Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis

Kesehatan

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis

Mengonsumsi buah-buahan tropis biasanya karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Anda dapat memakannya secara langsung maupun dipadukan dengan bahan makanan yang lain. Tak sedikit pula orang memilih asupan buah-buahan tropis sebagai menu diet. Tetapi sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan dari menambahkan lebih banyak buah tropis ke dalam makanan Anda.

Walaupun ada banyak buah-buahan tropis yang tersedia, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makan buah-buahan tropis yang mudah ditemui dan diperoleh, seperti avokad, pisang, kiwi, mangga, pepaya dan nanas.

[Baca Juga: Bosan Pisang Goreng? Ayo Coba Menu Lain Buah-buahan Goreng Ini]

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Avokad
  • Avokad

Buah ini memiliki kandungan glutathione yang baik, yang merupakan senyawa alami yang ditemukan di semua sel tubuh, sehingga menawarkan perlindungan terhadap penuaan dan penyakit. Glutathione adalah antioksidan kuat yang membantu menghancurkan radikal bebas berbahaya sebelum dapat merusak sel, jaringan, dan organ Anda. Glutathione efektif mengobati efek kondisi terkait autisme dan membantu melindungi sel-sel otak yang terlibat dalam penyakit Parkinson. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada avokad dapat membantu melindungi mata Anda terhadap kondisi terkait usia seperti glaukoma atau degenerasi makula.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pisang
  • Pisang

Pisang adalah sumber mineral potassium yang sangat baik, artinya dapat membantu keseimbangan elektrolit setelah berolahraga. Pisang kaya akan vitamin B-Kompleks, meningkatkan pusat energi sel tubuh, yang dikenal sebagai mitokondria, untuk mengisi setiap fungsi seluler dalam tubuh.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Kiwi
  • Kiwi

Buah kiwi mengandung nutrisi langka yang dikenal sebagai fisetin. Senyawa tanaman ini ditemukan juga di stroberi. Senyawa ini menunjukkan harapan dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Mangga
  • Mangga

Karena mangga mengandung karotenoid dalam jumlah yang banyak, termasuk beta karoten yang merupakan nutrisi anti kanker yang mapan, maka buah ini dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker. Mangga mengandung zat yang dikenal sebagai asam galat dan gallotanin yang mengurangi peradangan usus. Mangga juga kaya akan zeaxanthin yang membantu mencegah degenerasi mata. Mangga segar adalah pilihan yang sangat baik untuk melindungi mata dari glaukoma.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pepaya
  • Pepaya

Buah ini kaya akan vitamin C, yang merupakan antihistamin alami yang kuat dan nutrisi antiinflamasi yang dapat terkuras selama serangan asma. Mengonsumsi pepaya yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu keadaan penderita gangguan pernapasan. Berkat konten papain, pepaya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Papain adalah jenis enzim, yang merupakan jenis protein khusus yang memberi efek anti-inflamasi yang kuat. Papain pada pepaya dapat membantu pencernaan. Enzim ini membantu mencerna makanan berprotein, sehingga memberi dorongan pada saluran pencernaan.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Nanas
  • Nanas

Nanas dapat membantu membersihkan sisa metabolisme beracun dari sistem limfatik. Sistem getah bening adalah jaringan yang membawa pembuangan metabolisme tubuh dari jaringan dan kemudian menetralkannya. Ini juga termasuk limpa, timus, dan amandel untuk menghilangkan racun berbahaya sebelum berkontribusi terhadap rasa sakit atau penyakit. Nanas adalah sumber mineral mangan yang sangat baik yang dibutuhkan untuk pusat energi sel, yang dikenal sebagai mitokondria, untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya.

[Baca Juga: Ini Cara Melakukan Detoks Alami dengan Buah-Buahan]

Mengonsumsi buah-buahan secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Kalau kebiasaan makan buah sudah dijalani, kemungkinan besar beragam penyakit pun dapat dihindari.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.