Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis

Kesehatan

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis

Mengonsumsi buah-buahan tropis biasanya karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Anda dapat memakannya secara langsung maupun dipadukan dengan bahan makanan yang lain. Tak sedikit pula orang memilih asupan buah-buahan tropis sebagai menu diet. Tetapi sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan dari menambahkan lebih banyak buah tropis ke dalam makanan Anda.

Walaupun ada banyak buah-buahan tropis yang tersedia, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makan buah-buahan tropis yang mudah ditemui dan diperoleh, seperti avokad, pisang, kiwi, mangga, pepaya dan nanas.

[Baca Juga: Bosan Pisang Goreng? Ayo Coba Menu Lain Buah-buahan Goreng Ini]

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Avokad
  • Avokad

Buah ini memiliki kandungan glutathione yang baik, yang merupakan senyawa alami yang ditemukan di semua sel tubuh, sehingga menawarkan perlindungan terhadap penuaan dan penyakit. Glutathione adalah antioksidan kuat yang membantu menghancurkan radikal bebas berbahaya sebelum dapat merusak sel, jaringan, dan organ Anda. Glutathione efektif mengobati efek kondisi terkait autisme dan membantu melindungi sel-sel otak yang terlibat dalam penyakit Parkinson. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada avokad dapat membantu melindungi mata Anda terhadap kondisi terkait usia seperti glaukoma atau degenerasi makula.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pisang
  • Pisang

Pisang adalah sumber mineral potassium yang sangat baik, artinya dapat membantu keseimbangan elektrolit setelah berolahraga. Pisang kaya akan vitamin B-Kompleks, meningkatkan pusat energi sel tubuh, yang dikenal sebagai mitokondria, untuk mengisi setiap fungsi seluler dalam tubuh.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Kiwi
  • Kiwi

Buah kiwi mengandung nutrisi langka yang dikenal sebagai fisetin. Senyawa tanaman ini ditemukan juga di stroberi. Senyawa ini menunjukkan harapan dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Mangga
  • Mangga

Karena mangga mengandung karotenoid dalam jumlah yang banyak, termasuk beta karoten yang merupakan nutrisi anti kanker yang mapan, maka buah ini dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker. Mangga mengandung zat yang dikenal sebagai asam galat dan gallotanin yang mengurangi peradangan usus. Mangga juga kaya akan zeaxanthin yang membantu mencegah degenerasi mata. Mangga segar adalah pilihan yang sangat baik untuk melindungi mata dari glaukoma.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pepaya
  • Pepaya

Buah ini kaya akan vitamin C, yang merupakan antihistamin alami yang kuat dan nutrisi antiinflamasi yang dapat terkuras selama serangan asma. Mengonsumsi pepaya yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu keadaan penderita gangguan pernapasan. Berkat konten papain, pepaya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Papain adalah jenis enzim, yang merupakan jenis protein khusus yang memberi efek anti-inflamasi yang kuat. Papain pada pepaya dapat membantu pencernaan. Enzim ini membantu mencerna makanan berprotein, sehingga memberi dorongan pada saluran pencernaan.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Nanas
  • Nanas

Nanas dapat membantu membersihkan sisa metabolisme beracun dari sistem limfatik. Sistem getah bening adalah jaringan yang membawa pembuangan metabolisme tubuh dari jaringan dan kemudian menetralkannya. Ini juga termasuk limpa, timus, dan amandel untuk menghilangkan racun berbahaya sebelum berkontribusi terhadap rasa sakit atau penyakit. Nanas adalah sumber mineral mangan yang sangat baik yang dibutuhkan untuk pusat energi sel, yang dikenal sebagai mitokondria, untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya.

[Baca Juga: Ini Cara Melakukan Detoks Alami dengan Buah-Buahan]

Mengonsumsi buah-buahan secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Kalau kebiasaan makan buah sudah dijalani, kemungkinan besar beragam penyakit pun dapat dihindari.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.