Apa Saja Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Kesehatan

Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Imunisasi yang juga dikenal sebagai vaksinasi dapat membantu melindungi Anda dari penyakit menular. Ketika Anda divaksinasi, artinya Anda juga membantu melindungi orang lain dari penyakit menular.

Menurut HealthlinkBC (28/6/2019), imunisasi sangat penting bagi tubuh seseorang. Selain untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda dari penyakit, imunisasi ialah cara terbaik untuk mencegah virus atau penyakit menular.

Imunisasi juga sangat bermanfaat untuk anak Anda agar tak mendapatkan penyakit berbahaya. Salah satu cara terbaik bagi balita agar terhindar dari penyakit ialah dengan imunisasi Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT), merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Ketiga penyakit ini merupakan penyakit serius yang berawal dari adanya bakteri. Oleh karena itu, menyuntikkan imunisasi DPT kepada balita sangat dianjurkan.

[Baca Juga: Lomba Mewarnai dan Vlog Story Telling Dalam Rangka Pekan Imunisasi]

Imunisasi DPT diberikan guna menghindari dari penyakit seperti difteri, pertusis, dan tetanus. Difteri sendiri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lender pada hidung serta tenggorokan.

Penyakit ini dapat membuat anak sulit bernafas dan mengonsumsi makanan. Jika tidak buru-buru diobati, difteri sanggup menyebabkan kerusakan ginjal, jantung, dan saraf. Lalu, pertusis atau batuk rejan ialah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sanggup menyebabkan Anak Anda batuk parah.

Sedangkan tetanus ialah penyakit yang menyebabkan kekauan otot parah dan kejang pada otot. Biasanya, penyakit ini tidak ditularkan dari orang ke orang, melainkan dari luka yang kotor dan terpapar panah.

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

Maka, berikanlah imunisasi DPT pada anak-anak sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Dosis yang diberikan ialah satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelah itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan booster Tdap, yang berarti imunisasi ulang tetanus difteri dan pertusis setiap 10 tahun.

Namun, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu kondisi anak sebelum melakukan imunisasi. Anak Anda wajib dalam keadaan fit agar tubuh sang buah hati sanggup menerima dosis imunisasi.

Read More

Artikel Lainnya

Lagu Kembali Ke Awal Ciptaan Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

Berita Kawasan

Kembali Ke Awal Karya Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

19 July 2019, 21:00  |  10 Views

Setelah merilis lagu Orang Biasa, Glen Fredly kembali merilis single Kembali ke Awal yang juga dijadikan sebagai original soundtrack film Twivortiare dari rumah produksi MD Pictures.

TP PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

Berita Kawasan

Tim Penggerak PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

19 July 2019, 20:00  |  8 Views

PKK memberikan segala macam informasi mulai dari hidup tertib dan teratur, standar gizi dan wawasan kesehatan.

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

Bisnis

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

19 July 2019, 19:00  |  7 Views

Nilai transaksi yang dicapai membuat panitia IFRA 2019 semakin optimistis dalam membatu memajukan industri franchise Indonesia melalui pameran berkualitas.

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

Berita Kawasan

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

19 July 2019, 18:00  |  7 Views

Turnamen golf Asian Development Tour akan diikuti 144 pegolf dari hampir 20 negara. Turnamen golf internasional ini berhadiah senilai total 75.000 USD.


Comments


Please Login to leave a comment.