Manfaat Kurma untuk Orang yang Berpuasa

Kesehatan

Manfaat Kurma untuk Orang yang Berpuasa

Kurma merupakan buah khas Timur Tengah yang khas muncul saat bulan Ramadan. Masyarakat muslim, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga karena adanya sunah atau anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Namun tak banyak orang yang mengetahui, mengapa buah manis ini direkomendasikan untuk berbuka puasa.

Buah ini merupakan salah satu makanan yang bisa melancarkan pencernaan, buah khas ini memiliki pemanis alami yang kerap kali digunakan sebagai pengganti gula di beberapa hidangan.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Mengonsumsi buah-buahan kering seperti kurma dapat meningkatkan kesehatan mata dan mungkin menjaga keefektifitasan masalah penglihatan seperti kebutaan malam. Bukan hanya itu saja, ternyata kurma kaya akan manfaat. Melansir dari organicfacts.net (13/5/2019) inilah manfaat kurma untuk kesehatan.

1. Kesehatan Tulang

Jurnal yang diterbitkan oleh Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D. dan mahasiswa dari North Dakota State University mengatakan, kurma mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Critical Reviews di Food Science and Nutrition menunjukkan, sejumlah besar mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium yang ditemukan dalam kurma menjadikannya sebagai buah terbaik untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit tulang seperti osteoporosis. Kurma energi mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya dapat membantu mengelola kesehatan tulang, khususnya di kalangan orang dewasa.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

2. Sumber Energi yang Baik

Kurma juga dapat membantu mengumpulkan kembali energi tubuh setelah seharian berpuasa. Kurma mengandugn nutrisi dan gula alami yang dapat membangkitkan rasa lesu dan lunglai, sehingga tak heran buah ini jadi santapan wajib ketika bulan Ramadan. Buah kurma mengandung sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami seperti anthocyanin, asam ferulik, asam protocatechuic, dan asam caffeikk yang baik untuk penderita demensia dan Alzheimer.

3. Meningkatkan Kondisi Anemia

Kurma adalah sumber zat besi yang baik. Kurma bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan asupan makanan kaya zat besi, agar dapat membantu meringankan gejala anemia.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

4. Mencegah Penyakit Jantung

Kurma kaya akan kalium, sehingga efektif mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Kedua hal tersebut adalah faktor risiko dari penyakit jantung serta stroke. Kurma merupakan sumber kalium yang kaya. Penelitian telah menunjukkan, kedua kandungan tersebut bagus untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit terkait jantung lainnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan buah kurma mampu melindungi otak dari stres oksidatif dan inflamasi ataupun peradangan.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh. Sekarang Anda sudah tahu betul bukan, mengapa Nabi Muhammad menganjurkan Anda berbuka dengan kurma?

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.