ANCOL-KESEHATAN-MANFAAT MENGONSUMSI IKAN TERI BAGI KESEHATAN-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Ikan Teri Bagi Kesehatan

Ikan teri dan berbagai olahan makanannya tentu sudah tak asing di lidah para penikmat wisata kuliner. Memiliki cita rasa yang unik dan khas, membuat ikan teri adalah salah satu teman makan nasi yang paling pas.

Dilansir dari healthyeating.sfgate.com (24/1/2019), selain memiliki rasa yang besar dan lezat untuk ukuran yang kecil, ikan teri juga memberikan manfaat kesehatan dalam bentuk asam lemak esensial, nutrisi, dan protein yang baik untuk tubuh. Ikan teri juga dibutuhkan untuk menambahkan rasa pada berbagai macam menu makanan, seperti sambal, nasi goreng, salad, pizza, dan pasta.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Olahan Laut dekat Taman Impian Jaya Ancol]

Selain yang disebutkan di atas, berikut tiga manfaat ikan teri untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Menjaga Tulang

Ikan teri merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Dilansir dari wideopeneats.com (24/1/2019), dalam satu porsi ikan teri mengandung sekitar 147 mg kalsium.

Kalsium yang tinggi membuat ikan teri sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Selain mengandung kalsium, ikan teri juga memiliki kandungan magnesium, vitamin K, dan fosfor yang bisa mencegah wanita terkena osteoporosis dini dan baik untuk ibu menyusui.

2. Kaya Asam Lemak Omega-3

Sebagian besar lemak dari ikan teri adalah lemak sehat, juga dikenal sebagai asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini juga dikenal sebagai lemak tak jenuh yang sehat, yang mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Medical Association, pada 2006, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggu bisa mengurangi risiko kematian akibat jantung.

3. Rendah Merkuri

Salah satu perbedaan mencolok ikan teri dengan ikan lain ialah kecilnya kandungan merkuri yang berada dalam tubuh ikan teri. Menurut healthyeating.sfgate.com, salah satu jenis ikan tawar ini memiliki tingkat terendah kandungan merkuri dengan 0,09 bagian merkuri per satu juta.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Merkuri sendiri ialah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Ikan yang tinggal di dalam air tak bisa terhindar dari kandungan merkuri. Jika telah berikatan dengan ikan, merkuri akan berubah menjadi zat yang disebut metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Ikan teri sangat bermanfaat bagi tubuh. Meski rasanya asin, mengonsumsi ikan teri sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.