Bisnis
Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial
Munculnya layanan media monitoring di Indonesia didorong oleh semakin tingginya penggunaan media sosial. Perkembangan teknologi digital yang pesat di berbagai belahan dunia membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna internet aktif yang cukup tinggi. Dari jumlah 260 juta penduduk hampir separuh penduduk merupakan pengguna internet dan hampir seluruhnya memiliki akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest menjadi platform pilihan masyarakat digital untuk melakukan interaksi secara online.

Tingginya penggunaan media sosial membuat sebagian masyarakat melemparkan berbagai macam informasi secara masif yang berisi tentang argumen, opini, pendapat, cerita hingga karya ke dalam plarform digital media sosial. Terjadinya percakapan-percakapan penting yang berisi tentang informasi bernilai justru sering muncul di dalam dunia maya. Hal ini menyebabkan timbulnya peluang-peluang bisnis dari berbagai faktor, baik yang positif mau pun yang dianggap kontroversial.
Intensitas penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama berdirinya layanan media monitoring di Indonesia. Tujuan dari layanan media monitoring sendiri adalah mengumpulkan segala jenis informasi yang kemudian akan masuk ke dalam analisis. Analisis media monitoring dilakukan pada beberapa faktor yang terdiri dari aktivitas perputaran informasi yang terjadi di dalam media sosial mau pun situs berbasis web.
Layanan media monitoring di Indonesia menyasar pihak-pihak yang memerlukan media monitoring seperti instansi pemerintahan atau pelaku-pelaku bisnis dan kreatif. Sebenarnya apa kegunaan dari media monitoring? Jika Anda seorang pebisnis dibidang kreatif atau pemilik brand di era modern ini, layanan media monitoring membantu Anda untuk melakukan pemantauan secara sistematis guna mengetahui kondisi masyarakat atau pasar bisnis yang anda sasar.
Ada pun faktor-faktor yang dikerjakan lembaga media monitoring adalah mengumpulkan serta mengolah database dengan cara memantau media sosial, menganalisa aktivitas penggunaan media dan membuat strategi yang tepat untuk product engagement. Dengan memanfaatkan data-data yang dikumpulkan, media monitoring menjadi tool yang paling tepat untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang berpotensi meningkatkan bisnis dan bagaimana cara mengoptimalkannya.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Kesehatan
Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia
29 June 2022, 16:22
Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

Pendidikan
Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari
29 June 2022, 15:00
Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Pendidikan
Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel
29 June 2022, 14:20
Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Bisnis
Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan
29 June 2022, 10:18
Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia