Apa Saja Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Kesehatan

Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Imunisasi yang juga dikenal sebagai vaksinasi dapat membantu melindungi Anda dari penyakit menular. Ketika Anda divaksinasi, artinya Anda juga membantu melindungi orang lain dari penyakit menular.

Menurut HealthlinkBC (28/6/2019), imunisasi sangat penting bagi tubuh seseorang. Selain untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda dari penyakit, imunisasi ialah cara terbaik untuk mencegah virus atau penyakit menular.

Imunisasi juga sangat bermanfaat untuk anak Anda agar tak mendapatkan penyakit berbahaya. Salah satu cara terbaik bagi balita agar terhindar dari penyakit ialah dengan imunisasi Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT), merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Ketiga penyakit ini merupakan penyakit serius yang berawal dari adanya bakteri. Oleh karena itu, menyuntikkan imunisasi DPT kepada balita sangat dianjurkan.

[Baca Juga: Lomba Mewarnai dan Vlog Story Telling Dalam Rangka Pekan Imunisasi]

Imunisasi DPT diberikan guna menghindari dari penyakit seperti difteri, pertusis, dan tetanus. Difteri sendiri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lender pada hidung serta tenggorokan.

Penyakit ini dapat membuat anak sulit bernafas dan mengonsumsi makanan. Jika tidak buru-buru diobati, difteri sanggup menyebabkan kerusakan ginjal, jantung, dan saraf. Lalu, pertusis atau batuk rejan ialah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sanggup menyebabkan Anak Anda batuk parah.

Sedangkan tetanus ialah penyakit yang menyebabkan kekauan otot parah dan kejang pada otot. Biasanya, penyakit ini tidak ditularkan dari orang ke orang, melainkan dari luka yang kotor dan terpapar panah.

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

Maka, berikanlah imunisasi DPT pada anak-anak sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Dosis yang diberikan ialah satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelah itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan booster Tdap, yang berarti imunisasi ulang tetanus difteri dan pertusis setiap 10 tahun.

Namun, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu kondisi anak sebelum melakukan imunisasi. Anak Anda wajib dalam keadaan fit agar tubuh sang buah hati sanggup menerima dosis imunisasi.

Read More

Artikel Lainnya

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

05 June 2020, 19:00

Untuk memetakan sebaran COVID-19, pemkot Yogyakarta lakukan kegiatan rapid test untuk para pedagang tradisional.

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP

05 June 2020, 18:00

Pekan ini, Pemkot Medan mulai membuka PPDB 2020 secara online sekaligus menggelar uji coba untuk memudahkan pendaftaran anak sekolah tingkat SMP di tengah pandemi COVID-19.

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

Pendidikan

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 17:30

Isu yang ramai beredar tentang kenaikan uang kuliah atau UKT di masa pandemi Covid-19, mendapat respon dari Kemendikbud

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Hobi dan Hiburan

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar #WhiteLivesMatter

05 June 2020, 17:00

Sebuah survei menunjukkan, mayoritas masyarakat Amerika Serikat bersimpati dengan aksi protes atas pembunuhan George Floyd. Begitu juga dengan fans K-Pop.


Comments


Please Login to leave a comment.