Apa Saja Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Kesehatan

Manfaat Imunisasi DPT Bagi Balita

Imunisasi yang juga dikenal sebagai vaksinasi dapat membantu melindungi Anda dari penyakit menular. Ketika Anda divaksinasi, artinya Anda juga membantu melindungi orang lain dari penyakit menular.

Menurut HealthlinkBC (28/6/2019), imunisasi sangat penting bagi tubuh seseorang. Selain untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda dari penyakit, imunisasi ialah cara terbaik untuk mencegah virus atau penyakit menular.

Imunisasi juga sangat bermanfaat untuk anak Anda agar tak mendapatkan penyakit berbahaya. Salah satu cara terbaik bagi balita agar terhindar dari penyakit ialah dengan imunisasi Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT), merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Ketiga penyakit ini merupakan penyakit serius yang berawal dari adanya bakteri. Oleh karena itu, menyuntikkan imunisasi DPT kepada balita sangat dianjurkan.

[Baca Juga: Lomba Mewarnai dan Vlog Story Telling Dalam Rangka Pekan Imunisasi]

Imunisasi DPT diberikan guna menghindari dari penyakit seperti difteri, pertusis, dan tetanus. Difteri sendiri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lender pada hidung serta tenggorokan.

Penyakit ini dapat membuat anak sulit bernafas dan mengonsumsi makanan. Jika tidak buru-buru diobati, difteri sanggup menyebabkan kerusakan ginjal, jantung, dan saraf. Lalu, pertusis atau batuk rejan ialah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sanggup menyebabkan Anak Anda batuk parah.

Sedangkan tetanus ialah penyakit yang menyebabkan kekauan otot parah dan kejang pada otot. Biasanya, penyakit ini tidak ditularkan dari orang ke orang, melainkan dari luka yang kotor dan terpapar panah.

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

Maka, berikanlah imunisasi DPT pada anak-anak sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Dosis yang diberikan ialah satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelah itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan booster Tdap, yang berarti imunisasi ulang tetanus difteri dan pertusis setiap 10 tahun.

Namun, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu kondisi anak sebelum melakukan imunisasi. Anak Anda wajib dalam keadaan fit agar tubuh sang buah hati sanggup menerima dosis imunisasi.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.