Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

Munculnya layanan media monitoring di Indonesia didorong oleh semakin tingginya penggunaan media sosial. Perkembangan teknologi digital yang pesat di berbagai belahan dunia membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna internet aktif yang cukup tinggi. Dari jumlah 260 juta penduduk hampir separuh penduduk merupakan pengguna internet dan hampir seluruhnya memiliki akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest menjadi platform pilihan masyarakat digital untuk melakukan interaksi secara online.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Tingginya penggunaan media sosial membuat sebagian masyarakat melemparkan berbagai macam informasi secara masif yang berisi tentang argumen, opini, pendapat, cerita hingga karya ke dalam plarform digital media sosial. Terjadinya percakapan-percakapan penting yang berisi tentang informasi bernilai justru sering muncul di dalam dunia maya. Hal ini menyebabkan timbulnya peluang-peluang bisnis dari berbagai faktor, baik yang positif mau pun yang dianggap kontroversial.

[Baca Juga: Cara Mudah Berbisnis Lewat Media Sosial]

Intensitas penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama berdirinya layanan media monitoring di Indonesia. Tujuan dari layanan media monitoring sendiri adalah mengumpulkan segala jenis informasi yang kemudian akan masuk ke dalam analisis. Analisis media monitoring dilakukan pada beberapa faktor yang terdiri dari aktivitas perputaran informasi yang terjadi di dalam media sosial mau pun situs berbasis web.

Layanan media monitoring di Indonesia menyasar pihak-pihak yang memerlukan media monitoring seperti instansi pemerintahan atau pelaku-pelaku bisnis dan kreatif. Sebenarnya apa kegunaan dari media monitoring? Jika Anda seorang pebisnis dibidang kreatif atau pemilik brand di era modern ini, layanan media monitoring membantu Anda untuk melakukan pemantauan secara sistematis guna mengetahui kondisi masyarakat atau pasar bisnis yang anda sasar.

[Baca Juga: Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja]

Ada pun faktor-faktor yang dikerjakan lembaga media monitoring adalah mengumpulkan serta mengolah database dengan cara memantau media sosial, menganalisa aktivitas penggunaan media dan membuat strategi yang tepat untuk product engagement. Dengan memanfaatkan data-data yang dikumpulkan, media monitoring menjadi tool yang paling tepat untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang berpotensi meningkatkan bisnis dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Read More

Artikel Lainnya

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

Bisnis

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

26 February 2020, 18:00

Botol kemasan air mineral terbaru dari Aqua ini merupakan 100 persen hasil daur ulang dari sampah botol plastik.

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.


Comments


Please Login to leave a comment.