Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

Munculnya layanan media monitoring di Indonesia didorong oleh semakin tingginya penggunaan media sosial. Perkembangan teknologi digital yang pesat di berbagai belahan dunia membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna internet aktif yang cukup tinggi. Dari jumlah 260 juta penduduk hampir separuh penduduk merupakan pengguna internet dan hampir seluruhnya memiliki akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest menjadi platform pilihan masyarakat digital untuk melakukan interaksi secara online.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Tingginya penggunaan media sosial membuat sebagian masyarakat melemparkan berbagai macam informasi secara masif yang berisi tentang argumen, opini, pendapat, cerita hingga karya ke dalam plarform digital media sosial. Terjadinya percakapan-percakapan penting yang berisi tentang informasi bernilai justru sering muncul di dalam dunia maya. Hal ini menyebabkan timbulnya peluang-peluang bisnis dari berbagai faktor, baik yang positif mau pun yang dianggap kontroversial.

[Baca Juga: Cara Mudah Berbisnis Lewat Media Sosial]

Intensitas penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama berdirinya layanan media monitoring di Indonesia. Tujuan dari layanan media monitoring sendiri adalah mengumpulkan segala jenis informasi yang kemudian akan masuk ke dalam analisis. Analisis media monitoring dilakukan pada beberapa faktor yang terdiri dari aktivitas perputaran informasi yang terjadi di dalam media sosial mau pun situs berbasis web.

Layanan media monitoring di Indonesia menyasar pihak-pihak yang memerlukan media monitoring seperti instansi pemerintahan atau pelaku-pelaku bisnis dan kreatif. Sebenarnya apa kegunaan dari media monitoring? Jika Anda seorang pebisnis dibidang kreatif atau pemilik brand di era modern ini, layanan media monitoring membantu Anda untuk melakukan pemantauan secara sistematis guna mengetahui kondisi masyarakat atau pasar bisnis yang anda sasar.

[Baca Juga: Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja]

Ada pun faktor-faktor yang dikerjakan lembaga media monitoring adalah mengumpulkan serta mengolah database dengan cara memantau media sosial, menganalisa aktivitas penggunaan media dan membuat strategi yang tepat untuk product engagement. Dengan memanfaatkan data-data yang dikumpulkan, media monitoring menjadi tool yang paling tepat untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang berpotensi meningkatkan bisnis dan bagaimana cara mengoptimalkannya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.