ANCOL-KESEHATAN-MANFAAT MENGONSUMSI IKAN TERI BAGI KESEHATAN-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Ikan Teri Bagi Kesehatan

Ikan teri dan berbagai olahan makanannya tentu sudah tak asing di lidah para penikmat wisata kuliner. Memiliki cita rasa yang unik dan khas, membuat ikan teri adalah salah satu teman makan nasi yang paling pas.

Dilansir dari healthyeating.sfgate.com (24/1/2019), selain memiliki rasa yang besar dan lezat untuk ukuran yang kecil, ikan teri juga memberikan manfaat kesehatan dalam bentuk asam lemak esensial, nutrisi, dan protein yang baik untuk tubuh. Ikan teri juga dibutuhkan untuk menambahkan rasa pada berbagai macam menu makanan, seperti sambal, nasi goreng, salad, pizza, dan pasta.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Olahan Laut dekat Taman Impian Jaya Ancol]

Selain yang disebutkan di atas, berikut tiga manfaat ikan teri untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Menjaga Tulang

Ikan teri merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Dilansir dari wideopeneats.com (24/1/2019), dalam satu porsi ikan teri mengandung sekitar 147 mg kalsium.

Kalsium yang tinggi membuat ikan teri sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Selain mengandung kalsium, ikan teri juga memiliki kandungan magnesium, vitamin K, dan fosfor yang bisa mencegah wanita terkena osteoporosis dini dan baik untuk ibu menyusui.

2. Kaya Asam Lemak Omega-3

Sebagian besar lemak dari ikan teri adalah lemak sehat, juga dikenal sebagai asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini juga dikenal sebagai lemak tak jenuh yang sehat, yang mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Medical Association, pada 2006, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggu bisa mengurangi risiko kematian akibat jantung.

3. Rendah Merkuri

Salah satu perbedaan mencolok ikan teri dengan ikan lain ialah kecilnya kandungan merkuri yang berada dalam tubuh ikan teri. Menurut healthyeating.sfgate.com, salah satu jenis ikan tawar ini memiliki tingkat terendah kandungan merkuri dengan 0,09 bagian merkuri per satu juta.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Merkuri sendiri ialah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Ikan yang tinggal di dalam air tak bisa terhindar dari kandungan merkuri. Jika telah berikatan dengan ikan, merkuri akan berubah menjadi zat yang disebut metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Ikan teri sangat bermanfaat bagi tubuh. Meski rasanya asin, mengonsumsi ikan teri sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.