Manfaat Literasi untuk Anak 1.jpg

Pendidikan

Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini

Melek media daring memang penting diajarkan untuk anak usia dini, namun kecanduan gawai juga tidak baik bagi perkembangan anak akibat radiasi yang ditimbulkan. Memberikan permainan selain gawai bisa baik untuk perkembangannya, berikanlah anak buku sebagai pengganti gawai.

Sebuah survei yang dilakukan salah satu divisi Kementerian Pendidikan Amerika Serikat yang dikutip dari laman educenter.id (15/09/2017) menunjukkan bahwa balita yang terbiasa dibacakan buku oleh orangtua mereka bisa lebih cepat mengenal abjad.

Berdasarkan hasil survei lembaga internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, United Nation Education Society and Cultural Organization (UNESCO), minat baca penduduk Indonesia jauh di bawah negara-negara Asia.

Manfaat Literasi untuk Anak

Mengenalkan literasi penting dilakukan oleh orangtua kepada anak usia dini karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaatnya mengutip laman educenter.id (15/09/2017):

1. Melatih Membaca, Menulis, dan Menghitung

Cara awal yang mudah adalah dengan membiasakan anak dibacakan buku cerita atau dongeng tiap malam. Hal ini akan membantunya mengenal lebih awal bentuk-bentuk abjad. Dan, dalam perkembangannya sang anak akan terlatih memiliki kemampuan untuk membaca, dan menulis.

2. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Anak akan dengan mudah menghadapi berbagai situasi apabila mereka memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Kemampuan tersebut didapat karena anak sudah dikenalkan dengan pendidikan literasi. Menerapkan pendidikan literasi membuat anak dapat lebih mudah menerima, mengolah, dan menyikapi setiap informasi yang diterimanya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Pola pikir kritis diperlukan sebagai investasi yang akan berguna saat anak mulai memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang.

3. Persiapan Memasuki Dunia Sekolah

Pengenalan Bahasa lisan dan tulisan serta pengetahuan mengenai angka dan huruf menjadi salah keberhasilan anak prasekolah dalam membaca yang akan berguna saat mempersiapkan anak memasuki dunia sekolah. Dalam perkembangan anak usia dini, mereka harus memiliki sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan literasi yang dapat didukung dengan penerapan pendidikan literasi pada usia dini.

4. Kolerasi dengan Prestasi Akademik

Mengenalkan anak dengan sebuah bacaan buku terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik seorang anak yang membuat anak lebih sukses dalam bidang akademik.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

Dampak tersebut dimulai karena anak telah terbiasa dikenalkan dengan dunia literasi. Kemampuan dalam belajar dan komunikasinya dapat lebih baik dibandingkan dengan anak lainnya yang belum mendapatkan pengenalan dunia literasi. Empat manfaat di atas tentunya akan membuat orangtua menjadi lebih bahagia karena telah menyiapkan anak yang cerdas untuk masa depan yang cerah.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.