Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh.jpg

Kesehatan

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Buah bit merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Yang berarti buah bit satu jenis dengan sayuran bayam atau yang berakar lainnya. Buah bit juga termasuk dalam tanaman umbi-umbian.

Pada awalnya buah bit tumbuh subur di Afrika. Manfaat akar buah yang sangat populer untuk obat kesehatan mampu menjadi jalan penyebaran buah bit ke wilayah Asia dan Eropa. Sejak abad ke 16 hingga abad ke-19, banyak manfaat yang bisa dihasilkan buah bit.

Selain dimanfaatkan untuk pewarna makanan, buah ini juga menjadi salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

[Baca Juga: Uniknya Kombinasi Rasa Asin-Manis di Es Krim Ini]

Bentuk dari buah bit menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Memiliki Kandungan lemak, protein, dan kalori yang cukup rendah membuat buah bit sangat cocok bagi Anda yang menjalani diet.

Cara mengolah buah bit pun cukup beragam. Biasanya buah bit diminum dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan bertekstur lembut.

Dilansir dari Healthline.com (11/2/2019), terdapat sembilan mikro nutrisi yang terdapat pada buah bit, yakni asam folat, serat, vitamin C, kaliumen, magnesium, zat besi, fosfor, caumarin, betasianin. Berbagai manfaat pun bisa dihasilkan oleh buah bit jika dikonsumsi secara rutin.

Serat bit telah terbukti sanggup meningkatkan jumlah sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan menghilangkan sel-sel abnormal. Maka dari itu, buah bit masuk kedalam sepuluh jenis sayuran antioksidan yang paling kaya dengan nutrisi.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Efek buah bit juga bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang biasanya menjadi awal menjalarnya penyakit jantung atau stroke.

Mengonsumsi buah bit dengan cara dijus terus populer, pascaperaih medali emas Paralimpik, David Weir mengatakan kepada media rahasianya bisa meraih emas di Paralimpik 2016 ialah dengan menenggak segelas jus bit untuk keluar sebagai yang tercepat di trek lapangan.

Meski banyak manfaat yang bisa dihasilkan buah bit, Anda perlu memerhatikan juga sisi negatif dari buah bit terhadap orang yang alergi.

Jika Anda mengalami gatal atau bengkak pada kulit, sebaiknya Anda hentikan mengonsumsi buah bit dan datangi dokter Anda untuk tindakan lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.