Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh.jpg

Kesehatan

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Buah bit merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Yang berarti buah bit satu jenis dengan sayuran bayam atau yang berakar lainnya. Buah bit juga termasuk dalam tanaman umbi-umbian.

Pada awalnya buah bit tumbuh subur di Afrika. Manfaat akar buah yang sangat populer untuk obat kesehatan mampu menjadi jalan penyebaran buah bit ke wilayah Asia dan Eropa. Sejak abad ke 16 hingga abad ke-19, banyak manfaat yang bisa dihasilkan buah bit.

Selain dimanfaatkan untuk pewarna makanan, buah ini juga menjadi salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

[Baca Juga: Uniknya Kombinasi Rasa Asin-Manis di Es Krim Ini]

Bentuk dari buah bit menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Memiliki Kandungan lemak, protein, dan kalori yang cukup rendah membuat buah bit sangat cocok bagi Anda yang menjalani diet.

Cara mengolah buah bit pun cukup beragam. Biasanya buah bit diminum dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan bertekstur lembut.

Dilansir dari Healthline.com (11/2/2019), terdapat sembilan mikro nutrisi yang terdapat pada buah bit, yakni asam folat, serat, vitamin C, kaliumen, magnesium, zat besi, fosfor, caumarin, betasianin. Berbagai manfaat pun bisa dihasilkan oleh buah bit jika dikonsumsi secara rutin.

Serat bit telah terbukti sanggup meningkatkan jumlah sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan menghilangkan sel-sel abnormal. Maka dari itu, buah bit masuk kedalam sepuluh jenis sayuran antioksidan yang paling kaya dengan nutrisi.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Efek buah bit juga bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang biasanya menjadi awal menjalarnya penyakit jantung atau stroke.

Mengonsumsi buah bit dengan cara dijus terus populer, pascaperaih medali emas Paralimpik, David Weir mengatakan kepada media rahasianya bisa meraih emas di Paralimpik 2016 ialah dengan menenggak segelas jus bit untuk keluar sebagai yang tercepat di trek lapangan.

Meski banyak manfaat yang bisa dihasilkan buah bit, Anda perlu memerhatikan juga sisi negatif dari buah bit terhadap orang yang alergi.

Jika Anda mengalami gatal atau bengkak pada kulit, sebaiknya Anda hentikan mengonsumsi buah bit dan datangi dokter Anda untuk tindakan lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.