Manfaat Literasi untuk Anak 1.jpg

Pendidikan

Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini

Melek media daring memang penting diajarkan untuk anak usia dini, namun kecanduan gawai juga tidak baik bagi perkembangan anak akibat radiasi yang ditimbulkan. Memberikan permainan selain gawai bisa baik untuk perkembangannya, berikanlah anak buku sebagai pengganti gawai.

Sebuah survei yang dilakukan salah satu divisi Kementerian Pendidikan Amerika Serikat yang dikutip dari laman educenter.id (15/09/2017) menunjukkan bahwa balita yang terbiasa dibacakan buku oleh orangtua mereka bisa lebih cepat mengenal abjad.

Berdasarkan hasil survei lembaga internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, United Nation Education Society and Cultural Organization (UNESCO), minat baca penduduk Indonesia jauh di bawah negara-negara Asia.

Manfaat Literasi untuk Anak

Mengenalkan literasi penting dilakukan oleh orangtua kepada anak usia dini karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaatnya mengutip laman educenter.id (15/09/2017):

1. Melatih Membaca, Menulis, dan Menghitung

Cara awal yang mudah adalah dengan membiasakan anak dibacakan buku cerita atau dongeng tiap malam. Hal ini akan membantunya mengenal lebih awal bentuk-bentuk abjad. Dan, dalam perkembangannya sang anak akan terlatih memiliki kemampuan untuk membaca, dan menulis.

2. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Anak akan dengan mudah menghadapi berbagai situasi apabila mereka memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Kemampuan tersebut didapat karena anak sudah dikenalkan dengan pendidikan literasi. Menerapkan pendidikan literasi membuat anak dapat lebih mudah menerima, mengolah, dan menyikapi setiap informasi yang diterimanya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Pola pikir kritis diperlukan sebagai investasi yang akan berguna saat anak mulai memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang.

3. Persiapan Memasuki Dunia Sekolah

Pengenalan Bahasa lisan dan tulisan serta pengetahuan mengenai angka dan huruf menjadi salah keberhasilan anak prasekolah dalam membaca yang akan berguna saat mempersiapkan anak memasuki dunia sekolah. Dalam perkembangan anak usia dini, mereka harus memiliki sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan literasi yang dapat didukung dengan penerapan pendidikan literasi pada usia dini.

4. Kolerasi dengan Prestasi Akademik

Mengenalkan anak dengan sebuah bacaan buku terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik seorang anak yang membuat anak lebih sukses dalam bidang akademik.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

Dampak tersebut dimulai karena anak telah terbiasa dikenalkan dengan dunia literasi. Kemampuan dalam belajar dan komunikasinya dapat lebih baik dibandingkan dengan anak lainnya yang belum mendapatkan pengenalan dunia literasi. Empat manfaat di atas tentunya akan membuat orangtua menjadi lebih bahagia karena telah menyiapkan anak yang cerdas untuk masa depan yang cerah.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.