Manfaat Literasi untuk Anak 1.jpg

Pendidikan

Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini

Melek media daring memang penting diajarkan untuk anak usia dini, namun kecanduan gawai juga tidak baik bagi perkembangan anak akibat radiasi yang ditimbulkan. Memberikan permainan selain gawai bisa baik untuk perkembangannya, berikanlah anak buku sebagai pengganti gawai.

Sebuah survei yang dilakukan salah satu divisi Kementerian Pendidikan Amerika Serikat yang dikutip dari laman educenter.id (15/09/2017) menunjukkan bahwa balita yang terbiasa dibacakan buku oleh orangtua mereka bisa lebih cepat mengenal abjad.

Berdasarkan hasil survei lembaga internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, United Nation Education Society and Cultural Organization (UNESCO), minat baca penduduk Indonesia jauh di bawah negara-negara Asia.

Manfaat Literasi untuk Anak

Mengenalkan literasi penting dilakukan oleh orangtua kepada anak usia dini karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaatnya mengutip laman educenter.id (15/09/2017):

1. Melatih Membaca, Menulis, dan Menghitung

Cara awal yang mudah adalah dengan membiasakan anak dibacakan buku cerita atau dongeng tiap malam. Hal ini akan membantunya mengenal lebih awal bentuk-bentuk abjad. Dan, dalam perkembangannya sang anak akan terlatih memiliki kemampuan untuk membaca, dan menulis.

2. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Anak akan dengan mudah menghadapi berbagai situasi apabila mereka memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Kemampuan tersebut didapat karena anak sudah dikenalkan dengan pendidikan literasi. Menerapkan pendidikan literasi membuat anak dapat lebih mudah menerima, mengolah, dan menyikapi setiap informasi yang diterimanya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Pola pikir kritis diperlukan sebagai investasi yang akan berguna saat anak mulai memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang.

3. Persiapan Memasuki Dunia Sekolah

Pengenalan Bahasa lisan dan tulisan serta pengetahuan mengenai angka dan huruf menjadi salah keberhasilan anak prasekolah dalam membaca yang akan berguna saat mempersiapkan anak memasuki dunia sekolah. Dalam perkembangan anak usia dini, mereka harus memiliki sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan literasi yang dapat didukung dengan penerapan pendidikan literasi pada usia dini.

4. Kolerasi dengan Prestasi Akademik

Mengenalkan anak dengan sebuah bacaan buku terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik seorang anak yang membuat anak lebih sukses dalam bidang akademik.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

Dampak tersebut dimulai karena anak telah terbiasa dikenalkan dengan dunia literasi. Kemampuan dalam belajar dan komunikasinya dapat lebih baik dibandingkan dengan anak lainnya yang belum mendapatkan pengenalan dunia literasi. Empat manfaat di atas tentunya akan membuat orangtua menjadi lebih bahagia karena telah menyiapkan anak yang cerdas untuk masa depan yang cerah.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.