Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan

Kecantikan dan Fashion

Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Kulit Anda

Saat ini lactic acid atau asam laktat kerap ditemukan dalam bahan skincare. Kepopuleran kandungan zat kimia ini tidak kalah dengan retinol, vitamin C, dan peptida. Asam laktat berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber vegan, yang biasanya sintetis dan lebih mudah untuk membuat produk lengkap.

Dibandingkan dengan asam glikolat (asam laktat yang sangat kuat), asam laktat lebih ringan (berkat ukuran molekulnya yang sedikit lebih besar) sekaligus memberikan manfaat yang sama. Artinya, lebih cocok untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah teriritasi. Demikian menurut S. Tyler Hollmig, MD, direktur bedah kulit di UT Dell Medical School and Ascension Seton di Austin, Texas.

Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan

Berikut penjelasan mengenai manfaat asam laktat bagi kulit Anda seperti dirangkum dari prevention.com (25/9/2020).

1) Eksfoliator Terbaik

Asam laktat bekerja dengan mengelupas lapisan luar kulit Anda dengan lembut, jelas Dr. Hollmig. Mengelupas sel-sel yang kusam dan mati memberi jalan bagi kulit yang lebih cerah dan halus di bawahnya, penelitian menunjukkan.

2) Mengurangi Jerawat

Pengelupasan ini juga membantu menjaga pori-pori tetap bersih dengan mengelupas sel kulit mati ditambah minyak berlebih, mencegah pembentukan jerawat, komedo, atau komedo putih.

3) Menyamarkan Kerutan

Seringkali, kulit yang menua terutama membutuhkan bantuan di bagian pengelupasan kulit. “Sel-sel kulit normal dan sehat di lapisan luar kulit terlepas setiap dua hingga tiga minggu. Ini mungkin melambat karena penuaan, dehidrasi, dan pemicu stres lingkungan lainnya, yang dapat muncul sebagai kulit kasar, bersisik, dan tampak kusam,” kata Dr. Hollmig.

[Baca Juga: Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan]

4) Meningkatkan Elastisitas

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa formula asam laktat 5% yang dioleskan dua kali sehari meningkatkan ketebalan dan kekencangan kulit, kata Dr. Hollmig, yang berarti menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Studi sebelumnya yang sering dikutip ini menunjukkan, konsentrasi yang lebih besar dari 12% menghasilkan manfaat yang lebih terlihat, tetapi dia memperingatkan bahwa produk yang lebih kuat dapat membuat Anda lebih rentan terhadap iritasi (seperti kemerahan, gatal, atau mengelupas), terutama untuk kulit sensitif. kulit.

5) Mengobati Kulit Bergelombang

Di luar wajah, asam laktat sering kali dimasukkan ke dalam losion tubuh. Terutama, digunakan untuk mengobati keratosis pilaris, alias "kulit ayam" yang muncul di punggung lengan atau di kaki Anda. Kondisi kulit tidak berbahaya, tetapi seringkali mengganggu. Asam laktat dapat mengatasi benjolan kecil ini, kata Dr. Hollmig, tetapi Anda harus mengoleskan losion secara teratur dalam jangka panjang untuk hasil terbaik.

[Baca Juga: 4 Skin Care Retinol Lokal untuk Atasi Masalah Penuaan Dini]

Asam laktat dikenal lebih lembut dan lebih menghidrasi dibandingkan dengan AHA lainnya. Untuk alasan itu, mungkin cocok bahkan jika Anda memiliki kulit sensitif, kata Dr. Hollmig. Meskipun demikian, jika ternyata bahan tersebut membuat Anda merah dan iritasi, pertimbangkan untuk menggunakan produk dengan persentase asam laktat yang lebih rendah atau tidak menggunakannya sama sekali.

Sebagai catatan penting, karena semua AHA dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, selalu gunakan tabir surya sebelum Anda keluar rumah, baik Anda mengoleskan asam laktat pagi atau malam sebelumnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.