikan, dapat berbeda pada tiap orang. Pada umumnya, efek sudah terlihat dalam beberapa hari, dan akan bertahan selama 3-6 bulan. Ulangi suntikan tiap 3 bulan atau sesuai anjuran dokter, guna mempertahankan efek botox.

[Baca Juga: 4 Kegiatan yang Menimbulkan Keriput di Kulit]

Efek samping yang paling sering muncul adalah reaksi setempat pada area suntikan, seperti memar, kemerahan, nyeri, dan infeksi di area suntik. Efek botox hanya bersifat setempat, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berpengaruh pada sistem tubuh secara umum. Efek samping lain yang muncul tergantung dari tujuan dan tempat suntikan. Beberapa efek samping itu meliputi:

  • Gangguan pada mata, seperti penglihatan ganda, mata kering, iritasi mata, kelopak mata bengkak, radang pada selaput bening mata (kornea), mata sensitif terhadap cahaya
  • Sakit di leher atau punggung
  • Sulit menelan
  • Mulut kering
  • Sesak napas
  • Sulit buang air kecil
  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil
  • Infeksi saluran kemih
  • Keringat yang berlebihan selain di ketiak

Untuk mencegah dan mengatasi efek samping dari botox, dokter biasanya akan memberikan obat yang harus Anda minum serta penyembuhan pasca melakukan botox. Itulah serangkaian informasi mengenai botox, jika Anda ingin melakukannya, selain persiapan jasmani, siapkan juga kantong Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Pelatihan Mengemudi SIM A di Jaksel Solusi Kurangi Pengangguran

Berita Kawasan

Pelatihan Mengemudi SIM A Kembali Diadakan di Jakarta Selatan

13 November 2019, 21:00  |  8 Views

Pelatihan mengemudi SIM A kembali diadakan di Jakarta Selatan dengan tujuan memberikan keterampilan sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final Kompetisi eSport AOV Internasional

Berita Kawasan

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final eSport AOV Internasional

13 November 2019, 20:00  |  8 Views

Perjuangan perwakilan Indonesia pada kompetisi eSport AOV tingkat internasional masih terus berlanjut ke perempat final.

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

Kuliner

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

13 November 2019, 19:30  |  6 Views

Banyaknya sampah makanan di Indonesia membuat Hanamasa menjalankan kampanye Dari Meja ke Meja agar tak #TersisaPercuma.

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

Bisnis

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

13 November 2019, 18:00  |  13 Views

Ajang edukasi tahunan ini menjadi platform untuk berbagi dan belajar, menginspirasi dan terinspirasi dalam lingkungan yang menyenangkan serta interaktif.


Comments


Please Login to leave a comment.